Basmi Tikus dengan Umpan yang Murah tapi Ampuh

17 Februari 2011 08:47:37 Dibaca :

Memasang jebakan untuk tikus umumnya hanya berhasil satu kali. Jika diulang para tikus seakan dapat mencium aroma jebakan untuk dirinya dan tidak akan masuk perangkap yang pernah berhasil menangkap tikus ketika dipasang kembali. Entahlah apakah mereka para tikus ini dapat mengirim pesan kepada tikus yang lain ketika berada dalam perangkap dan tidak bisa keluar dari pintu jebakan atau karena bau tikus yang menempel pada perangkap tersebut. Kalau mau berhasil perangkap yang sudah pernah kemasukan tikus harus dibuang dan beli perangkap baru lagi. Hal ini tentu perlu banyak biaya karena satu perangkap hanya untuk satu tikus. Ini pengalaman yang saya alami mungkin ada pembaca yang punya pengalaman lain bisa jadi tidak sama dengan apa yang baru saya utarakan.

Nah karena mahal jika memakai perangkap besi yg banyak dijual di toko-toko bangunan tersebut maka saya harus cari cara lain. Pernah saya baca di kompasiana ini yang menggunakan cara dengan memberi umpan botol susu anaknya guna menangkap tikus dan ternyata cukup efektif. Namun penggunaan botol susu inipun memerlukan biaya yang agak mahal dibanding dengan umpan lain yang saya gunakan disini.

Umpan ini saya dapatkan dengan kejadian yang tidak sengaja. Pada suatu malam kami meninggalkan sisa roti tawar di meja makan dan pada pagi hari roti tawar tersebut habis dimakan tikus. Dari sini saya akhirnya menggunakan umpan roti tawar dan ditaburi dengan racun tikus yang berupa butiran merah muda yang banyak dijual di minimarket. Pilih racun tikus yang membuat tikus kehausan dan akan mencari air setelah memakan umpan. Biasanya tikus akan mencari saluran got dan tidak akan membusuk didalam rumah. Namun ada caranya ketika menaburi roti tawar dg racun tikus tersebut. Tangan kita tidak boleh langsung menyentuh roti atau racun tikus, gunakan plastik untuk membungkus tangan. Roti disuwir kecil-kecil, taruh di atas alas koran kemudian taburi dg butiran-butiran racun tikus tadi. Pada malam hari tempatkan umpan tersebut disekitar dapur atau tempat yang sering dilewati oleh tikus. Pagi hari periksa umpan tersebut dan akan mendapatkan umpan habis dimakan oleh tikus. Sebaiknya setelah diperiksa segera buang ke tempat sampah alas koran yang digunakan sebagai tempat umpan untuk menghindari terjamah oleh anak-anak. Cara ini terbukti ampuh dan dapat diulang pada malam-malam berikutnya, setiap kali umpan yang diberikan selalu dilalap habis oleh tikus. Nah mungkin umpan roti ini bisa membantu para pembaca yang mengalami hal yang sama yakni dipusingkan oleh tikus-tikus disekitar rumah kita. Mudah-mudahan bermanfaat.

Made Yuda -

/yudamade

Tidak baik menyangka semua orang jahat tapi juga keliru menganggap semua orang baik.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?