Mohon tunggu...
Blasius Mengkaka
Blasius Mengkaka Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Penulis.

Mencipta wacana bermutu dari sistem berpikir Plato dan Aristoteles. Sarjana Filsafat dari STFK Ledalero sejak tahun 2002 dan seorang guru profesional sejak tahun 2008. Email: mengkakablasius@yahoo.com. --(C)2013-2020.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Empat Planet Tampak Lebih Jelas, Venus Paling Cerah pada 24/06/2022

23 Juni 2022   17:06 Diperbarui: 23 Juni 2022   17:10 195 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Para ahli astronomi memprediksi bahwa hanya 4 planet yang akan tampak jelas dan akan dilihat secara lebih baik pada 24 Juni 2022 nanti, yaitu: Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. Sebagian besar planet bersinar jauh lebih terang dari bintang-bintang. Jadi jika anda melihat 4 benda langit yang bersinar lebih terang dari bintang-bintang maka itulah 4 planet itu. Silahkan anda melacak nama-nama planet yang tampak cerah di aplikasi Sky Tonight di Google Store. 

Sinar terang dari planet menunjukkan bahwa planet-planet berjarak lebih dekat dengan kita dari pada bintang-bintang. Planet-planet memantulkan sinar matahari dengan sangat kuat. Arah letak planet-planet itu berada di sisi tenggara. Waktu yang tepat untuk melihat planet-planet adalah jam 04.15 waktu setempat atau 1 jam sebelum matahari terbit. 

Planet pertama yang mudah dilihat adalah planet Venus. Planet Venus adalah benda langit yang paling terang di malam hari setelah matahari dan bulan. Bahkan planet bercincin Saturnus terlihat lebih awal,  yaitu: sekitar jam 02.15 pagi, diikuti Jupiter dan si kecil Mars.

Selama bulan Juni 2022, 2 planet mungkin tidak akan terlihat sama sekali, yaitu: Merkurius dan Uranus. Planet Uranus tidak terlihat karena terlalu rendah sedangkan Merkurius tidak terlihat karena planet ini berukuran terlalu kecil. Para ahli astronomi mengatakan bahwa Merkurius dan Uranus dapat ditemukan jika anda berada di kutup selatan. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan