Safri S Sihombing
Safri S Sihombing Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Medan (UNIMED) Jurusan Manajemen 2016.. SENAT MAHASISWA (SEMA) FAKULTAS EKONOMI UNIMED Kodie (Kelompok Diskusi Ilmu Ekonomi) Unimed YGM (Youth Generation Of Management) PELMAP UNIMED (Pelayanan Mahasiswa) AYE (Abbalove Youth Excellent)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tersenyumlah dan Teruslah Bergerak

13 Januari 2018   21:54 Diperbarui: 14 Januari 2018   00:47 481 1 1
Tersenyumlah dan Teruslah Bergerak
Dokumen Pribadi;Tersenyumlah dan Teruslah Bergerak

Dunia yang semakin hingar-bingar sekarang ini menimbulkan banyak masalah dalam masyarakat. Semua manusia di muka bumi ini pasti pernah menghadapi yang namanya masalah hidup, bahkan tidak sedikit hari-hari ini manusia yang frustrasi, depresi bahkan gila karena tidak mampu mencari solusi dalam menghadapi masalah yang mereka miliki. 

Saya pikir semua manusia pasti punya masalah. Ada yang masalahnya banyak dan ada yang masalahnya hanyalah sedikit, ada yang masalahnya berat dan ada juga yang masalahnya ringan atau sepele. Sekarang tergantung jenis masalahnya. Yang menjadi persoalannya utamanya adalah bagaimana kita menyikapi masalah tersebut. Masalah yang dihadapi oleh orang-orang sekarang ini, tidak sedikit membuat mereka berhenti bergerak bahkan mengalami stagnasi sehingga mereka hanya terpuruk di dalam peta masalah mereka itu.

 Namun, ingatlah saudara bahwa masalah dalam hidup ini hanyalah sebagai warna-warni atau hal biasa yang harus dijalani sehingga menjadikan kita menjadi pribadi yang tangguh dan kuat. Pernahkah saudara memandang burung rajawali yang terbang  di udara ? apa yang timbul di benak pikiran anda ketika sedang atau setelah melihat hal tersebut. 

Tetapi, tahukah saudara banyak pelajaran berharga yang dapat kita jadikan pedoman dari cara hidup burung rajawali. Kita tahu bahwa burung rajawali semakin kuat badai atau  tiupan angin yang datang maka burung rajawali ini akan terbang semakin tinggi dan semakin tinggi. Tidak hanya itu, badai atau tiupan angin tersebut menjadikan seekor burung rajawali semakin kuat dan tangguh.

Demikian juga dengan hidup yang kita jalani hari-hari ini, masalah yang kita hadapi akan menjadikan kita menjadi pribadi yang tangguh dan kuat. Ingatlah "Tidak akan ada kemenangan tanpa peperangan". Tahukah kita bahwa masalah yang ada akan menimbulkan berkat dibaliknya dan masalah yang kita hadapi akan menimbulkan kemenangan-kemenangan di dalam proses hidup kita.

Ketika jalan yang saudara lalui terasa sulit, teruslahbergerak. Ketika semua suara ingin menjatuhkanmu, tersenyumlah dan teruslah bergerak. Sampai pada akhirnya ketika anda sampai di puncak kesuksesan anda akan melihat dengan bangga dan saudara akan ingat masa-masa dimana anda berjuang dan berjerih lelah. Hidup memang keras, namun pengharapan menanti di depan untuk mendatangan kebaikan bagi mereka yang terus berjuang.

"Berpikir itu mudah, bertindak itu sulit dan menuangkan pikiran ke dalam tindakan adalah perbuatan tersulit di dalam dunia ini (Johann Wolfgang Von Goethe)".  Inilah yang kerap sekali terjadi di dalam proses kehidupan manusia sekarang ini. Menurut saya dimuka bumi ini banyak orang yang pintar, akan tetapi hanya sedikit yang mampu bertindak dan menuangkan pikirannya tersebut ke dalam tindakannya. 

Tidak sedikit hari- hari ini banyak orang yang tahunya hanya mengkritik dan memerintah orang lain tanpa memberikan suatu keteladanan terhadap teman-temannya. Saya jadi teringat dengan sebuah kalimat yang sering kita dengarkan, yaitu "Satu teladan kejujuran lebih bermakna dari seribu nasehat tentang kejujuran". Artinya sekarang ini yang dibutuhkan adalah teladan (kerja.. kerja.. kerja), bukan sekedar kata-kata.

Pepatah kuno China mengatakan "Jangan takut berjalan pelan, yang perlu anda takutkan adalah berdiri diam". Jangan takut berbuat yang terbaik dalam hidup ini. Walau semua orang berusaha menjatuhan kita, tersenyumlah dan teruslah bergerak. Bila orang lain melukaimu, tersenyumlah dan teruslahbergerak. Jika situasi tidak mendukung kemajuanmu untuk hal yang  benar, tersenyumlah dan teruslah bergerak. Sampai pada akhirnya anda menjadi pribadi yang bersyukur dan bersukacita dalam kondisi maupun situasi apapun. Memang benarlah yang dikatakan oleh seorang tokoh motivator dunia Leo Tolstoy "Semua orang berpikir untuk mengubah dunia, tetapi tidak ada yang berpikir mengubah dirinya sendiri".

Ingatlah Tuhan tidak pernah lalai dan gagal dalam menepati janji-janjinya kepada saudara.  Intinya terbiasalah tersenyum dalam situasi dan keadaan apapun dan teruslahbergerak. Sampai pada akhirnya anda menjadi pribadi yang bersukacita dan tetap maksimal dalam hidup ini. Pesan terakhir saya " bukan bahagia yang membuat kita bersyukur, tetapi bersyukurlah yang membuat kita bahagia".janganlah yang kita pelajari membawa kita kepada pengetahuan saja, tetapi biarlah apa yang kita pelajari membawa kita kepada pengetahuan untuk berbuat (melakukan yang kita pelajari). Akhir kata salam KEMENANGAN, Tersenyumlah dan Teruslah Bergerak.