HEADLINE

Jika Vario 125cc Bisa Berprestasi Internasional, Tak Perlu Meragukan Generasi Terbarunya (Vario 150 eSP)

27 April 2016 12:19:31 Diperbarui: 30 April 2016 03:31:14 Dibaca : 693 Komentar : 2 Nilai : 4 Durasi Baca :
Jika Vario 125cc Bisa Berprestasi Internasional, Tak Perlu Meragukan Generasi Terbarunya (Vario 150 eSP)
Mesin Vario 125 cc Digunakan Untuk Mesin Mobil Hybrid UNY (Sumber Gambar: ft.uny.ac.id dan Dokumentasi GURT)


Tahun 2014, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), untuk kedua kalinya mengirim sebagian mahasiswa terbaiknya yang tergabung dalam Garuda UNY Racing Team (GURT) Ke Korea Selatan. Mereka ke Korea untuk mengikuti ajang International Student Green Car Competition (ISGCC). Tim tersebut sekaligus mewakili Indonesia dalam kompetisi mobil balap ramah lingkungan yang populer di Korea Selatan, satu-satunya wakil dari Indonesia.

Keberanian melangkah ke Korea Selatan bukan sekedar “iseng” atau meramaikan saja. Tim GURT melangkah optimis ke Korea setelah 4 tahun berturut-turut menjuarai Kontes Mobil Listrik Indonesia (KMLI), dari tahun 2009 hingga 2012. Tahun 2013, GURT juga telah mengikuti ajang ISGCC di Korea, namun “hanya” meraih predikat The Best Creative Technology. Dengan bekal itu, Mereka yakin bisa meraih prestasi yang lebih besar di luar negeri.

Tentunya GURT berangkat ke Korea bukan dengan tangan kosong, Mereka membawa 2 mobil balap ramah lingkungan, yang telah lama dikembangkan di UNY. Memang bukan mobil buatan sendiri, tetapi hasil perakitan yang menggabungkan bebagai komponen. Kecuali rangka dan body dan sistem kontrol elektronik, yang merupakan hasil karya pikiran dan tangan kreatif Mereka. Kedua mobil balap itu adalah mobil Listrik  yang bernama EVO (Electric Vehicle Odyssey) dan Mobil Hybrid (Kombinasi motor bakar dan motor listrik) dengan nama HVO (Hybrid Vehicle Odyssey).

Mobil Hybrid HVO Bermesin Vario 125 cc

Mobil Hybrid hasil rancangan dan pengembangan mahasiswa UNY menggunakan 2 jenis motor penggerak, yaitu motor bakar dari mesin Vario 125cc dan sepasang motor listrik (2 x 4000Watt).  Tim mobil UNY memilih Honda vario 125 ISS bukan tanpa alasan. Mereka memilihnya karena Honda telah menerapkan teknologi engine fuel injection, ACG starter, water coolant, perhitungan offset engine, long stroke engine yang memiliki karakter mesin yang baik untuk RPM tinggi dan tenaga maksimal serta menguntungkan untuk dikembangkan (sumber).


mesin-vario-hybrid-5720a7710d977319099f6cb1.jpg
Mesin Vario 125 CC Untuk Mobil Hybrid UNY (Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi dan GURT)

Fuel Injection Honda memang terkenal hemat bahan bakar, menghasilkan pembakaran yang baik dan  outputtenaga maksimal. Hal itu sangat relevan dengan konsep “Green” di International Student Green Car Competition (ISGCC). Dengan teknologi canggih tersebut, Tim optimis mampu memberi “kejutan” pada ajang ISGCC Korea Selatan 2014.

Lagu Indonesia Raya Berkumandang dan Bendera Merah Putih Berkibar di ISGCC Korea Selatan

Tahun 2014, ISGCC Korea berlangsung tanggal 23 – 24 Mei. Perwakilan dari Indonesia, Garuda UNY Racing Team (GURT), benar-benar berhasil memberi kejutan. Di kelas mobil Hybrid, HVO berhasil meraih Juara Pertama Akselerasi dari 15 peserta yang berasal dari berbagai negara. Sedangkan EVO, berhasil meraih Juara Ketiga di kelas mobil listrik, dari 45 peserta yang juga dari berbagai negara benua Asia. Selain itu, GURT juga meraih juara pertama untuk kategori Endurance (ketahanan).


juara-1-akselerasi-2014-5720a7d18d7e61c015f7f35a.jpg
Mobil Hybrid UNY Juara 1 Akselerasi ISGCC 2014 Korea Selatan (Sumber Gambar: Dok. GURT)

Dengan raihan prestasi tersebut, Lagu Indonesia Raya berkumandang dan Bendara Merah Putih berkibar di podium ISGCC Korea Selatan. Sungguh prestasi yang membanggakan, mengharumkan nama Bangsa.


Tambahan Kekuatan Dari Astra Honda Motor: Honda Vario CBS ISS 125cc

Tim mobil UNY (GURT) mensyukuri prestasi yang diraih tahun 2014, namun Mereka belum puas dengan prestasi itu. Mereka pun mengagendakan untuk mengikuti ISGCC 2015. Ditengah pengembangan mobil Hybrid tahun lalu, Tim mendapat tambahan kekuatan berupa sepeda motor baru Vario CBS ISS 125cc dari Astra Honda Motor (AHM). Sepeda motor yang dapat menyempurnakan mesin mobil Hybrid UNY, HVO.

Dalam salah satu situs resminya, www.welovehonda.com, optimis dengan GURT akan memberikan kebanggan untuk Indonesia. “GURT merupakan satu-satunya peserta perwakilan Indonesia. Potensi generasi muda perlu terus didukung hingga kelak nanti dapat memberikan kebanggaan untuk bangsa. Dengan semangat Satu Hati, kami ingin dapat menemani mereka mengembangkan talenta di bidang otomotif hingga ke level internasional” ujar perwakilan AHM (sumber)


vario-dan-hyvo-copy-5720a93f999373ca09cc6bd0.jpg
Vari CBS ISS Hibah dari Astra Honda Motor (Sumber Gambar: ft.uny.ac.id dan Dok. Pribadi)


Honda Vario 125 yang sudah mengaplikasikan bagian “Teknologi Pintar” Honda, yang kemudian disebut teknologi enhance Smart Power (eSP). Teknologi tersebut mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar, memaksimalkan proses pembakaran dan menghasilkan tenaga yang maksimal. Konsep teknologi yang dapat menyempurnakan rancangan mobil Hybrid UNY, guna meraih gelar juara tertinggi di ISGCC 2015.

Harapan, usaha dan doa tim mobil UNY (GURT) berbuah manis. Dalam kompetisi yang digelar pada tanggal 29 – 30 Mei 2015 di Korea Selatan itu, tim mobil UNY (GURT) meraih predikat Best of The Best, prestasi tertinggi ISGCC. Mereka mengalahkan 15 tim mobil Hybrid dari berbagai negara.


juara-isgcc-2015-5720aa2f0d9773d2079f6cf1.jpg
Juara Umum, Best of The Best ISGCC 2015 Korea Selatan (Sumber Gambar: Dok. GURT)



Kunci Kesuksesan Mobil Hybrid di Korea Selatan

Berbicara kunci kesuksesan, memang tidak bisa disimpulkan secara parsial. Artinya, berbagai aspek, baik teknik maupun non-teknis, berperan dalam kesuksesan tim mobil UNY. Dalam beberapa kesempatan berbincang dengan dosen pembimbing dan mahasiswa ti mobil UNY, ada satu hal yang menarik yang bisa dihubungkan dengan salah satu kunci kesuksesan Mereka. Dari hasil perbincangan tersebut, diketahui bahwa sebenarnya teknologi mobil Hybrid milik peserta lain sudah sangat canggih. Bahkan Mereka didukung oleh pabrikan otomotif Korea Selatan, yang jelas teknologinya sudah baik. Namun, salah satu kelemahan tim lain adalah kesulitan mengendalikan kendaraan.

Mobil Hybrid UNY memiliki keunggulan lebih mudah dikendalikan (Easy to Drive). Beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah rancangan sistem kemudi dan suspensi yang baik. Namun, untuk kompetisi yang mengutamakan akselerasi, manuver dan ketahanan, tentu penggunaan mesin berpengaruh besar dalam pengendalian kendaraan. Mesin sepeda motor Vario yang mudah dikembangakan dan mudah dikendalikan nampaknya memberikan efek Easy to Drive pada mobil Hybrid UNY. Kemudahan dan kenyamanan berkendara dari generasi Honda Vario sepertinya turut memberikan kemudahan dalam pengendalian mobil Hybrid UNY.

Generasi Terbaru Vario:  Vario 150 eSP, Tangguh dan Responsif

Mesin vario 125 cc terbukti tangguh, karena mampu menjuarai uji maneuverability race, accelerationdan dan Endurance Performance test di ajang ISGCC  Korea Selatan. Oleh sebab itu, untuk ISGCC 2016 yang akan berlangsung bulan Mei mendatang, tim mobil UNY tetap mempertahankan mesin Honda Vario. Ketangguhan mesin dan sistem injeksi Honda, sudah terbukti di kompetisi balap internasional.

Ternyata mesin itu “belum cukup” tangguh bagi Honda. Buktinya, Honda masih terus mengembangkan mesin Vario, dengan konsep Smart Technology atau lebih dikenal dengan enhanced Smart Technology (eSP). Selain itu, Honda juga menambah volume mesin Vario menjadi 150 cc, menjadikannya sebagai sepeda motor Matic yang lebih tangguh.

Untuk urusan tenaga dan akselerasi Vario 150 cc, tak perlu didiragukan lagi. “Saudara” yang hanya 125 cc saja sudah teruji dan terbukti tangguh mengatasi uji ketahanan dan akselerasi di ISGCC Korea Selatan, apalagi yang bermesin 150 cc, tentu lebih tangguh. Ketahanan (Endurance) Vario 150 yang didukung oleh teknologi enhanced Smart Technology (eSP), membuat Vario tetap tangguh meski digunakan dalam durasi lama. Mesin Vario 150 eSP dirancang dengan sempurna oleh para insinyur Honda. Mulai dari awal masuknya bahan bakar hingga tenaga yang dihasilkan, diperhitungkan dengan baik oleh Honda.

Berawal dari Injektor, yang mampu menyuplai bahan bakar dengan dalam bentuk yang sangat halus. Diteruskan pada saluran masuk kabut bahan bakar yang tanpa sudut, menjadikan alirannya lancar tanpa hambatan (Compact Combustion Chamber).Kemudian, campuran bahan bakar dan udara tersebar merata di ruang bakar mesin (Tumble). Sehingga, proses pembakaran akan lebih baik.

Saat proses pembakaran di mesin, dinding silinder mendapat kompresi dan suhu tinggi. Hal itu dapat menimbulkan getaran dan bahkan mengubah bentuk silinder (mengurangi kebulatan bentuk silinder). Dengan penerapan bentuk permukaan luar Silinder yang berduri (Spiny), dapat menyerap getaran akibat pembakaran di ruang mesin dan menjaga bentuk silinder tetap bulat meskipun terus mendapat tekanan dan suhu tinggi.


spiny-sleev-vario-world-honda-com-5720ab11f67a610e0a3daaf6.jpg
Spiny Sleeve Honda (Sumber Gambar: world.honda.com)

Selain itu, aplikasi Offset Cylinder pada Vario 150 yang memposisikan Piston tegak lurus saat langkah Kompresi, mampu mengurangi gaya gesekan antara Piston dan Silinder mesin. Piston Vario 150 juga memiliki bobot yang ringan, dikenal dengan istilah Light-Weight Piston. Sehingga kerja naik-turun piston menjadi lebih ringan dan putaran mesin dapat dimaksimalkan, yang kemudian menghasilkan tenaga besar. Komposisi berbagai teknologi tersebut digabungkan dalam Vario 150 eSP, menjadikannya layak menyandang predikat Matic Tangguh.

Begitupun dengan akselerasi mesin Vario 150, yang sangat responsif sebagai “imbas” dari berbagai teknologi di atas. Akselerasi, yang merupakan kebutuhan semua pengendara, dengan tingkat akselerasi yang tentunya sesuai dengan keinginan dan karakter berkendara masing-masing. Saya sering menjajal akselerasi Vario 150 eSP di jalan raya yang sedang sepi kendaraan. Dari kecepetan 20 Km/jam, Vario 150 saya pacu dengan putaran Throttle pelan bertahap, tampak jarum Speedometer dengan cepat meningkat ke 40 – 50 – 60 hingga 90 Km/jam. Jadi, sampai di sini, dapat disimpulkan bahwa akselerasi atau percepatan Vario 150 terbukti responsif. Vario 150 memberikan kesempurnaan akselerasi berkendara.

Transmisi Agresif Vario 150

Transmisi otomatis dengan CVT yang banyak digunakan sepeda motor matic memiliki kelemahan utama yaitu pemindah daya yang kurang agresif. Transmisi CVT merupakan transmisi tak langsung, berbeda dengan transmisi manual yang terjadi perpindahan daya langsung antar-roda gigi. Tak salah jika banyak pengendara sepeda motor matic yang mengeluhkan tarikan motornya lambat. Kabar baik untuk pemilik atau calon pemilik sepeda motor Honda berlabel eSP, yaitu Honda telah mengembangkan sistem transmisi CVT yang lebih kuat, agresif dan efisien. Berkat teknologi V-Matic eSP dan Transmission eSP.

Teknologi V-Matic eSP menggunakan V-Belt yang memiliki elastisitas  dan daya tahan tinggi. Elastisitas yang mampu memfasilitasi perubahan kecepatan yang agresif dari putaran rendah ke putaran tinggi, dan sebaliknya. Selain itu, bahan High-Rigidity aluminum pada Pulley depan mampu mengurangi slip dan meningkatkan cengkraman dengan V-Belt. Sehingga, perpindahan daya dapat dimaksimalkan.

V-Matic eSP juga didukung oleh Transmission eSP, yang kerjanya bersentuhan langsung dengan as roda belakang. Dengan bantalan 3 sumbu yang terukur mampu mengurangi efek agitasi pelumas sebesar 20%. Selain itu, volume minyak pelumas roda gigi transmisi juga berkurang 25%. Dengan demikian, lost power pada sistem transmisi dapat diminimalisir dan dioptimalkan ke roda. Teknologi ini bukan hanya berdampak pada efisiensi tetapi juga optimalisasi putaran roda belakang sepeda motor. Dengan teknologi-teknologi tersebut, kecepatan dan percepatan Vario 150 terasa sangat agresif namun tetap halus. Dengan begitu, berkendara dengan kecepatan rendah maupun tinggi, menjadi lebih nyaman.

Fitur Menarik Vario 150 eSP

Bukan Honda jika tak mampu memberi fitur tambahan yang menarik dan bermanfaat untuk pengendara. Mulai dari fitur Alternating Current Generator (ACG) Starter, motor Starter halus tanpa suara. Yang kemudian fitur tersebut diintegrasikan dengan Idling Stop System (ISS), teknologi yang mengajarkan sekaligus memberikan pengalaman efisiensi bahan bakar dan ramah lingkungan.

Sistem rem, sebagai salah satu sistem yang paling sering digunakan pengendara pun tak luput dari perhatian Honda. Dengan teknologi Combi Brake System (CBS), memberi pengalaman seperti rem mobil, pengereman semua roda dengan distribusi gaya rem yang merata. Efek pengereman menjadi halus dan akurat, tak perlu meragukan keamanan CBS. Urusan rem, Vario juga dilengkapi Brake Lock, yang sangat membantu pengendara saat berhenti di jalan yang tidak rata (seperti tanjakan/turunan). Tak perlu terus menahan rem, tinggal menarik tuas Brake Lock.


cbs-bl-5720ab8e129373ef0adb111f.jpg
CBS dan Brake Lock (Sumber Gambar: welovehonda.com dan Dok. Pribadi)


Regulasi Light-On saat siang hari kerap dikeluhkan pengendara sebagai program boros lampu. Pengguna Vario 150 dan varian lain Honda, tak perlu khawatir sering ganti lampu. Sistem penerangan Headlamp Vario 150 menggunakan LED, yang hemat daya tetapi hasilnya lebih terang. Tentunya juga awet, jadi lebih efisien. Berkilau saat siang dan terang benderang saat malam. Saya mecoba kemampuan LED Headlamp tesebut pada yang gelap tanpa pencahayaan. Hasilnya memuaskan, memberi jarak pandang yang lebih dari cukup. Berkendara di malam hari pun tetap nyaman, bahkan di jalan yang minim penerangan.


hl-jpg-5720abd9a623bd02145a1269.jpg
Lampu Utama Vario 150 eSP Di Tempat Yang Minim Cahaya (SUmber Gambar: Dok. Pribadi)


Fitur menarik lainnya adalah Answer Back System, yang bisa digunakan untuk “memanggil” Vario 150 eSP di parkiran. Jika Vario 150 eSP yang kita parkirkan ternyata dipindah juru parkir, tak perlu repot mencari juru parkirnya, tinggal pencet tombol Answer Back System pada kunci kontak. Maka sepeda motor akan memberi sinyal berupa suara dan kedipan lampu sein. Atau jika ada teman yang ingin meminjam Vario Kita dan Ia tidak tau di mana posisi pasti sepeda motor, tinggal pencet saja tombol di kunci kontak.


answer-bs-5720ac9b24afbd490886bc78.jpg
Salah Satu Manfaat Answer Back System 


Kesimpulannya, Vario 150 eSP memberikan pengalaman berkendara dengan sepeda motor yang bertenaga, akselerasi responsif dan agresif. Hal itu tak perlu diragukan lagi, “saudaranya” yang hanya berkapasitas mesin 125 cc saja bisa menjadi Juara Internasional (ISGCC Korea Selatan), apalagi yang kapasitasnya 150 cc. Meski demikian, konsumsi bahan bakarnya tetap irit. Begitu juga dengan emisi gas buang, yang ramah lingkungan. Vario 150 juga memiliki fitur yang turut menjaga keamanan dan keselamatan berkendara. Tak perlu ragu untuk berkata: Vario 150 Sempurna.

 


Yosep Efendi

/yosepefendi

TERVERIFIKASI

Selalu berusaha menjadi murid yang "baik" [@yosepefendi1] [www.otonews.id]
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana