Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis - Ex Banker

Blogger, Lifestyle Blogger https://www.inatanaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Strategi Hadapi Serbuan Diskon

24 Juli 2017   16:13 Diperbarui: 24 Juli 2017   16:16 583
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menggiurkan saat buka SMS, ada berita "Diskon 100 ribu" untuk mendapatkan potongan pembelian 200 ribu . Untuk S& K dapat di check berlaku (dikaitkan dengan suatu link).

Menggembirakan saat mendapat hadiah Voucher Belanja Gratis, masukkan kode berikut XXX   Potongan Rp.100,000 , pembayaran Minimum Rp.300,000

Belum lagi iklan-iklan di harian cetak selalu menuliskan dengan kata-kata dan gambar yang ditulis dengan sangat besar "Diskon 50% " di tambah 50% untuk

Apakah para produsen sekarang ini sudah sangat mengerti dan memahami psikilogi penjualan untuk menarik pembeli dengan sejumlah tawaran diskon yang kelihatan besar? Tampaknya  produsen dan penjual memang berkompetisi dalam dunia usaha dengan strategi yang mereka sebut dengan Strategi Harga dalam Pemasaran.

Berbicara sebagai produsen, yang pastinya mereka punya trik dan strategi dalam memberikan diskon. Pastinya mereka sudah perhitungkan berapa biaya pokok pembuatan barang.  Dalam memperkenalkan barang baru, mereka ingin memiliki dan menambah konsumen baru, atau ingin agar volume penjualan meningkat, ada juga agar konsumen lama tetap loyal kepada produknya.  Jurus jitu dipikirkan matang-matang oleh produsen demi tercapai goal pemasaran yang mereka buat.

Nach, sekarang bagaimana dengan konsumen yang dapat disebu berbagai tawaran diskon . Produknya sangat variatif mulai dari makanan kecil , jasa untuk mendapatkan pelayanan klinik, supermarket dengan barang-barang yang diskon pada akhir minggu sampai pembelian mobil atau rumah.

Iming-iming diskon bukan sekedar diskon langsung dari harga barangnya, banyak yang terkecoh saat membeli barangnya kok tidak langsung dapat diskon.

Ternyata setelah dibaca dengan cermat, diskon yang diberikan itu penuh dengan persyaratan yang harus dibaca dengan teliti sekali . Biasanya saking gembiranya pembeli dapat voucher diskon tidak baca dengan teliti, akibatnya setelah barang dibeli, kecewa setengah mati karena diskon hanya berlaku dengan ketentuan yang cukup ketat.

Sebagai konsumen, saya pun  nyaris terkecoh tapi belum sempat untuk tertipu dengan rayuan dikson yang sangat menggiurkan hati.

Dikatakan bahwa saya akan mendapat diskon 200 ribu dari sebuah supermarket dengan S&K (Syarat dan ketentuan yang berlaku).

Begitu di klik syarat dan ketentuan dan dibaca dengan sangat seksama,  ternyata  banyak sekali peraturannya, berlaku dari tanggal 20-23 (biasanya sangat terbatas dan cepat waktunya supaya pembeli segera datang ke toko), tidak berlaku untuk pembelian  produk susu, alkohol (nach yang masih punya anak bayi, tentunya rugi dong karena tujuan utama ke supermarket untuk beli susu),  pembelanjaan minimal harus Rp.1,500,00  (ini yang sangat berat dan tidak mungkin karena budget belanja mingguan tidak sampai sekian besar, tapi kalau tergiur dengan diskon, maka kita sendiri yang harus memperhitungkan apakah diskon yang besar itu sudah dapat dikompensasi dengan belanjaan yang dibeli yang belum tentu jadi kebutuhan belanja kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun