Ram Tadangjapi
Ram Tadangjapi

Kutu Buku, Penggila Film, Penikmat Musik

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Resensi Film Under The Tuscan Sun (2003)

2 Mei 2018   11:52 Diperbarui: 2 Mei 2018   22:25 351 1 0
Resensi Film Under The Tuscan Sun (2003)
Sumber: unitrips.es

Francis Meyers (Diane Lane) harus merelakan rumah keluarganya yang ia renovasi bersama suaminya menjadi milik suaminya setelah mereka berdua sepakat bercerai. 

Francis dalam keadaan putus asa pindah ke sebuah apartemen kecil yang menurut pemiliknya cocok untuk jadi pelarian orang orang yang mengalami perceraian. Francis tidak bisa tenang menjalani kehidupan di apartemen itu karena terganggu oleh suara tangisan dari pria depresi yang tinggal disebelah kamarnya.

Patti (Sandra Oh) sahabat Francis yang seorang lesbian (namun hamil!!??) memberikan sebuah tiket gratis liburan ke sebuah daerah wisata di Italia bernama Tuscany, meskipun pada awalnya Francis menolak tiket tersebut namun akhirnya ia pun mengambil kesempatan itu karena sudah tidak tahan dengan gangguan di apartemennya. 

Tiket liburan ke Tuscany itu ternyata diperuntukkan untuk pasangan gay dan lesbian, namun Francis yang memang ingin mencari tempat pelarian tidak memperdulikan hal tersebut. Saat di Tuscany ia melihat sebuah iklan villa yang dijual, dan tanpa pikir panjang di tengah perjalanan dia memilih untuk turun dan mencari villa yang ada di iklan tersebut.

Setelah membeli villa tersebut, Frances masih harus menghadapi sejumlah masalah berupa keadaan villa yang perlu banyak perbaikan, dengan bantuan Martini (Vincent Riotta) si agen penjualan villa akhirnya Frances bisa menemukan pekerja yang bisa merenovasi villa tersebut. Ketiga pekerja itu berasal dari Polandia dan cuma satu yang bisa bahasa Inggris.

Interaksi dan adaptasi dengan lingkungan sekitarnya pun harus dilakoni Frances yang mempertemukannya dengan Katherine (Lindsay Duncan) seorang pecinta seni, keluarga Placido yang putrinya jatuh cinta dengan salah satu pekerja renovasi villa Frances, dan seorang pria tua yang setiap hari mengganti bunga disebuah altar tua.

Frances juga sempat menjalin hubungan dengan Marcello (Raoul Bouva) yang ia kenal saat mencari gantungan lampu antik, dia berharap dengan hubungan tersebut dia bisa melupakan mantan suaminya. Namun sayangnya Frances harus merasakan kembali patah hati setelah mengetahui ternyata Marcello sudah punya kekasih baru.

Berbagai peristiwa yang Frances hadapi kemudian mengajarkannya bahwa untuk bahagia dan melupakan masa lalu adalah dengan membahagiakan orang orang disekitarnya, karena itu ia lalu menampung Patti yang saat hamil besar ditinggal oleh pacar lesbinya, kemudian membantu pekerja renovasinya yang ingin menikahi putri keluarga Placido. Pada akhirnya dia pun menemukan cinta baru melalui Ed (David Sutcliffe) seorang penulis buku yang bukunya pernah direview jelek oleh Frances.

Diane Lane di film Under The Tuscan Sun (2003)
Diane Lane di film Under The Tuscan Sun (2003)

Film ini diangkat dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Frances Meyers, si karakter utama film ini. Film ini disutradarai Audrey Wells sekaligus menjadi penulis skenarionya, secara umum film ini cukup bagus dengan dimanjakan pemandangan daerah Tuscany yang alami. Diane Lane serta cast lainnya tampil natural sehingga mampu memberikan akting yang sederhana namun mengena. Adegan favorit saya adalah ketika Frances dan Martini mencari ular di kamar Frances dimana Martini memberikan sebuah analogi menarik tentang "membuat rel kereta api jauh sebelum kereta api itu ada karena mereka yakin suatu saat rel itu akan dilalui oleh kereta api".