Mohon tunggu...
Jamil mibror
Jamil mibror Mohon Tunggu... Editor - mahasiswa

jangan berputus asa dari rahmat Allah SWT

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Cara Belajar Agar Tidak Mudah Bosan

27 November 2019   08:11 Diperbarui: 27 November 2019   08:36 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Yang pertama kita harus mempunyai niat, karena kalau kita pertama-tama belajar sudah mempunyai niat maka ke depannya akan dipermudah Allah SWT. Kenapa disini saya mengutamakan niat kalau kita akan belajar karena dengan niat kita akan dipermudah untuk menyerap ilmu-ilmu yang telah kita pelajari, karena sesungguhnya kalau kita mau beraktivitas apapun kita harus mengawalinya dengan niat yang baik. Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur kembali.

Lalu yang kedua carilah tempat yang nayaman untuk belajar, kenapa cari tempat yang nyaman untuk belajar?karena agar saat kita belajar kita tidak mudah bosen hanya karena tempat kita tidak nyaman, oleh karena itu maka kita ketika sudah punya niatan awal untuk belajar maka langkah selanjutnya yaitu mencari tempat yang senyaman mungkin untuk kita fokus dalam belajar.

Selanjutnya yaitu carilah tempat yang sunyi atau sepi, maksud dari tempat yang sunyi san sepi disini yaitu menempatkan suatu tempat atau ruangan yang emang benar-benar difokuskan untuk kita belajar, untuk kita membaca buku, contoh misalnya yaitu perpustakaan, ruang kelas, kamar sendiri dan banyak lagi tempat-tempat yang sekirannya kita anggap tempat yang nyaman untuk belajar.

Langkah selanjutnya agar belajar kita tidak  mudah bosan dengan cara belajar sambil mengemil, beajar sambil makan makanan ringan atau minuman membuat kamu nyama dalam belajar, maka dari itu buatlah senyaman mungkin dalam belajar agar mengurangi kejenuhan dalam belajar

Belajar samil mendengarkan musik, biasanya saya melihat teman-teman saya ketika akan belajar dia mendengarkan musik, mungkin itu juga salah satu hal-hal untuk menghilangan kebosanan saat belajar, cara tersebut juga pernah saya lakukan dan emang benar ketika saya mendengarkan musik setelah selesai belajar saya jadi merasa tidak merasakan kejenuhan lagi.

Relaksasi, otak yang dipaksa terus menerus bisa terbebani dan lama kelamaan dapat membuyarkan konstrasi. Untuk mengatasi rasa penat, anda bisa melakuakan relaksasi atau penyegaran selam bebrapa menit. Misalnya mendengarkan motivasi-motivasi belajar agar kita kembali menginggat niat kita untuk tidak menyerah dan mudah bosen dalam melakukan belajar.  

Kesimpulannya semua cara ini hanya sebagian kecil untuk mengatasi rasa kebosanan kita saat belajar, tetapi semua itu tergantung dari kita sendiri yang menjalankannya, karena kalau kita dari awal udah mempunyai niat yang kuat untuk sungguh-sungguh dalam belajar, maka kita akan dipermudah jalannya untuk meraih kesuksesan kita dimasa mendatang.

Dari kutipan guru yang telah memotivasi saya yaitu beliau berkata (lelah dalam belajar itu sesuatu yang wajar, tetapi jangan sampai menyerah dalam belajar).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun