Mohon tunggu...
Humaniora

Meneladani Salah Satu Sifat Wajib Rasulullah, Fathanah

18 Maret 2018   07:23 Diperbarui: 18 Maret 2018   08:45 986
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
http://www.pendidikankarakter.com/cara-jitu-menumbuhkan-semangat-belajar-pada-anak/

Umat Islam perlu memahami sifat-sifat Rasulullah secara lebih mendalam, karena hal tersebut merupakan bagian penting dari dalam kehidupan sehari hari. Salah satunya sifat yang Beliau miliki yaitu sifat Fathanah. Fathanah adalah kecakapan dan kecerdasan mendesak musuh dan meruntuhkan berbagai argumentasi serta klaim-klaimnya yang batal. Sikap fathanah adalah mujadalah  atau berdebat dengan lawan membutuhkan kepandaian dan kecerdasan yang tinggi, sehingga mampu menegakkan kebenaran padanya serta mengalahkan argumentasi dan klaim-klaimnya.

Dalam konteks kehidupan sehari-hari  sikap fathanah yang diteladani dari nabi yaitu mempunyai wawasan yang luas, dengan salah satunya kita harus belajar dengan sunggu-sungguh, tidak cepat merasa puas dengan apa yang yang kita dapatkan dalam menuntut ilmu seperti tidak hanya kita belajar dalam ruang lingkup kelas atau selalu mengandalkan seorang guru yang ada didalam ruang kelas. Kita biasa mencari sumber pendukung seperti buku dari perpustakaan atau dari sumber-sumber yang lain.

sikap fathanah sangat penting dalam diri manusia, dengan sikap fathanah manusia bisa  berpikir kritis dalam sesuatu yang ia jumpai, dikarenakan wawasannya yang luas tersebut. Wawasan yang luas juga bisa menegakkan keadilan dalam kehidupan sehari-hari apabila Dia menjumpai kejahatan-kejahatan yang dia jumpai.

Kita hanya berusaha meneladani sifat Rasulullah tanpa mengenalnya secara mendalam dan mengetahui perjalanan yang telah dilakukannya. Banyak orang tidak sadar telah memposisikan Rasulullah, seolah ia bukan manusia. Pada kenyataannya Rasulullah hanyalah manusia biasa, yang membedakan hanyalah ketaatan dan kepatuhannyan kepada Allah SWT.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun