Hiburan

Resep Kemafar 2017

18 Januari 2018   18:34 Diperbarui: 18 Januari 2018   18:35 470 0 0

RESEP KEMAFAR 2017

"Resep", kebanyakan orang mendengar kata ini pasti berpikir itu adalah resep makanan, resep obat, resep minuman dan lain sebagainya tapi bagi kami mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin ini bukanlah seperti yang mereka pikirkan. Resep bagi kami adalah Reformulasi Sikap Etika Dan Pola Pikir dimana para mahasiswa baru yang memasuki Fakultas Farmasi ini akan mengalami tahap demi tahap untuk menjadi warga dan keluarga dari Fakultas Farmasi itu sendiri. 

Kegiatan ini setiap tahunnya dilakukan oleh KEMAFAR-UH ( Keluarga Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin ). Banyak tahap yang harus dilakukan jika ingin menjadi bagian dari KEMAFAR-UH ini, Bina Kasih ( salah satu tahap bagi agama Kristiani), Pra Resep, Resep, Obat (bagi yang beragama Islam), Pra PDKMF (Pelatihan Dasar Kepemimpinan) dan yang terakhir adalah PDKMF. Kegiatan ini sangat membangun bagi para mahasiswa baru karena dapat melatih mahasiswa menjadi mahasiswa yang mempunyai jiwa kepemimpinan, rasa tanggung jawab, berpikir kritis dan lain sebagainya.

Sebelum saya membahas lebih jauh lagi tentang kegiatan ini saya terlebih dulu akan membahas tentang apa saja yang ada didalam KEMAFAR-UH ini.

Pembukaan:

Bahwa Kemerdekaan adalah hak dasar manusia yang merupakan karunia   Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, harus dimanfaatkan secara bertanggung jawab untuk mencapai cita-cita masyarakat demokratis, sejahtera dan beradab yang berkeadilan sosial.

Mahasiswa sebagai bagian dari komponen bangsa telah menunjukkan perannya dalam menentukan arah perjuangan bangsa. Mahasiswa fakultas farmasi sebagai bagian dari generasi muda yang sadar akan hak akan kewajibannya serta peran dan tanggung jawab kepada umat manusia dan bangsa bertekad untuk berperan aktif dalam pembangunan bangsa secara konsisten dan berkesinambungan.

Penyiapan mahasiswa fakultas farmasi menuju profesionalisme merupakan suatu keharusan yang diciptakan melalui proses pengaderan. Kaderisasi sangat penting dalam membangun arah yang jelas bagi perkembangan dunia kesehatan di masa datang yang nantinya alumni farmasi akan mempunyai peran strategis dalam menentukan kebijakan bidang kesehatan dan harus memberikan kontribusi bagi masyarakat untuk meningkat taraf kesehatan, serta membangun struktur masyarakat yang memahami arti professional farmasi.

Menyadari bahwa cita-cita di atas hanya dapat dicapai dengan petunjuk Tuhan Yang Maha Kuasa, melalui upaya-upaya teratur, terencana dan berkesinambungan, maka kami menghimpun diri dalam satu wadah yang disebut Keluarga Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin.

Bab I:

NAMA, WAKTU DAN TEMPAT KEDUDUKAN.

Pasal 1 Nama:

Organisasi ini bernama Keluarga Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, disingkat KEMAFAR-UH.

Pasal 2 Waktu:

KEMAFAR-UH didirikan pada tanggal 17 Agustus 1963 di Makassar, untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

Pasal 3 Tempat Kedudukan:

KEMAFAR-UH berkedudukan di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin.

Bab II:

ASAS, STATUS DAN SIFAT.

Pasal 4 Asas:

KEMAFAR-UH berasaskan Pancasila.

Pasal 5 Status:

KEMAFAR-UH adalah organisasi mahasiswa intrauniversitas.

Pasal 6 Sifat:

KEMAFAR-UH bersifat independen.

Bab III:

TUJUAN DAN FUNGSI.

Pasal 7 Tujuan:

KEMAFAR-UH bertujuan membentuk mahasiswa menjadi insan yang beriman dan bertaqwa, berwawasan, mandiri dan berjiwa sosial.

Pasal 8 Fungsi:

KEMAFAR-UH berfungsi sebagai:

1.Sarana untuk pengaderan anggota.

2.Sarana untuk memperjuangkan aspirasi mahasiswa.

3.Sarana untuk mengembangkan potensi, minat dan bakat anggota yang positif, serta kesadaran berlembaga.

4.Sarana untuk mempererat tali silaturahim.

Bab IV:

KEANGGOTAAN.

Pasal 9:

1.Anggota KEMAFAR-UH adalah mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin yang memenuhi syarat-syarat keanggotaan.

2.Anggota KEMAFAR-UH terdiri atas:

a.Anggota Biasa.

b.Anggota Luar Biasa.

Bab V:

KEKUASAAN.

Pasal 10:

Kekuasaan tertinggi berada ditangan anggota yang dilaksanakan melalui KONGRES KEMAFAR-UH atau KONGRES Luar Biasa KEMAFAR-UH.

Bab VI:

KELENGKAPAN ORGANISASI.

Pasal 11:

Kelengkapan Organisasi KEMAFAR-UH terdiri atas:

a.KONGRES KEMAFAR-UH.

b.Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, disingkat MAPERWA KEMAFAR-UH.

c.Badan Eksekutif  Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, disingkat BEM KEMAFAR-UH.

Pasal 12:

1.Kelengkapan KONGRES KEMAFAR-UH terdiri dari atas:

a.Presidium KONGRES KEMAFAR-UH.

b.Komisi Pemilihan Umum, disingkat KPU.

2.Kelengkapan MAPERWA KEMAFAR-UH terdiri atas:

a.Pengurus MAPERWA KEMAFAR-UH.

b.Komisi-komisi dalam MAPERWA KEMAFAR-UH.

3.Kelengkapan BEM KEMAFAR-UH terdiri atas:

a.Pengurus BEM KEMAFAR-UH.

b.Unit Kegiatan Mahasiswa, disingkat UKM.

Bab VII:

PERUBAHAN AD/ART DAN PEMBUBARAN.

Pasal 13:

Perubahan AD/ART dan atau pembubaran Organisasi hanya dapat dilakukan dalam KONGRES KEMAFAR-UH atau KONGRES Luar Biasa KEMAFAR-UH.

Bab VIII:

PENUTUP

Pasal 14:

Segala hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar akan dibahas dalam Anggaran Rumah Tangga dan peraturan/ketentuan tersendiri yang tidak bertentangan dengan Anngara Dasar.

Itulah sedikit penjabaran Anggaran Dasar dari KEMAFAR-UH ini sendiri. Selanjutnya saya akan membahas tentang 3 proses yang telah saya lewati kemarin.

Saya Chika Puspita Tappe mahasiswa baru di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin tahun 2017. Sebenarnya tidak ada keinginan saya untuk masuk di jurusan ini tapi inilah cara Tuhan yang terbaik untuk anak-Nya. Pertama kali saya masuk di jurusan ini, saya berpikir jurusan ini mungkin hanya membuat obat, obat dan obat saja tapi ternyata pemikiran saya ini salah besar, mengapa? Karena di jurusan ini tidak hanya dituntut untuk membuat obat tapi berorganisasi dan ikut serta dalam unit kegiatan mahasiswa. Saya belum paham sampai disana tapi setelah saya mengikuti kegiatan ini saya mulai paham.

Bina kasih, saya mengikuti tahap 1 ini bersama teman-teman saya yang beragama Kristen dan dibimbing oleh kakak-kakak senior yang juga beragama Kristen. Disana kami beribadah, outbound, membentuk kelompok kecil untuk saat teduh, makan bersama dan kegiatan lainnya. Setelah saya dan teman-teman mengikuti bina kasih ini saya dan teman-teman saya sudah menjadi bagian dari PMKO Filadelfia Mipa Farmasi Universitas Hasanuddin yang dimana ini adalah salah satu organisasi bagi kaum Kristiani.

Pra Resep, kegiatan ini mulai dilakukan pada bulan Oktober 2017 kemarin yang diikuti oleh semua mahasiswa baru angkatan 2017. Kami dibagi menjadi 15 GB (Grup Belajar) Pra resep ini berlangsung setiap hari sabtu dan hari minggu. Kegiatan yang  sering kami lakukan ini setiap pagi adalah absen, binjas, sarapan pagi dengan scooty, roti farmasi dan air farmasi setelah sarapan kami mendengar materi dari pemateri-pemateri yang hebat dan berpengalaman, setelah itu kami mengumpulkan uang untuk membeli makanan. Sambil menunggu makanan kami datang, kami mengisinya dengan games setelah makanan kami datang kami membuat lingkaran besar dan ditengahnya itu adalah teman-teman saya yang laki-laki, kami berdoa bersama dan sambil mengucapkan "selamat makan" dan balasannya "mari makan", setelah makan kami lanjut dengan materi baru lagi sampai selesai lalu kami latihan acara (paduan suara, puisi, drama, umbrella, cup song, akustik, vocal grup, duet, dance, password dan medley) ini merupakan kegiatan yang akan ditampilkan pada saat resep nanti kemudian kami pulang ke rumah kami masing-masing. Hal ini kami lakukan setiap hari sabtu dan hari minggu hingga pada bulan Desember pra resep dilakukan setiap harinya dan selesai pada awal bulan Januari.

Resep, yah ini sesuatu yang ditunggu-tunggu dan mungkin bisa di bilang paling menegangkan. Kami melaksanakan kegiatan ini di penginapan Bulutana Malino, perjalanan kesana lumayan jauh hingga kami berhenti untuk beristirahat dan ketika kami ingin melanjutkan perjalanan salah satu kendaraan yang kami pakai  mengalami masalah sampai pada malam hari kendaraan kami juga belum bisa dipakai sampai datanglah kendaraan lain yang memberikan kami tumpangan. Kami sampai disana langsung membuat lingkaran dan makan malam bersama dan lanjut dengan mendengar materi dan istirahat. Pada pagi hari kami beribadah sesuai dengan agama kami masing-masing, bagi kami yang Kristen kami saat teduh diluar ruangan dan suasana pagi hari disana sangat dingin. Setelah itu kami kumpul untuk sarapan, kemudian melanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu diskusi interaktif kami dikelompokan lagi dan saya masuk kelompok 1 yang terdiri dari Gb 1 dan 2 kami berdiskusi dengan kakak di pos PO15ON (2013) diskusi kami tentang BEM dan UKM, setelah itu kami kembali keaula untuk Ishoma, setelah itu kami disuruh oleh kakak untuk membuat power point mengenai materi yang diberikan lalu mepresentasikannya kemudian setelah itu  kami Ishoma dan mempersiapkan alat-alat untuk acara Maba Show acara ini dimulai puku 08.00 saya masuk dan item Paduan Suara yang merupakan item pembukaan pada saat itu, ada perasaan gugup yang saya rasakan dan mungkin juga yang teman-temanku rasakan kami semua berusaha untuk tampil semaksimal mungkin walaupun banyak kakak-kakak yang berteriak karena mungkin penampilan kami yang kurang memuaskan tapi saya merasa ini samua sudah baik dan sudah paling maksimal. Setelah acara tersebut selesai kami semua disuru untuk kembali tidur kami tidur juga dengan posisi saling bergandengan tangan setelah itu kami dibangunkan pukul 02.00 untuk melakukan kegiatan selanjutnya yaitu Jurit Malam disini kami disarahkan untuk datang ke pos kakak-kakak untuk mendapatkan materi dan untuk penanaman nilai. Pos yang pertam kami datangi adalah pos kakak PO15ON (2015) disini kami mendapatkan materi tentang tanggung jawab, disini ada lilin yang diberikan untuk dijaga agar tidak mati kemudian pergi ke kakak yang telah ditentukan dan menjawab pertanyaan yang diberikan. Sempat ada teman sekelompokku yang hilang dan bukan teman Gb ku tapi tetap dikembalikan. Kemudian kami pergi selanjutnya ke pos kakak Alumni disini kami diajarkan tentang Kepemimpinan awalnya kami disuruh jalan jongkok dan yang laki-laki disuruh untuk ambil posisi set dan kemudian push up dan cuci muka kami yang perempuan diuruh minum scooty dan membela teman kami yang laki-laki namun setelah itu ada kakak yang memberikan pengertian mengenai niali-nilai yang harus ada dalam diri kami sebagai seorang pemimpin, kemudian kami pergi ke pos kakak  DESINTEGRATO12 (2012) disini kami disuruh set dan cuci muka supaya tidak mengantuk kemudian duduk bersama dengan kak aldila dan budiman yasir disini kakak-kakak ini memberikan materi tentang bagaimana itu sikap loyalitas kami juga minum scooty. Kemudian kami pergi ke pos selanjutnya yaitu pos kakak THEO13ROMIN (2013) disini kami disuruh set lagi dan minum scooty dan pembelajaran yang kami terima adalah mengenai Solidaritas, lalu kami pergi k epos yang terakhir yaitu pos kakak HIOS14MIN (2014) kami juga diset dan minum scooty di pos ini yang kami dapatkan dipos ini adalah Kamu Intelektual yang disampaikan oleh seorang kakak. Setelah pos ini selesai kami semua kembali ke aula dengan berpegangan tangan tanpa dilepas  diaula kami beristirahat dan ad teman kami yang lain sholat. Kami bangun puku 08.00 untuk melakukan kegiatan selanjutnya yaitu Outbond, kami dibagi dalam beberapa  kelompok untuk bermain dipos. Saya bersama teman kelompok "geng cute" ini mengunjungi pos ke-1 disitu kami diminta untuk membalik sarung yang bermain hanya 7 orang tetapi cara membaliknya itu sangat susah karena butuh kerja sama yang baik antar teman kelompok, akhirnya kelompok saya kalah dan harus meminum scooty yang sudah dicairkan. Pos ke-2 kami diminta untuk mengoper sarung dari depan sampai ke belakang dan kembali ke depan. Pos-3 kami diminta untuk bermain lari karung. Pos ke-4 kami bermain mengangkat karet menggunakan sedotan. Setelah outbound kami makan lalu bersiap siap untuk pulang. Pengalaman yang sangat indah dan tidak bisa dilupakan.

Harapan saya untuk KEMAFAR 4 tahun ke depan adalah saya ingin bergabung di UKM PHARCO dan PSC KEMAFAR-UH dan saya juga ingin menjadi pengurus BEM KEMAFAR-UH.