Mohon tunggu...
Dede Rahmaida Nurlaeli
Dede Rahmaida Nurlaeli Mohon Tunggu... Mahasiswa - final year student Social welfare Padjadjaran University

Pejuang Muda Kemensos RI 2021, Rumah Kepemimpinan Regional putri Bogor Bandung Jatinangor

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Kaderisasi Profetik Nabi Muhammad Saw

1 Mei 2022   21:20 Diperbarui: 2 Mei 2022   02:07 176 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

"Spiritual Management from Personal Enlightenment Towards God Corporate Governance"

Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada allah ... (Q.S Ali-Imran, 3)

Terdapat Delapan Prinsip Kaderisasi Nabi Muhammad Saw 

  1. Spiritual Provender, nabi Muhammad saw mengkader para sahabatnya untuk menemukan jalan spiritual, yang mana iman itu harus dicari, dibuktikan dan senantiasa diperbaharui bukan bersifat turun temurun. Iman dibenarkan dalam pikiran lalu diucapkan dan dibuktikan dengan perbuatan. Untuk menemukan jalan spiritual perlu adanya komunikasi keimanan melalui visi yang konkret serta aksi nyata untuk mewujudkannya.
  2. Faktor referensi, hal yang menentukan seberapa besar atau kecilnya kaderisasi adalah faktor referensi, yakni faktor yang membingkai nilai-nilai karakter individu/kolektif. Referensi tidak saja mengandung kebenaran tetapi juga wibawa dan kekuatan pembangkit yang dasyat. Cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan faktor referensi melalui membaca hadist, al-quran dsb.
  3. Menyampaikan visi dengan pesan dan sikap yang positif
  4. Dakwah terang-terangan, melalui dakwah kita dapat memperluas zona nyaman dan aman dengan bangkit dari hal-hal yang tidak produktif. Bangkit dari tempat tidur lalu mengambil tindakan setiap harinya.
  5. Membuka Hati dalam mengkader, dalam mendidik seseorang harus memastikan bahwa terdapat generasi penurus, sehingga perlu memahami bagaimana caranya untuk menyentuh hati adik-adik binaan mellaui akhlak, lemah lembut, kemampuan memaafkan orang lain serta meminta ampun sama allah swt
  6. Memahami dan menguasai cara menyampaikan pesan, dalam mengkader perlu memiliki komunikasi yang intens
  7. Meningkatkan kesehatan spiritual, caranya melalui pelatihan spiritual seperti Qiyamul lain, shalat Duha, membaca Al-Quran sebelum subuh, senantiasa membasahi mulut dengan bertasbih. Jika dibantu dengan form ceklis harian, kesehatan spiritual anda akan semakin meningkat
  8. Mahabbah, bagaimana cara menyatakan cinta pada saudara kita, seperti halnya rasulullah saw mempersatukan kaum anshar dan muhajirin yang kondisinya dalam kesusahan.

Semoga Bermanfaat 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan