Peranan Pasar dalam Kegiatan Ekonomi

02 Agustus 2013 05:23:40 Dibaca :

Kegiatan pasar merupakan salah satu jalur perantar a dalam p-enyampaian barang dan jasa kepada konsumen atau dengan kata lain , pasar merupakan wadah untuk segala aktivitas ekonomi masyarakat. Pasar akan berjalan dengan baik apabila distribusi barang dan jasa berjalan dengan baik pula, keterlambatan distribus iakan berakibat terhadap tersendatnya penyediaan barang dan jasa di pasar, yang kemudian dapat mengakibatkan terhambatnya kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya.
Dalam usaha produksi , kedudukan produsen dan konsumen sama pentingnya, satu fihak menghasilkan        sedangkan fihak lain membutuhkannya. Untuk menyampaikan barang dan jasa kepada konsumen banyak cara yang dilakukan , salah satunya adalah melalui pasar. Masarakat datang ke Pasar membeli berbagai macam kebutuhan , terjadi transaksi , dan mengakibatkan perputaran uang . Oleh k=arena itu , pasar menjadi penggerak ekonomi rakyat. Pasar juga memiliki perananlain sebaagai berikut :
1. Peranan Pasar untuk produsen.
Peran penting pasar baagi produsen antara lain
a. Sebagai tempat untuk mempeerkenalkan barang / promosi
b. Sebagai tempat untuk menjual hasil produksi.
c. Sebagai tempat untuk memperoleh bahan produksi / faktor produksi
2. Peranan pasar Untuk konsumen.
Bagi konsumen , pasar berperan penting karena memudahkan mereka untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan .
Semakin banyak jenis barang yang tersedia di pasar maka akan semakin banyak konsumen yang datang , karena konsumen akan semakin mudahmencari barang-barang yang dibutuhkan .
3. Peranan pasar untuk sumber daya Manusia.
Keberadaan pasar dapat membuka peluang untk masyarakat dealam memperoleh pekerjaan dan berwiraswasta . Pasar yang ramai dikunjungi konsumen akan dapat berkembang dan mampu menyerap tenaga kerja
Dalam jumlah besar sehingga mampu mmbantu dalam menekan angka pengngguran.
4. Peranan Pasar untuk Pembangunan.
Pasar yang berkembang akan membawa dampak Positif bagi kehidupan masyarakat. Masyarakat akan semakin sejahtera . Kebutuhan akan pembangunan juga diperoleh di psar . Selain itu Negara memperoleh pmaukan dari aktifitas pasar melalui pajak dan retribusi . Penerim aan tersebut dapt digunkan sebagai salah satu sumber pembangunandaerah maupun Nasional.
Catatan : bahan ajar pembelajaran IPS , perspektif global

yusuf basir

/yusufbasir

Hidup Bahagia Dunia akhirat
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?