Mohon tunggu...
Alisa Putri
Alisa Putri Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Perjalanan Penuh Arti, 60 Tahun Astra Menginspirasi

30 November 2017   14:58 Diperbarui: 30 November 2017   15:50 525
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[TALKSHOW] : Perjalanan Penuh Arti,

60 Tahun Astra Menginspirasi

(30/11/2017)Universitas Airlangga Surabaya kembali dipercaya untuk menjadi tempat diselenggarakannya acara talkshow yang mengangkat tema Berbagi Inspirasi untuk Indonesia Berprestasi. Acara yang diselenggarakan pukul 07.30 sampai 13.00 WIB ini merupakan peringatan ulang tahun PT. ASTRA ke 60 tahun dan kerjasama dengan UKPPIP (Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila) dalam penyebarluasan nilai-nilai pancasila yang diharapkan mampu menjedi pedoman dan pandangan hidup bagi mahasiswa  seluruh Indonesia. 

Acara ini diselenggarakan di gedung ACC yang dikemas dalam bentuk talkshow, menghadirkan narasumber-narasumber terbaik dan terinspirator dengan masing-masing keunggulan dan pencapaian luar biasa yang telah mereka raih. Talkshow yang bertemakan Berbagi Inspirasi untuk Indonesia Berprestasi ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan Hymne Airlangga yang dipimpin oleh dirigen Paduan Suara Universitas Airlangga (PSUA). Kemudian, acara berlanjut dengan sambutan-sambutan, sambutan yang pertama adalah General Manager ASTRA yaitu Bapak Boy Kelana Subroto. Sambutan yang kedua yaitu dari Rektor Universitas Airlangga yang diwakili oleh Bapak Kokoh Sri Mulyo selaku Sekretaris Universitas Airlangga karena berhalangan menghadiri acara. Sambutan yang ketiga disampaikan oleh perwakilan dari Gubernur Jawa Timur yaitu Bapak Suprianto,S.H.,S.Hum. selaku Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.

Setelah sambutan usai, acara dilanjutkan dengan penampilan dari Paduan Suara Universitas Airlangga (PSUA) dan pemutaran video profil dari PT. ASTRA. Dilanjutkan dengan acara inti yaitu Talkshow dengan beberapa narasumber terinspirator. Talkshow ini dimoderatori oleh presenter terkenal dari salah satu stasiun televisi swasta nasional yaitu Shanaz Suhartono. Narasumber pertama adalah Bapak Hadi yang merupakan penemu Teknologi SULIS (Susu Elektrik) yaitu suatu penemuan yang menjadikan susu lebih tahan lama, karena seperti yang diketahui susu merupakan salah satu produk yang mudah basi dan tidak tahan lama setelah diambil dari proses pemerahan. 

Cerita menarik yang menginspirasi dari Bapak Hadi adalah beliau merupakan seorang anak dari keluarga biasa yang berasal dari Banyuwangi kemudian bertekad untuk mencari ilmu, berkuliah di Malang untuk melakukan penelitian mengenai penciptaan suatu alat untuk menjadikan susu tahan lebih lama. Orang tua Bapak Hadi hanya memberikan uang sebesar Rp. 400.000,- untuk menunjang hidupnya di Kota Malang. 

Dengan berbagai usaha, tantangan dan keringat beliau akhirnya dapat menyelesaikan penelitian itu selama hampir 2,5 tahun dan akhirnya menemukan alat SULIS ini. Alhasil dengan penemuannya Pak Hadi diundang oleh Jepang untuk menyampaikan penemuannya hingga beliau ditawari untuk memberikan hak ciptanya kepada Jepang dan diganti uang sebesar 40 Miliyar. Namun, Pak Hadi tak bersedia dan tetap menjaganya untuk Indonesia.

Narasumber yang kedua adalah dua mahasiswa yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Keduanya merupakan mahasiswa berprestasi tingkat internasional mewakili Indonesia mendapatkan emas dalam perlombaan bidang robotic. Kedua mahasiswa itu adalah Toni dan Salis, mereka menceritakan susah, suka duka menghadapi dan menjalani semua itu dari awal sampai akhir, memberikan inspirasi dan pandangan kepada mahasiswa Universitas Airlangga untuk tidak menyerah pada keadaan namun membuat keadaan menyerah pada kita.

Narasumber terakhir adalah Lintang seorang illustrator wanita sukses Indonesia yang berhasil sampai ke luar negeri yaitu USA dan karyanya masuk dalam salah satu buku best seller di Amazon dari 10.000 buku pesaing. Beliau memberikan masukkan, semangat dan pandangan bahwa mimpi itu tak akan membohongi, bermimpilah setinggi-tingginya karena meskipun kalian jatuh, kalian akan tetap berada pada bintang-bintang yang indah. 

Ketika keempat narasumber ini ditanya apakah semangat terbesar mereka sehingga menjadi seseorang yang sangat luar biasa, mereka serentak menjawab motivasinya adalah " orang tua ", karena orang tua adalah pemberi kekuatan sejati dan keinginan untuk membanggakan orang tua dalam diri keempat narasumber inilah yang menjadi kobaran semangat terkuat sehingga mampu menggempur semua rintangan hingga menjadi seorang yang berhasil dan menginspirasi banyak orang. Sebelum acara ditutup dibuka sesi tanya jawab, sesi pertama adalah 3 orang penanya dan sesi kedua adalah 2 orang penanya, kemudian dilanjut dengan pembagian hadiah bagi pemenang yang berhasil menjawab kuis seputar Talkshow  dan mendapat 5 voucer belanja buku di Gramedia serta 2 orang pemenang peng-upload foto terbaik yang sangat beruntung mendapatkan masing-masing 1 buah smartphone dari PT. ASTRA.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun