Mohon tunggu...
Novrinaldi Syafni
Novrinaldi Syafni Mohon Tunggu...

H. Novrinaldi. S. Lc || Alumni Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru || Alumni Universitas Al Azhar Cairo || Twitt: @NovrinaldiSapni || FB: Novrinaldi Syafni

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pemuda Solusi Terbaik Bangsa

2 September 2014   09:46 Diperbarui: 18 Juni 2015   01:51 119 0 0 Mohon Tunggu...

Saya ingin mengutip ulang perkataan seorang proklamator bangsa Indonesia (Soekarno), “Berikan kepadaku 10 orang pemuda maka akan aku goncangkan dunia”. Kata-kata ini tentu tidak sekedar kata-kata biasa, melainkan ada motivasi terbesar dari seorang pemberani seperti Soekarno untuk meyakinkan para pemuda sekaligus membuktikan kepada bangsa, bahwa perubahan besar itu bisa dilakukan oleh para pemuda, dan ternyata hal ini terbukti.

Berawal pada tanggal 28 Oktober tahun 1928, saat diadakannya sebuah konfrensi akbar, dimana para pemuda berkumpul untuk mengikrarkan sebuah janji yang kita kenal dengan sumpah pemuda yang sisinya: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Semangat sumpah pemuda melahirkan sebuah perjuangan besar yang berujung pada satu  titik kebebasan yaitu kemerdekaan. Tepat pada tanggal 17 agustus 1945 Soekarno pun memproklamirkan kemerdekaan bangsa Indonesia, sang saka merah putih pun berkibar lebar di angkasa yang bertanda bahwa indonesia memiliki perubahan status, dari terjajah menjadi  merdeka. Ini adalah sebuah perubahan besar dan perubahan ini mayoritas dilakoni oleh para pemuda.

Sejarah ini tentunya sudah kita pelajari di bangku sekolah, akan tapi kita mungkin sedikit melupakannya. Yang perlu kita ketahui adalah bahwa indonesia memiliki sejarah emas dimasa lalu, yaitu sebuah keberhasilan besar dalam mengusir penjajah dari bumi pertiwi,  indonesia juga memiliki insan-insan hebat yang berpengaruh tidak hanya di indonesia, akan tetapi juga di kanca dunia dan kebanyakan dari mereka adalah para pemuda, seperti yang kita kenal, Soekarno, Mohammad yamin, M. Hatta dan lain-lain. itulah sebabnya keberadaan pemuda selalu dikaitkan dengan nasib sebuah bangsa.

Nah, saat ini indonesia tengah berada dalam tumpukan maslah yang begitu banyak, tidak ada salahnya jika kita sedikit kembali kebelakang mengenang sejarah tersebut untuk membangkitkan kembali semangat juang para generasi muda, karena bagi saya “Pemuda adalah solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan bangsa”. Akan tetapi  pemuda seperti apa yang pantas menjadi agen perubahan tersebut. Ada beberpa hal yang perlu kita ketahui, siapa sebenarnya pemuda itu? dan Tipe pemuda seperti apa yang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia saat ini?

1. Siapa pemuda itu

Ada beberapa pengertian tentang pemuda. Pertama: Dalam kamus bahasa Indonesia, pemuda berarti orang yang masih muda, yang bisa dikatakan sebagai harapan bangsa, atau anak muda laki-laki yang akan menjadi pemimpin bangsa.  Dari pengertian diatas kita dapat sedikit menyimpulkan bahwa pemuda  adalah harapan masa depan bangsa, pemuda adalah calon leader (pemimpin) yang akan memimpin bangsa, hal ini tentu menggambarkan kepada kita bahwa pemuda meng-handle peranan penting dalam sebuah negara. Sejarah telah banyak mengukir prestasi-prestasi gemilang yang dilakukan oleh para pemuda, salah satunya ialah kisah Muhammad Al-Fatih penakluk Konstantinopel. Tercatat dalam sejarah bahwa beliau menaklukan kota tersebut dalam usia kurang lebih 23 tahun.

Kedua: Secara hukum pemuda adalah manusia yang berusia 15 – 30 tahun, secara biologis yaitu manusia yang sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kedewasaan seperti adanya perubahan fisik, dan secara agama adalah manusia yang sudah memasuki fase aqil baligh dengan tanda-tanda yang telah ditentukan agama. Pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya diamanahi berbagai macam harapan. Hal ini dapat dipahami karena pemuda adalah generasi  harapan yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya, generasi yang mengisi dan melanjutkan estafet pembangunan. Dalam hal ini lagi-lagi As-syabab (pemuda) menempati posisi penting untuk kemajuan bangsa.

2. Tipe pemuda seperti apa yang dibutuhkan oleh bangsa kita Indonesia?

Ada beberapa kriteria pemuda yang sangat dibutuhkan oleh bangsa kita saat ini, diantaranya:

1. Salimul ‘aqidah (Memiliki pondasi keyakinan yang kokoh)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN