Ram Tadangjapi
Ram Tadangjapi Wiraswasta

Kutu Buku, Penggila Film, Penikmat Musik

Selanjutnya

Tutup

Film

Resensi Film Edison (2005)

12 Juni 2018   13:06 Diperbarui: 12 Juni 2018   13:10 464 0 0
Resensi Film Edison (2005)
(sumber: www.filmaffinity.com)

Joshua Pollack (Justin Timberlake) seorang jurnalis lokal muda di kota Edison, menemukan sejumlah keganjilan disebuah persidangan kasus pembunuhan yang melibatkan dua orang petugas polisi dari satuan kepolisian kota Edison yang biasa disebut F.R.A.T. Kecurigaan tersebut kemudian ia jadikan sebuah artikel.

Namun sayangnya artikel itu dinilai tidak layak untuk dimuat di surat kabar tempat Pollack bekerja, bahkan pimpinan redaksi surat kabar tersebut, Moses Ashford (Morgan Freeman) menganggap tema yang diangkat Pollack terlalu mengada-ada sehingga terjadi perdebatan antara keduanya hingga menyebabkan Pollack dipecat sebagai jurnalis.

Sementara itu Officer Raphael Deed (LL Cool J) dan Sersan Francis Lazerov (Dylan McDermott), keduanya merupakan polisi andalan di satuan F.R.A.T, mulai pecah dalam pemikiran. Deed merasa sudah saatnya untuk kembali ke kehidupan normal, Lazerov sendiri menganggap tugasnya menjadi polisi merupakan cara untuk memperoleh keuntungan lain.

Keduanya juga sadar posisi mereka sedang tidak aman karena Pollack sedang melakukan investigasi jurnalisme yang arahannya langsung ke kasus pembunuhan yang melibatkan mereka.

Setelah mendapatkan masukan dari Ashford soal artikelnya yang dianggap kurang menarik, Pollack lalu mencari sisi lain dari cerita yang ia tulis di artikelnya, saat penelitian itulah ia menemukan adanya aroma korupsi yang terjadi secara menyeluruh di satuan F.R.A.T yang kemudian mengakibatkan Pollack menjadi sasaran intimidasi. Suatu ketika saat pulang dari sebuah tempat hiburan malam, Pollack bersama pacarnya diserang oleh beberapa orang yang menyebabkan keduanya mengalami cedera serius, Officer Deed yang ada dilokasi saat itu melihat secara sekilas dan langsung mengetahui siapa pelakunya.

Pasca penyerangan itu Ashford yang kemudian dibantu oleh seorang investigator Levon Wallace (Kevin Spacey) membantu Pollack untuk mengungkap konspirasi besar korupsi di kota Edison, namun meskipun sudah disembunyikan tetap saja keberadaan Pollack mampu dilacak oleh Lazerov.

Officer Deed pun pada akhirnya tahu siapa yang harus ia bantu setelah dia tahu apa yang dijalaninya di satuan F.R.A.T akan berdampak buruk bagi masa depannya nanti.

Film tentang korupsi yang melibatkan orang orang didalam sistem peradilan sudah banyak diangkat kedalam film, tidak banyak yang bisa menyajikan cerita yang kuat dan membuat kita tahu bagaimana korupsi itu begitu mengakar. Film ini terbilang gagal untuk memaparkan hal tersebut, terlalu banyak lubang didalam cerita yang membuat keasyikan menikmati jalan ceritanya menjadi kurang logis. 

Morgan Freeman dan Justin Timberlake (www.qwipster.net)
Morgan Freeman dan Justin Timberlake (www.qwipster.net)
Meskipun Morgan Freeman dan Kevin Spacey tidak menampilkan akting yang kuat di film ini, namun pamor akting mereka masih belum mampu diimbangi oleh Justin Timberlake. LL Cool J memang mampu tampil baik sebagai polisi yang dilematis dan mudah gugup namun ia belum mampu menjaga performance itu sepanjang film, bahkan akting Dylan Mcdermott sebagai polisi yang korup dan kejam terlihat terlalu berlebihan.

Justin Timberlake untuk pertama kali menjadi pemeran utama di film ini, meskipun belum kuat namun film ini bisa menjadi salah satu pilihan film bagi para fans eks anggota boyband NSYNC itu.