Banyuasin,7 februari 2025 -- Dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Angkatan ke-82 Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Arsy Ardita, melakukan penelitian mengenai manajemen kurikulum di SD Negeri 28 Banyuasin 1. Penelitian ini menyoroti bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum berkontribusi terhadap efektivitas pembelajaran di sekolah tersebut.Berdasarkan hasil penelitian, perencanaan kurikulum yang baik terbukti memberikan dampak positif terhadap efektivitas pembelajaran. Perencanaan ini mencakup penyusunan program tahunan, program semester, analisis mata pelajaran, hingga penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dengan adanya perencanaan yang matang, pembelajaran dapat berjalan lebih sistematis dan terarah.
Dalam pelaksanaannya, SDN 28 Banyuasin 1 masih menerapkan Kurikulum 2013. Meski demikian, sekolah ini terus berupaya menyesuaikan dengan perubahan kebijakan pendidikan, seperti Kurikulum Merdeka. Implementasi kurikulum yang terstruktur berdampak pada peningkatan disiplin guru dan siswa, serta kelancaran berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan intrakurikuler.
Salah satu tantangan yang dihadapi sekolah adalah kurangnya variasi metode pembelajaran, minimnya kegiatan remedial, serta keterbatasan akses peserta didik terhadap teknologi. Untuk mengatasi hal ini, penelitian memberikan beberapa rekomendasi, di antaranya pengembangan kurikulum yang lebih inovatif, peningkatan ketersediaan buku pelajaran di perpustakaan, penyediaan alat peraga yang memadai, serta pelatihan bagi guru guna meningkatkan kualitas pengajaran.
Evaluasi kurikulum di SDN 28 Banyuasin 1 juga menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Evaluasi yang dilakukan tidak hanya ditujukan kepada siswa, tetapi juga kepada guru dalam hal penerapan metode pembelajaran, penyusunan RPP, serta penggunaan media dan sarana pembelajaran. Evaluasi yang komprehensif diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.
Dengan adanya strategi yang lebih efektif dalam manajemen kurikulum, diharapkan mutu pendidikan di SDN 28 Banyuasin 1 semakin meningkat. Hasil penelitian ini menjadi bukti nyata bahwa pengelolaan kurikulum yang baik dapat memberikan dampak positif bagi proses pembelajaran dan prestasi siswa.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI