Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Administrasi - Bekerja Sebagai Widyaiswara Pada Lembaga Administrasi Negara RI

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA ILMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Psikodrama dalam Pendidikan dan Pelatihan ASN

19 Februari 2020   08:45 Diperbarui: 19 Februari 2020   08:48 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto koleksi pribadi

Menjadi trainer pada Lembaga pendidikan dan pelatihan ASN, tentunya sangat membutuhkan sebuah seni dan keahlian khusus, apalagi menangani peserta pelatihan yang berstatus ASN tentunya mereka sudah memiliki cakrawala ilmu pengetahuan yang begitu luas.

Bagi peserta pelatihan terkadang akan mucul kejenuhan ketika mengikuti sebuah kegiatan proses pembelajaran, apalagi jika kemudian tenaga pengajarnya hanya membahas teori yang terkadang cukup membosankan untuk didengarkan, dan proses kegiatah pembeajaran hanya berjalan satu arah dan menoton, tenaga pengajar terkdanga hanya menempatkan dirinya sebagai subjek semata, tanpa mempertimbangakan kebutuhan dan keinginan peserta untuk mengaktualisasikan dirinya.

Sejatinya dalam proses kegiatan pelatihan ASN, hendaknya mereka diberi kesempatan untuk mengeksplorasi Experience Learning yang mereka miliki, melaluai berbagai kegiatan yang mampu menghidupkan suasana proses pembeljaran didalam kelas, baik dalam bentuk diskusi maupun dalam bentuk presentasi.

Salah satu metode saat ini yang bisa digunakan dalam proses pelatihan ASN sehinggah mereka terlibak aktif dalam kegiatan pelatihan adalah pendekatan Psikodrama learning,secara etimologi Psikodarama berasal dari bahasa yunani Drama yang berarti aksi atau tindakan untuk melakukan sesuatu dan psiko yang berarti Jiwa, jadi secara umum psikodrama adalah melakukan sebuah aksi dengan penghayatan jiwa sepenuhnya, atau sebuah seni untuk mengeksplorasi suatu masalah dengan metode drama.

Pendekatan psikodrama ini tetunya sangat bagus sekali diterapkan daam proses pembelajaran dikelas karena permasalahan yang muncul kemudian mereka perankan dengan se[enuh jiwa untuk memecahkan berbagai problematikan yang ada.

Pendekatan psikodrama akan membuat suasana kelas menjadi hidup dan peuh dnegan makna, dan yakinlah peserta pelatihan akan merasakan kepuasan terhadap tenaga pengajar yang menerapkan metode ini, didalam kelas. Selamat mencoba.

Edi abdullah/Widyaiswara LAN RI/Konsen Menulit masalah pelatihan dan pendidikan ASN.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun