Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai beberapa macam indikasi tentang trust atau kepercayaan, hendaknya kita lebih dulu mengetahui apa pentingnya trust dalam proses jual beli barang online.Â
Di jaman modern saat ini, online shopping menjadi salah satu platform yang sangat diminati oleh banyak orang dibeberapa kalangan. Dalam berbelanja menggunakan aplikasi online, kita tentu tidak dapat melihat secara langsung barang yang ingin kita beli. Disitulah terjadi proses kepercayaan antara strangers dalam hal ini si penjual dan si pembeli. Pihak penjual memastikan bahwa mereka memberikan layanan yang berkualitas dan terpercaya sehingga hasilnya semua pihak akan puas.
Indikasi pertama dalam trust adalah reputation atau reputasi. Jika kita ingin membeli barang secara online, biasanya kita melihat dulu dari reputasi si penjual juga rating dan reviews dari pembeli-pembeli sebelumnya. Dari situ maka akan timbul rasa percaya terhadap penjual dan barang ditawarkan dapat dipastikan berkualitas bagus dan original.Â
Yang ke dua adalah transparency atau sikap transparan dalam proses transaksi dan pengiriman barang kepada pembeli. Ketika kita membeli suatu barang online, kita dapat langsung melakukan pembayaran dengan m-banking ataupun credit/debit dan kita akan langsung mendapatkan notifikasi bahwa produk tersebut sudah kita bayar. Lalu setelah itu, kita dapat melacak track barang tersebut sebelum sampai ke alamat tujuan. Transparency juga membuat para pembeli menjadi tenang dan tidak berasumsi kapan barangnya akan datang karena sudah ada estimasi waktu didalamnya.
Yang ke tiga adalah relationship marketing dengan cara menawarkan discount di moment-moment tertentu sehingga pembeli merasa senang dan ingin membeli barang ditempat tersebut kareng harganya menjadi lebih murah dari harga normal. Tidak hanya itu, biasanya kita sebagai pembeli diberikan kode promo yang dapat digunakan jika kita membeli barang di platform tersebut dengan minimum belanja sekian ribu rupiah, kita bisa dapat potongan harga antara 15-20% .Â
Selain itu kita juga dapat gratis ongkos kirim jika kita membeli barang dengan jumlah harga discount yang ditawarkan penjual. Disini kita dapat melihat bahwa dengan adanya potongan harga atau gratis ongkos kirim membuat kita sebagai pembeli percaya dan memiliki keinginan untuk membeli barang di platform tersebut.
Yang terakhir adalah security atau rasa aman bagi pembeli dalam membeli barang online di suatu online platform. Kita tidak perlu khawatir bahwa barang tersebut tidak sampai ke tempat tujuan. Jika ada kesalahan teknis yang mengharuskan barang itu batal dikirim, pihak online shopping dengan secara otomatis akan memproses pembatalan pembelian barang dan uang kita akan dikembalikan.
Ditulis oleh:
Ervyna Rizki Febrianny & Mustika Sufiati PurwanegaraÂ
Master of Science in Management
SBM ITBÂ