Mohon tunggu...
Nabila Nadyatma
Nabila Nadyatma Mohon Tunggu... Mahasiswa - universitas muhammadiyah malang (UMM)

mahasiswa ilmu komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Book

Penulis Pramoedya Ananta Toer Menginspirasi Anak Muda Lewat Karyanya

19 Juli 2022   20:53 Diperbarui: 19 Juli 2022   21:02 31 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Pramoedya Ananta Toer siapa yang tidak mengenal penulis yang karyanya banyak diminati dari kalangan muda sampai kalangan tua, dari sebuah karyanya yang berjudul "Bumi Manusia", banyak anak muda yang terinspirasi lewat karya tersebut saat mulai di filmkan Bumi Manusia semakin dikenal dikalangan anak muda, karya tersebut mendapat tanggapan baik dari kalangan anak muda.

Sejak difilmkan karya tersebut banyak menyita perhatian kalangan anak muda yang belum tahu bahwa karya tersebut milik Pramoedya Ananta Toer, pada akhirnya para kalangan muda yang awalnya mulai menonton jadi terinspirasi untuk ikut membuat karya yang bisa dikenang oleh bangsa dan juga membuat orang lain terinspirasi oleh karyanya juga.

Karya Bumi Manusia sendiri merupakan cerita roman yang latarnya pada jaman Belanda masih menginvasi Indonesia di karya tersebut di ceritakan bahwa seorang bernama Minke sebagai aktor sekaligus kreator berdarah jawa yang berhasil memimpin bangsa Indonesia untuk memenangkan hak nya terhadap eropa yang mendominasi Negara dan Bangsa, juga menjadi salah satu contoh bahwa orang pribumi juga bisa memiliki pengetahuan yang tinggi dan juga menjadi warga Negara yang bebas tanpa menilai kedudukan satu sama lain.

yang kita perjuangkan Lewat "Bumi Manusia" tersebut kalangan muda mulai menghasilkan karya-karya yang diterbitkan dan juga banyak juga kreator Webtoon yang mengambil latar pada jaman kolonial, karya Pramoedya Ananta Toer tersebut juga sudah diterbitkan di beberapa belahan dunia antara lain

China, Jerman, Malaysia, Belanda, Amerika, Spanyol, dan Jepang.

Karya tersebut juga dinobatkan sebagai sumbangan Indonesia untuk dunia, sebagian kalangan muda mulai mengambil kutipan kutipan milik Pramoedya Ananta Toer sebagai inspirasi mereka dalam membuat karya.

Sebagian kalangan muda juga mulai membuat karya yang bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi para pembacanya dan juga beberapa karya tersebut membuat para sutradara mulai berlomba untuk memfilmkan karya karya dari kalangan muda tersebut.

Walaupun sebagian kalangan muda tersebut tidak tertarik dalam membaca akan tetapi mereka  mulai tertarik setelah menonton film dari karya Pramoedya Ananta Toer tersebut,mereka mulai membaca karya karya yang diciptakan oleh Pramoedya Ananta Toer dan juga mulai membuat mereka terinspirasi dalam membaca dan mendapat ide dalam membuat karya yang akan di terbitkan.

Dalam sebuah kutipan Pramoedya Ananta Toer "Seorang pelajar harus juga berlaku adil sudah sejak dalam pikiran, apalagi dalam perbuatan" kutipan tersebut menarik kalangan muda untuk melakukan perbuatan adil.

Beberapa hal dari Pramoedya Ananta Toer patut dicontoh,antara lain:

  • Berani 

           Yang dimaksud dari berani yaitu berani menyampaikan pendapat dan hal hal positif dalam menjalankan sesuatu.

  • Tidak mengandalkan orang lain 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan