Mohon tunggu...
ALYA ALIMUN NISA
ALYA ALIMUN NISA Mohon Tunggu... Bidan - Awali semua sengan basmallah

Nama : Alya Alimun Nisa NIM : 1250020018 Prodi : D-III Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keseharianku di Bulan Ramadhan

4 Mei 2021   23:46 Diperbarui: 5 Mei 2021   00:36 308
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum teman-teman onlineku..

Aku mau cerita sedikit nih, gimana sih kegiatanku selama bulan ramadhan. Yuk simak secuplik ceritaku yaa

Kali ini bangun ku tak seperti hari-hari sebelum ramadhan tiba, yups aku bangun lebih awal yakni jam 03.00 WIB. Tak hanya bangun saja, tetapi kegiatan ku pun berubah hampir 100%. Setelah aku bangun, kusempatkan solat tahajjud terlebih dahulu, walau hanya 2 rakaat. Kemudian aku turun kebawah untuk sahur bersama dengan keluarga. Memang kebiasaan keluargaku adalah mengakhirkan sahur, karena itu termasuk sunnah. Lalu ketika aku dan keluarga tuntas dalam melaksanakan sahur, tak lupa aku menggosok gigi terlebih dahulu dan mengambil air wudlu. Kemudian aku naik ke atas sambil menunggu adzan shubuh. Setelah itu aku sholat shubuh, dan tak lupa setelah sholat aku mengambil Al-Quran dan membacanya. Sekitar 1 jam kemudian, aku langsung melanjutkan tidurku, sampai sekitar jam 6 pagi. Lalu aku bergegas mandi. Setelah itu aku menyapu kamar dan melanjutkan rutinitasku yakni Kuliah Online (Daring). Yah, walaupun puasa rutinitas harus tetap dijalani dengan semangat, seperti biasa aku kuliah dari pagi sampai siang dan terkadang sampai sore. Kemudian jam ketika jam istirahat kuliah ini berbeda dengan biasanya, yang biasanya makan siang kali ini hanya sholat, disamping itu aku gunakan sedikit waktu untuk membaca Al-Quran agar cepat khatam. Setelah itu, aku lanjut kuliah online sampai sore.

Selanjutnya, aku sholat asar setelah sholat, dilanjut dengan mandi. Kemudian bersantai sejenak sambil membuka HP, lalu seiring beberapa jam aku turun ke bawah untuk menunggu adzan maghrib. Tak lama kemudian, waktu berbuka pun tiba, aku bersama keluargaku berbuka puasa dengan yang segar dan yang manis-manis. Setelah itu dilanjut dengan sholat maghrib dan Membaca Al-Quran. Kemudian waktu isya' tiba, dilanjut dengan sholat isya' dan sholat terawih secara berjamaah. Lalu setelah sholat isya' dan sholat terwaih, aku memulai untuk Tadarrus Al-Quran sampai jam 9 malam. Setelah itu, melihat jadwal kuliah besok dan sedikit belajar materi terkait mata kuliah nya. Kemudian aku ke bawah untuk menggosok gigi, lalu tidur.

Terimakasih teman-teman online ku..

Tugas ini dibuat untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia

Dengan dosen pengampu Bapak Rudi Umar Susanto, M. Pd

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun