Ram Tadangjapi
Ram Tadangjapi Wiraswasta

Kutu Buku, Penggila Film, Penikmat Musik

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Resensi Film Public Enemies (2009)

14 April 2018   20:00 Diperbarui: 14 April 2018   21:28 833 0 0

John Dillinger merupakan seorang perampok bank yang terkenal di Amerika Serikat sekitar tahun 1930-an, aksinya yang licin cukup merepotkan aparat berwajib saat itu. Hingga kemudian dia berhasil ditaklukkan oleh tim khusus yang dipimpin oleh Melvin Purvis.

Film ini menceritakan aksi perampokan bank yang dilakukan oleh John Dillinger dan komplotannya, serta pembentukan tim khusus untuk mengejar John Dillinger cs yang komando utamanya dipegang Melvin Purvis.

Sebagaimana ciri khas film-film Michael Mann sebelumnya, film ini pun sangat detail dalam menggambarkan adegan baku tembak, adegan kejar-kejaran mobil, serta adegan penyergapan. Bahkan kita bisa menikmati semua adegan aksi tersebut dan meyakini adegan itu nyata.

Dua tokoh utama film ini diperankan oleh dua aktor yang saat itu berhasil memerankan karakter ikonik di film mereka sebelumnya. Johnny Depp didapuk untuk memerankan John Dillinger, sang perampok bank yang dingin, penuh strategi, dan sangat mencintai kekasihnya. Sebelumnya Johnny Depp berhasil mencuri perhatian penonton lewat perannya sebagai bajak laut  berangasan Jack Sparrow di trilogi Pirates Of The Caribbean. 

Sementara peran Melvin Purvis sang komandan tim khusus yang sangat terobsesi untuk menangkap John Dillinger diberikan ke Christian Bale yang sebelumnya sukses memerankan Batman di film The Dark Knight (2008). Barisan Cast juga diperkuat oleh beberapa aktor dan aktris bertalenta saat itu, seperti : Billy Crudup, Jason Clarke, Giovanni Ribisi, Marion Cotillard dan Carey Mulligan.

Secara aksi film sangat bagus, adegan adegannya juga realistis, namun kekurangannya hanya pada kurang detail menggambarkan masa depresi di tahun 30-an, begitu juga akting Johnny Depp dan Christian Bale bukan pada performa terbaik mereka. Justru akting Carey Mulligan yang mencuri perhatian saya di film ini.

Bagi yang suka dengan film film bertemakan perampokan atau gangster, film ini boleh dijadikan salah satu pilihan untuk ditonton.