Mohon tunggu...
Tante Paku  A.k.a Stefanus Toni
Tante Paku A.k.a Stefanus Toni Mohon Tunggu...

Membaca dan menulis hanya ingin tahu kebodohanku sendiri. Karena semakin banyak membaca, akan terlihat betapa masih bodohnya aku ini. Dengan menulis aku bisa sedikit mengurangi beban itu. Salam, i love you full.....

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Ini Dia Formulir Berbau SARA di Catatan Sipil Salatiga

22 Agustus 2013   08:22 Diperbarui: 24 Juni 2015   08:59 22677 29 47 Mohon Tunggu...

Ketika seorang teman dari Salatiga tengah mengurus akte buat kelahiran anaknya, ia tercekat karena ada sesuatu yang janggal pada KOLOM KETURUNAN ada 5 pilihan yang cukup aneh dan ia mengabadikan formulir yang "janggal" itu untuk diberitahukan kepada teman-temannya, apakah hal itu sudah benar? Pada kolom pilihan keturunan tertulis : 7. Keturunan : 1. Eropa 2. Cina/Timur Asing lainnya 3. Indonesia 4. Indonesia Nasrani 5. Lainnya ............. Pada pilihan nomer 4 itulah letak keanehannya, apa yang dimaksudkan INDONESIA NASRANI?

13771101391343317593
13771101391343317593
Apakah yang membuat formulir itu akan membedakan kalau keturunan INDONESIA dimaksudkan keturunan Pithecantrhopus Erectus Javanicus? Sementara keturunan INDONESIA NASRANI itu dimaksudkan yang beragama Kristen atau Katolik? Ataukah yang membuat formulir itu ingin menegaskan bahwa keturunan INDONESIA itu beragama ISLAM dan INDONESIA NASRANI itu beragama non Islam? Belum ada penjelasan tentang itu, atau saya yang tidak tahu penjelasannya sudah ada? Sekedar berbagi saja, bahwa NASRANI ada yang mengartikan sebagai pengikut ajaran-ajaran Yesus Kristus yang diambil dari kata Nazareth, dikarenakan Yesus berasal dari kota Nazareth maka pengikutnya dinamakan Nasrani. Sebutan ini digunakan oleh jemaat diluar kristen. "Sekte Nasrani" merupakan jemaat kristen perdana, sekitar 400 tahun awal kekristenan seperti yg diberitakan oleh Epiphanius. Telah nyata kepada kami, bahwa orang ini adalah penyakit sampar, seorang yang menimbulkan kekacauan di antara semua orang Yahudi di seluruh dunia yang beradab, dan bahwa ia adalah seorang tokoh dari sekte orang Nasrani. (Kis. 24:5) Setibanya di sana iapun tinggal di sebuah kota yang bernama Nazaret. Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi-nabi, bahwa Ia akan disebut: Orang Nazaret." (Matius 2:23). Dan orang banyak itu menyahut: "Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea." (Matius 21:11). Ketika didengarnya, bahwa itu adalah Yesus orang Nazaret, mulailah ia berseru: "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!" (Markus 10:47). Dalam Kitab Suci Alquran juga ada arti Nasrani. "Nasara" "نصارى" (Bentuk Jamak dari Nasrani نصراني). Istilah dalam Qur'an yang merujuk kepada orang kristen. Contohnya, dalam surat Al-Baqarah (ayat 113). Kalau dalam Naskah aslinya semua kata baik Nasrani maupun Nasareth memakai kata Nazarenes, yang mana keduanya merujuk pada Kota Nazareth, baik sebagai asal (suku), agama (sekte), maupun budaya (termasuk dialek) Jadi, kata Nazarenes bisa merujuk ke berbagai hal, jadi belum tentu orang yang berasal dari Nasareth itu pengikut Yesus Kristus.
Jadi apa maksudnya INDONESIA NASRANI itu? Apakah orang Indonesia keturunan Nasareth? Yang jadi pertanyaan, apakah semua kantor catatan sipil di Indonesia juga menggunakan formulir yang sama untuk akte kelahiran itu? Apakah hal itu memang disengaja sebagai propaganda yang dilembagakan walau banyak distorsinya? Bukankah agama itu berperan mentransformasikan dan memiliki tanggung jawab publik dalam hubungan kehidupan keagamaan? Sudahkah yang membuat formulir "aneh" itu memikirkan implikasi dari perbuatannya itu? Mustahil pembuatan formulir akte kelahiran di catatan sipil Salatiga (atau Indonesia secara menyeluruh) tidak dikoordinasikan dengan sistematis demi menjangkau khalayak luas. Apakah ini bagian dari propaganda RASISME dan bentuk intoleransi yang lain? Rasanya formulir akte kelahiran di Catatan Sipil Salatiga (atau semua Catatan Sipil di seluruh Indonesia) dengan kalimat KETURUNAN INDONESIA NASRANI perlu ditinjau ulang. Kesadaran diri dan ketidaksadaran selalu ada ruang bagi kebebasan, dan di Catatan Sipil telah terjadi kejanggalan entah demi kepentingan siapa? Ataukah sekedar mendata jumlah orang Nasrani? Semoga mereka tahu artinya Nasrani sebelum menggunakannya dengan benar.

Sekian

13771108701968827454
13771108701968827454

Illustrasi : 1. www.freelists.org 2 dan 4.Koleksi pribadi. 3. www.biblelandhistory.com

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x