Mohon tunggu...
Khrisna Pabichara
Khrisna Pabichara Mohon Tunggu... Penulis, Penyunting.

Novel terbaru: Kita, Kata, dan Cinta (Diva Press, 2019).

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Mengoreksi Tulisan Pak Rektor

21 April 2019   13:24 Diperbarui: 21 April 2019   13:41 0 17 12 Mohon Tunggu...
Mengoreksi Tulisan Pak Rektor
Dokumentasi Pribadi

Jika tulisan mahasiswa yang sedang bimbingan skripsi dicoret-coret oleh dosen pembimbing, itu lazim terjadi. Beda perkara kalau tulisan Pak Rektor yang dikoreksi.

Coba simak gambar berikut.

Dokpri
Dokpri

Berdasarkan gambar tersebut, tampak jelas betapa lemahnya Pak Rektor dalam urusan tulis-menulis. 

Pilihan kata asal-asalan, bahasa gado-gado, tanda baca semrawut, serta komposisi kalimat yang amburadul. Untung saya bukan mahasiswa beliau. Kalau saja saya tercatat sebagai mahasiswa Universitas Kebangsaan RI, beliau sudah pasti saya protes habis-habisan. 

Pilihan Kata yang Menggemaskan

Mari kita ulik satu demi satu pilihan diksi Pak Rektor.

Konprensi. Kata keliru ini tertera di judul. Lengkapnya: Konprensi Pers Indonesia Menang. Entah dari mana Pak Rektor memungut kata ini. Sepertinya Pak Rektor malas ke perpustakaan atau tidak punya KBBI. Kata yang tepat adalah konferensi.

Survey. Kata ini kita serap dari bahasa Inggris dengan penulisan survei. Artinya beragam, tergantung konteks situasi atau makna kalimat yang ditaja. Jika berurusan dengan tanah, survei bisa berarti melihat-lihat atau mengukur. Dalam kaitan riset, survei berarti penelitian. Jadi, penulisan yang tepat adalah survei.

Terpercaya. Dalam kaidah penulisan bahasa Indonesia, konsonan /r/ pada awalan 'ter-' harus diluluhkan apabila bertemu dengan kata dasar yang suku pertama berakhiran /-er/. Contoh: tebersit (terpancar samar-samar), tepermai (paling permai), tepermanai (tiada terbilang). Mengingat kata dasar yang digunakan Pak Rektor adalah 'percaya' maka kata yang tepat adalah tepercaya.

Marjin Of Error. Istilah yang kerap dipakai di dunia statistik ini jelas dipulung oleh Pak Rektor dari bahasa Inggris. Artinya toleransi kesalahan. Penulisannya margin, bukan marjin. Jadi penulisan yang tepat adalah margin of error.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4