Mohon tunggu...
143_Sriyatul Hikmah
143_Sriyatul Hikmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Kecanduan Gadget pada Anak Sekolah Dasar

29 Juni 2022   16:10 Diperbarui: 29 Juni 2022   16:22 932
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Gadget adalah salah satu alat elektronik yang di butuhkan pada zaman sekarang ini. Penggunanya tidak hanya para remaja saja tetapi juga anak-anak sekolah dasar, dalam hal pembelajaran maupun hiburan gadget termasuk prioritas tersendiri. Dari segi pembelajaran, gadget biasa di gunakan untuk searching atau download berbagai macam pelajaran yang di butuhkan dan dari segi hiburan gadget terutama android biasanya memiliki beberapa aplikasi games yang di sukai remaja ataupun anak-anak. Tetapi kebiasaan bermain games ini membuat anak-anak lupa waktu dan menjadikannya pemalas, parahnya lagi anak-anak yang kurang dampingan dari orangtuanya biasanya membuka situs atau website yang bersifat negatif. Akhir-akhir ini juga, masalah dari kecanduan gadget terhadap anak-anak menjadi topik utama, baik di media cetak maupun elektronik. Pro dan contra mengenai topic ini banyak di perbincangkan. Dari pihak pro, biasanya lebih membela terhadap pengguna dan penggunaan gadget yang berlebihan dan beralasan jika gadget memang penting untuk bahan pelajaran yang di butuhkan tetapi dari pihak contra lebih menekan penggunaan gadget yang berlebihan dan beralasan jika manfaat gadget tidak terlalu penting untuk anak-anak, jika untuk bahan pelajaran mereka bisa membaca buku atau bertanya pada orangtua atau teman-temannya. Selain itu juga, anak-anak yang ketergantungan terhadap gadget menimbulkan perilaku anti social. Gadget juga adalah suatu benda atau barang yang diciptakan khusus di era yang serba maju ini dengan tujuan untuk membantu segala sesuatu menjadi mudah dan praktis dibandingkan teknologi-teknologi sebelumnya. Beberapa contoh dari gadget yaitu laptop, smartphone, ipad, ataupun tablet yang merupakan alat-alat teknologi yang berisi aneka aplikasi dan informasi mengenai semua hal yang ada di dunia ini. Salah satu gadjet yang sering digunakan oleh anak-anak adalah smartphone. Setiap hari anak-anak akan bermain smarphome sehingga mereka menjadi kecanduan dan menjadikan mereka malas belajara dan lupa waktu. Fenomena yang terjadi sekarang banyak kita jumpai di kalangan anak-anak banyak yang mengurung diri di kamar, jarang berinteraksi, sering menyendiri, saat sedang pulang sekolah atau istrahat mereka cenderung selalu menggunakan smartphone. Kita tidak boleh melihat dari segi negatifnya saja, tetapi kita juga harus melihat dari segi positifnya juga. Karena bagaimanapun juga segi posisif dari keberadaan gadjet mempermudah kehidupan dan memiliki pengaruh yang luar biasa bagi kehidupan. Semenjak adanya gadget, komunikasi menjadi lebih mudah, gadget juga dapat mempengaruhi perilaku sosial seseorang, tergantung bagaimana orang tersebut memanfaatkan gadget. Apabila orang tersebut dapat memanfaatkannya dengan baik, gadget bisa sangat membantu dan mempermudah segalanya. Akan tetapi, apabila orang tersebut menyalah gunakan penggunaannya, maka fungsi gadget yang seharusnya bersifat mempermudah hubungan sosial atau komunikasi seseorang malah menjadikan hubungan sosial tersebut semakin buruk hanya karena kita tidak bisa menggunakannya dengan baik.

Adapun dampak positif dan dampak negatif penggunaan gadjet pada anak-anak sekolah antara lain:

Dampak Positif

Untuk menambah ilmu pengetahuan atau wawasan tentang perkembangan teknologi, contohnya seperti mencari materi di internet, mempermudah komunikasi jarak jauh, memperluas pertemanan dan yang paling penting untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar (bisa belajar lewat menonton video youtube atau dari aplikasi lainnya)

Dampak Negatif

Menjadi kecanduan dan terus ingin bermain, membuat anak lambat dalam memahami pembelajaran, jarang belajar, dan juga anak bisa beresiko terkena radiasi karena terlalu sering main gadjet dan terlalu dekat dengan mata.

Jadi Gadjet merupakan teknologi yang sering di gunakan oleh anak-anak dan yang paling sering dibutuhkan saat ini, Jika penggunaan teknologi ini dilakukan dengan hal-hal yang positif akan berjalan dengan baik. Untuk penggunaan yang baik harus ada dukungan atau pengawasan dari orangtua, guru dan lingkungan di sekitar. Orangtua atau guru diharapkan dapat memberikan bimbingan, arahan dan perhatian kepada anak yang kecanduan bermain gadjet sesuai dengan kegunaannya. Anak-anak harus diarahkan ke hal-hal yang positif agar anak-anak sedikit bisa mengotrol diri mereka agar tidak selalu menggunakan atau bermain gadjet dan harus di dampingi setiap mereka bermain gadjet agar penggunaan aplikasi ini bisa berjalan dengan baik dan sebisa mungkin usahakan tidak memberikan gadjet kepada anak di bawah umur karena terkadang mereka menggunakan aplikasi itu dengan hal-hal yang negatif. Jadi peran orang di sekitar sangat penting dalam penggunaaan gadjet pada saat ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun