Kesehatan

Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan

23 Maret 2016   09:32 Diperbarui: 23 Maret 2016   20:35 97 2 2

[caption caption="Kacang Almond via kasartcamp.com"][/caption]

Salah satu kacang yang kaya akan nutrisi dan vitaminnya adalah kacang almond. Kacang almond memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang kacang tanah atau bahkan kacang-kacang lainnya.

Kacang almond mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Oleh karena itu, tak sedikit pula masyarakat luas yang mengkonsumsi kacang almond dengan maksud untuk sekedar perawatan kecantikan atau menjaga kesehatan.

Sayangnya manfaat kacang almond ini kebanyakan dinikmati oleh kalangan masyarakat menengah ke atas. Tak lain dan tak bukan, hal itu disebabkan daya beli masyarakat menengah kebawah masih tergolong rendah.

Patokan harga kacang almond yang mahal membuat pembelinya memilih untuk membeli kacang tanah atau kacang mede sebagai cemilan sehari-hari mereka.

Usut punya usut, kacang almond ternyata merupakan salah satu komoditas barang import. Yang mana kacang ini hanya bisa didapatkan dari luar negeri saja. Sehingga harga yang dipasang oleh importir kacang almond menjadi lebih mahal dari kacang-kacang yang lain.

Balik lagi ke manfaat kacang almond, para ahli gizi sepakat bahwa kacang almond mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Dibawah ini beragam manfaat kacang almond yang dapat kamu peroleh jika kamu mengkonsumsinya.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kacang almond mampu mengendalikan dan menurunkan kadar koresterol LDL di dalam tubuh penderitanya. Yakni dengan cara meningkatkan kadar HDL atau bisa disebut juga dengan kolesterol baik pada tubuh.

Kadar HDL yang baik pada tubuh akan berdampak baik pada perkembangan serta pertumbuhan sistem syaraf.

2. Dapat Mengendalikan Diabetes

Meski kandungan gula pada kacang almond lumayan besar, akan tetapi kacang ini rupanya mampu mengendalikan kadar gula pada tubuh seseorang. Kadar gula yang terkontrol dapat menjauhkan penderitanya dari serangan diabetes dan berbagai komplikasi lainnya.

3. Membuat Jantung Sehat

Bagi manusia, jantung merupakan salah satu organ terpenting yang dapat membantu mereka untuk tetap hidup. Sayangnya, lambat laun kinerja organ jantung akan menurun seiring berjalannya usia serta pola hidup yang kurang sehat. Seperti terkena serangan diabetes, hipertensi, asam urat dan lain sebagainya.

Jika tidak segera berobat, dikhawatirkan penyakit jantung ini semakin mengganas. Sehingga berubah menjadi jantung koroner yang datang secara mendadak.

Oleh karena itu, setidaknya dalam dua bulan sekali kita diharuskan untuk mengkonsumsi kacang almond. Karena seperti apa disabdakan oleh Rasulullah SAW. yakni mencegah lebih baik daripada mengobati.

4. Meningkatkan Kemampuan Otak

Otak merupakan sistem syaraf pusat yang mana mengatur dan mengelola sumber-sumber tenaga dan pikiran pada manusia. Jika otak ini memiliki sedikit masalah, maka sistem syarafnya pun juga akan ikut bermasalah.

Kacang almond erupakan suplemen makanan yang baik untuk mendukung perkembangan kemampuan otak. Sehingga penurunan kognitif pada otak pun dapat dicegah. Tak hanya itu saja, kacang almong juga dapa meningkatkan kapasitas memori otak. Hal ini tentunya akan meningkatkan kewaspadaan otak dan mencegah dari timbulnya kepikunan di usia muda.

5. Cocok untuk Diet

Nutrisi pada kandungan kacang almond dipercaya membantu menurunkan angka berat badan pada tubuh. Kacang almond mengandung nutrisi berupa protein, serat dan lemak tak jenuh.

Mengkonsumsi kacang almond secukupnya menimbulkan rasa kenyang pada perut menjadi bertahan lebih lama. Disarankan untuk mereka yang sedang berdiet, cukup mengkonsumi 1 ons saja perharinya.