Mohon tunggu...
Dwihana Hanifa
Dwihana Hanifa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa INISNU Temanggung

Memasak dan traveling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Implementasi Pancasila Melalui Budaya Sekolah

12 November 2022   20:37 Diperbarui: 12 November 2022   21:09 347
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: ayocirebon.com

Oleh Dwihana Hanifa (2122011)

Mahasiswa prodi PAI Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung

 

Pancasila adalah dasar negara,ideologi nasional suatu pandangan hidup bangsa Indonesia yang berarti semua perbuatan setiap warga negara harus  mencerminkan sila yang ada pada Pancasila. Pancasila dijadikan sebagai dasar negara sudah menyelamatkan bangsa Indonesia dari ancaman yang igin merusak negara Indonesia.

Nilai-nilai yang ada pada Pancasila telah melekat pada masyarakat. Nilai-nilai ini terkandung pada setiap aktifitas masyarakat Indonesia dari sila yang pertama,kedua,ketiga,keempat,dan kelima. Dapat dilihat dari budaya yang ada di masyarakat. Budaya ini dapat dilihat dari sikap,perilaku,dan cara untuk menyesuaiakan dengan lingkungan.

Nilai-nilai Pancasila ini harus ditanamkan sejak dini mulai dari bangku persekolahan agar terbentuk pribadi invidu masyarakat Indonesia. Kepribadian invidu ini menjadi penentu kemajuan suatu negara.

Nilai yang terdapat dalam Pancasila ada lima yaitu nilai ketuhanan yang berarti yaqin dengan keberadaan Tuhan dan menjalankan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang menjadi larangan-Nya, yang kedua nilai kemanusiaan yang berarti mengakui bahwa terdapat martabat yang dimiliki oleh manusia.

Yang ketiga yaitu nilai persatuan yang berarti masyarakat Indonesia terdapat persatuan yang erat. Yang ke empat yaitu kerakyatan yang berarti kedaulatan berada di bawah tanagn rakyat. Yang terakhir yaitu nilai keadilan sosial yang berarti wujud dari keadilan sosial yang ada pada kehidupan seluruh rakyat Indonesia.

Di era sekarang ini, pengimplementasian Pancasila menjadi faktor penting di dalam masyarakat, karena nila-nilai luhur bangsa Indonesia terdapat dalam Pancasila. Tak hanya itu, saat ini globalisasi berkembang begitu cepat menyebabkan munculnya idealisme baru yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa.

Implementasi Pancasila di masyarakat ialah realisasi praktis guna mencapai cita-cita bangsa.Implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara terdapat pada beberapa bidang yaitu, implementasi dibidang politik, implementasi Pancasila di bidang ekonomi, implementasi Pancasila dibidang sosial dan budaya, dan implementasi Pancasila dibidang pertahanan dan keamanan.

Implementasi Pancasila sering kita temui di dalam kehidupan sehari-hari, ataupun di dlam lingkungan sekolah, keluarga, bahkan masyarakat. Di dunia pendidikan nilai-nilai Pancasila ini diterapkan di sekolah. Sekolah ialah tempat peserta didik untuk mencari ilmu/belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun