Mohon tunggu...
Edukasi Pilihan

Layanan Bimbingan Konseling Mendukung Keberhasilan Siswa

23 Oktober 2018   14:04 Diperbarui: 23 Oktober 2018   14:24 3285 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Layanan Bimbingan Konseling Mendukung Keberhasilan Siswa
http://www.anneahira.com/jurnal-prestasi-belajar.htm

Jenis layanan pada bimbingan konseling pada dasarnya yaitu bentuk operasionalisasi dalam konsep bimbingan konseling yang masuk dalam rangka untuk memenuhi berbagai macam asas, baik prinsip maupun fungsi dan tujuan dari bimbingan konseling itu sendiri. 

Dapat diketahui dari perspektif kebijakan dalam pendidikan nasional pada saat ini adanya sepuluh jenis layanan. Namun demikian sangat dimungkinkan perkembangan kedepannya dapat semakin berkembang lagi, baik dalam hal jenis layanan maupun dari kegiatan pendukung tersendiri. 

Para pakar bimbingan di Indonesia pada saat ini telah mulai meluncurkan beberapa dari dua jenis layanan terbaru yaitu layanan konsultasi serta layanan mediasi. 

Namun perlu diketahui, kedua jenis layanan tersebut belum bisa dijadikan sebagai kebijakan tetap dari segi formal dalam sistem kependidikan di sekolah.Untuk lebih detailnya, akan diuraikan dan dijelaskan dari kesepuluh jenis layanan bimbingan konseling yang saat ini sudah mampu diterapkan dalam pendidikan nasional.

  • Layanan Orientasi

Maksud dari layanan orientasi yaitu suatu layanan yang sifatnya untuk membantu siswa dalam memahami maupun mengenal dari sudut keadaan serta situasi yang terjadi di lingkungan sekolah. Manfaatnya agar siswa dapat memiliki pengetahuan yang lebih familiar maupun detail dengan sekolahnya, maka dari itu siswa perlu memahami dan mengetahui sejauh mana pengetahuan yang diperoleh tentang berbagai macam fasilitas maupun tiap program yang sudah ada di lingkungan sekolah tersebut. 

Tujuan dari layanan ini sebagai bentuk agar siswa mampu beradaptasi serta dapat menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya. Sehingga para siswa akan belajar lebih mudah dengan mengikuti ajang kegiatan di sekolah yang berguna besar dalam mencapai suatu keberhasilan dalam perkembangan belajarnya. 

Dan poit selanjutnya layanan orientasi ini sangat diharapkan untuk mencegah berbagai penyebab timbulnya masalah dalam penyesuaian tiap siswa dengan adanya pola di kehidupan sosial. Sehingga di tekankan pada orang tua atau wali murid dari peserta didik agar senantiasa mengontrol an memahami setiap kondisi maupun situasi di sekolah, agar dapat menjadi pendukung dari keberhasilan anak tersebut.

Misalnya, biasanya siswa yang baru memasuki dunia sekolah di lingkungan yang baru, anak itu pasti akan merasa dirinya kebingungan, caggung dengan teman kelas maupun guru disekolahnya. 

Maka dari itu dengan adanya layanan orientasi seperti ini yaitu  untuk memprogram kegiatan awal melalui pengenalan sesama teman-temannya agar siswa dapat mengerti bagaimana keadaan lingkungan di sekolah tersebut yang mana siswa pasti butuh sebuah kesiapan yang kuat tersendiri guna para siswa mampu menyesuaikan diri.

  • Layanan Informasi

Membahas tentang layanan informasi disini yang merupakan sebuah layanan yang berupa dalam memberikan pemahaman kepada peserta didik yang membahas segenap berbagai hal yang dibutuhkan dalam menjalani kegiatan maupun tugas untuk mengarahkan pada tujuan hidup masing-masing. Layanan ini mempunyai jenis-jenis informasi tersendiri yang diberikan untuk para siswa yaitu: informasi di bidang probadi, sosial, belajar, dan karier.

Misalnya, mengenai bagaimana tips agar lulus dalam ujian nasional, maka dalam mengatasinya yaitu dengan belajar yang giat serta memfokuskan pemahaman di setiap materi yang sudah di pelajari di 3 tahun belajar, kemudian biasanya pihak sekolah memberikan SKL UN yang sebelumnya, guna untuk mempermudah dalam mempelajari materi mana yang pasti dibahas dalam soal UN tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN