Mohon tunggu...
Blasius Mengkaka
Blasius Mengkaka Mohon Tunggu... Guru - Guru.

Guru profesional Bahasa Jerman di SMA Kristen Atambua dan SMA Suria Atambua, Kab. Belu, Prov. NTT.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Penyair Jerman Chrinolo Ungkap Keindahan Harmoni Matahari-Bulan

2 Agustus 2022   12:44 Diperbarui: 2 Agustus 2022   16:08 58 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Harmoni Matahari-Bulan dalam sebuah lukisan cat (Sumber foto: Picasa).

Kerinduan manusia terhadap perdamaian Rusia-Ukraina bagikan kerinduan manusia merindu harmoni (konjungsi) Matahari-Bulan. Rindu itu telah cukup lama terpendam di Eropa. Setidaknya itulah yang dapat saya tangkap dari curahan hati seorang penyair wanita Jerman, Chrinolo di Website pribadinya, Seelenglimern.com. Penyair bekerja dengan imajinasinya. Ia mengatakan bahwa Rusia bagaikan Matahari, sedangkan Ukraina bagikan Bulan. Refleksi tentang harmoni Matahari-Bulan dapat membentuk sebuah teks singkat yang bermakna. 

Dalam imajinasinya, penyair Jerman Chrinolo menyamakan dirinya dengan Bulan dan sebuah alat/Platform musik. Ia menulis di Seelenglimern.com (2022):

You are the sun, I am the moon

You are the words, I am the tune

Play me...  

(Teks: Chrinolo di Seelenglimern.com)

Tulisan ringan sang penyair Jerman Chrinolo ini mengungkap banyak hal tentang konflik Rusia-Ukraina. Seandainya diplomasi damai oleh Ukraina berhasil menggagalkan rencana invasi Rusia, perang Rusia-Ukraina tidak terjadi seperti tahun 2022 ini. Sebelum tahun 2022, agaknya para pemimpin Ukraina telah gagal membujuk Putin untuk tidak melakukan serangan militer ke Ukraina. 

Rusia menginvasi Ukraina karena kegagalan diplomasi yang dibuat Ukraina. Sebagai Bulan, Ukraina gagal membujuk Rusia (Matahari) untuk berdamai. Kehancuran di Ukraina sudah terjadi. Tetapi harapan untuk menciptakan perdamaian selalu ada. 

Anda adalah Matahari, saya adalah Bulan

Anda adalah kata-kata, saya adalah nada

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan