Mohon tunggu...
KANG el
KANG el Mohon Tunggu... Karena Hidup Perlu Banyak Karya

Content Writer

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Segores Pesan Ibu

22 April 2021   04:24 Diperbarui: 22 April 2021   04:42 94 1 0 Mohon Tunggu...

Bismillahirrahmanirrahim.....

 

Assalamualaikum sobat KANG el dimanapun kalian berada, sobat semua pasti punya ibu kan? kenalkah dengan ibu kalian? Sedekat apakah sobat dengan ibu kalian?apakah sobat selalu menyapanya di kala masih hidup?atau mendoa'kanya ketika sudah di alam sana?. Nah pada kesempatan kali ini ane bakal bagi pengalaman terkait dengan ibu. Kebetulan ane manggil sesosok ibu dengan panggilan"umi" koq bisa? Karena umi ane yang minta hehe. Bicara tentang ibu kita harus tau dulu apa arti ibu, kalau menurut ane ibu itu artinya I= ikatan B= Batin U= Untuk Anakku setuju? Nah karena ane manggilnya umi pastinya ada maknanya dong U= Untuk M= mengingatkan I= Imanmu anakku.

Kisah ini bermula ketika ane berumur 6 tahun pokoknya kelas satu sd , ketika itu ane shalat cuman 4 waktu shubuh,karena dibangunin melulu, dzuhur karena di suruh guru TK dulu, ashar karena syarat supaya bisa main dan maghrib karena jamaah di masjid supaya bisa main tapi kalau isya kelupaan dan terkadang ketiduran. Sering umi ane berpesan "a jangan tinggalin shalat nanti gak selamat" sekilas perkataanya biasa, karena mungkin umur ane yang gak seberapa tapi ini bukti kasih saying yang tak mungkin terbantahkan waktu karena nantinya ini menjadi sebuah acuan dalam perjuangan dalam mengarungi samudera kehidupan.

Suatu ketika pas ane main polisi-maling(anak 90-an pasti tau ini permainan) adzan isya berkumandang, tapi permainan terus dilanjutkan dan kami pun melalaikan panggilan tuhan kebetulan ketika itu ane lagi jadi maling yang tugasnya sembunyi dan di kejar para polisi dan gak tau kenapa tiba-tiba ane nyasar mungkin karena sembunyi nya sendiri kali yah tadinya lewat kandang kambing dan kandang sapi tapi gak tau kenapa malah kemana-mana dan akhirnya nyasar di kebun. 

Dan pada saat itu masih jam 19.00WIB kalau gak salah, nah pada kondisi itu ane jalan terus nyari jalan sampe ketemu temen ane yang ternyata juga nyasar. 

Nah kalau gak salah itu udah jam 20.00 dan itu gelap banget, bayangkan sama kalian sobat di kebun gak ada penerangan sama sekali. dan 4 hari sebelumnya temen ane juga ada yang main polisi-maling cerita sedikit berbeda, kalau dia udah nyasar terus hilang selama tiga hari dan ketemu di pohon katanya sih diculik Kolongwewe(hantu penculik anak di tanah sunda), hal ini menambah kengerian yang ada kahwatir tiba-tiba kolongwewe mucul di depan mata. Tapi alhamdullillah setelah banting setir nyari jalan pulang tepat pada jam 22.30 nyampe rumah, kemudian ane langsung tidur biar enggak dimarahin ama umi.

Keesokan harinya, sehabis shubuh si umi tiba-tiba nanyain "kenapa aa semalam gak shalat isya?" sobat pasti heran kenapa si umi bisa tau?ane pun juga gak tau,dan disitu umi ane bilang lagi "a jangan pernah tinggalin shalat,nanti gak selamat" dengan bayangan penuh ketakutan karena kegelepan semalam karena takut diculik penghuni malam akhirnya ane mengangguk dalam diam. Dan akhirnya pesan yang diakibatkan kelalaian tersebut di selalu diamalkan hehe.

Ada satu pesan lagi yang luar biasa dari seorang umi, ketika itu ane lagi telpon si umi dan percakapanya tentang uang jajan dan SPP kuliah ane. Ane bilang gini ke umi"maaf mi, aa masih ngerepotin umi in sya allah nanti aa cari beasiswa" terus si umi bilang "udah gapapa, gak perlu juga nyari beasiswa karena kebanggaan orang tua adalah dapat membiayai anaknya hingga pendidikan setinggi-tingginya dengan uang hasil jerih payahnya". Nah gimana sob? Mengena gak pesan Umi ane?ini ceritaku mana ceritamu sob? Semoga ane bisa terus mengamalkan dan kalian sobat semua amalkan pesan umi kalian. Karena ingat seorang umi adalah pengingat iman. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih jazakumullah khairan katsiran wassalamualaikum.

Keyword:Jasmine Elektrik,Kasih Ibu tak terbantahkan waktu,Hari Ibu

Alhamdullillahhirabil a'alamin...

Kontrakan Dolan,

 

31 Januari 2019 Yogyakarta

 

#JasmineElektrikCeritaIbu

#MimpiIbu

VIDEO PILIHAN