Jangan Buang Sampah Sembarangan

03 Desember 2015 07:10:32 Dibaca : Komentar : Nilai :

'Jangan Buang Sampah Sembarangan'

Dimana terakhir anda melihat slogan seperti ini? Atau slogan sejenis? Hampir dimana-mana. Tapi apa ya daerah disekitar slogan itu diletakkan bersih dari sampah?

Belum tentu.

Saya mencoba mengamati, kenapa walau sudah dipasang larangan membuang sampah tetapi tetap saja ada banyak sampah berserakan. Dan sebelum saya melanjutkan, pengamatan saya sangat tebatas di kota tempat saya tinggal dan yang sering saya singgahi, Tangerang Selatan dan Jakarta.

Beberapa orang yang menerima teguran saya saat mereka membuang sampah tidak pada tempatnya berkilah, 'Ini rejeki pemulung.' beberapa yang lainnya berkata, 'tempat sampah jauh, harusnya pemerintah menempatkan lebih banyak tempat sampah.'

Rasanya pengen jitak kepala mereka-mereka ini. 

Kenapa menyalahkan orang pain, pihak lain atas tindakan mereka sendiri? Kalau kemudian lingkungan kotor, menyalahkan petugas kebersihan yang tidak sigap membersihkan sampah mereka? Kalau kemudian banjir datang, menyalahkan pemerintah yang tidak membersihkan saluran air yang penuh oleh sampah mereka sendiri?

 

Ayo bertanggung jawab atas sampah sendiri. Bayangkan, jika setiap orang berusaha menahan diri atas membuang sampah sembarangan, maka kita juga yang akan mendapatkan efek bersihnya. 

Agar pemerintah bisa segera memikirkan hal-hal besar seperti menyediakan sarana kesehatan layak, kita bantu mereka dengan hal-hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan. 

Yuna Kadarisman

/yunakadarisman14

....is still working to be a teacher
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Featured Article