dwi arif setiawan
dwi arif setiawan

nama dwi arif setiawan, lahir di tahun logam kota Temanggung JAWA TENGAH

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

CIRI FISIK BERBAGAI ETNIS

8 Juni 2012   16:24 Diperbarui: 25 Juni 2015   04:13 2551 0 0

Kalian yang mungkin pernah bertanya dalam hati mengapa ada kaum / kelompok yang secara fisik memiliki pesona atau daya tarik seperti kulit putih, wajah tampan atau cantik, dan secara alamiah perawakannya menarik, sementara pada kaum / kelompok tertentu secara umum anggotannya memiliki perawakan yang tidak ada daya tariknya seperti kulit bewarna hitam legam, bibir sangat tebal, rambut juga kadang kribo, sehingga dari sudut manapun penampilannya tidak ada daya tariknya terutama dari segi lawan jenis, sementara kaum / kelompok yang satunya lagi memiliki daya tarik dan pesona yang ada pada ciri – ciri fisiknya sehingga lawan jenis yang melihatnya mudah jatuh hati.

Kalau anda menanyakan masalah ini pada orang yang menganut agama yang berasal dari timur tengah mungkin anda akan mendapat jawaban bahwa itu adalah cobaan yang diberikan pada setiap makhluknya. Namun jika anda bertanya kepada orang yang beragama Hindu atau Budha maka itu adalah termasuk pembelajaran terhadap sebuah ruh, agar sebuah ruh menjadi lebih bijak dengan mengalami berbagai kehidupan di alam ini, di kepercayaan ini dijelaskan bahwa kelahiran suatu ruh untuk menjadi apa termasuk dengan kondisi fisik yang bagaimana sangat ditentukan oleh kamma dan dhamma yang dimilikinya, manusia yang dalam kehidupan sebelumnya dilahirkan dari kaum yang secara ciri fisik bagus sehingga ia pun memiliki fisik yang bagus, bisa saja dalam kehidupan kali ini ruh nya dilahirkan kembali pada kaum yang secara ciri fisik dianggap tidak ada daya tariknya oleh masyarakat dunia. Ada juga orang yang saat ini memiliki fisik yang dianggap tidak bagus karena memang ia lahir dari kaum yang secara ciri fisik dianggap kaum kelas tiga oleh masyarakat dunia, tapi dalam kehidupan berikutnya ruhnya dilahirkan pada kaum yang secara ciri fisik sangat menarik sehingga ia pun memiliki ciri fisik yang demikian, kejadian ini sangat dipengaruhi oleh banyak hal.

Untuk lebih jelasnya baca juga artikel saya yang berjudul REINKARNASI dan KAMMA pada kompasiana ini dengan cara meng-kliik kursor komputer anda pada nama saya ( dwi arif setiawan ) di sebelah kiri atas lalu setelah itu kliik kursor komputer anda pada judul yang ingin anda baca.

Pada kepercayaan ini pada awalnya ruh yang baru beberapa kali memiliki tubuh manusia selalu bernasib bagus termasuk memiliki ciri fisik yang bagus, namun karena dosa / kamma tertentu maka ruh nya harus mendapatkan pelajaran dalam berbagai kehidupan agar ia menjadi lebih bijak seperti harus lahir dari kaum yang secara ciri fisik dianggap tidak bagus.

Contohnya jika ada orang yang entah secara nyata atau dalam hati sering bertindak tidak adil / diskriminasi terhadap orang lain karena disebabkan oleh ciri – ciri fisiknya yang jelek, maka orang yang berbuat tidak adil karena sebab fisik itu, suatu saat ruh orang tersebut dapat dilahirkan kembali pada kaum yang secara ciri fisik dianggap tidak ada daya tariknya sehingga dirinya pun memiliki ciri fisik yang dianggap tidak menarik sebagai pelajaran terhadap ruhnya agar ia lebih bijak.

Ini hanyalah contoh kecil, karena nasib serta takdir suatu ruh sangat dipengaruhi oleh banyak hal, seperti akumulasi kamma yang terjadi pada setiap kehidupan.

Seorang yang mudah membenci atau sering berniat jahat juga dapat menyebabkan kamma yang serupa dengan ini. Yang jelas Tuhan sangat maha adil, karena segala sesuatu tergantung pada diri kita sendiri, orang – orang yang saat ini memiliki ciri fisik yang tidak menarik, pada beberapa kali kehidupan sebelumnya mereka pernah memiliki fisik yang sangat memiliki daya tarik, dan kejadian ini sering terjadi berulang kali tanpa diingat seperti terkena “amnesia”, anda pun yang saat ini memiliki tubuh serta wajah yang sangat menarik, bisa jadi dikelahiran berikutnya ruh anda dilahirkan dari kaum yang secara ciri fisik sangat tidak menarik, baca juga artikel saya yang berjudul CINTA DAN PERANAN serta KEHIDUPAN TERUS BERLANGSUNG dalam kompasiana ini.

RENUNGAN

- Pernahkah jika ada orang berwajah jelek kesulitan serta butuh bantuan, anda bersikap masa bodoh, sementara jika ada orang berwajah tampan / cantik barangnya terjatuh anda buru – buru menolong.

- Jika ada dua orang lelaki berkelahi / bermusuhan yang satu tampan sedangkan lawannya berwajah jelek, dan anda sendiri adalah seorang wanita, dan anda mengetahui yang salah adalah si tampan, mungkinkah hati atau perbuatan anda lebih membela yang tampan karena ketampanannya walaupun ia yang salah, atau anda tidak mau peduli dan tidak tahu siapa yang salah dan siapa yang benar tapi anda langsung memihak pada si tampan karena ketampanannya.

- Jika anda senang berbuat kebaikan apakah anda selalu memilih orang yang tampan / cantik saja untuk anda perhatikan dengan kebaikan.

- Dalam pendapat apakah anda lebih menghargai pendapat dari orang tampan / cantik, dan hati anda mudah meremehkan pendapat jika yang memberi pendapat itu berwajah jelek.

- Jika anda bos pernahkah jika karyawan dari lawan jenis anda yang berwajah tampan / cantik berbuat kesalahan dalam pekerjaannya anda mudah memaklumi, sementara jika kesalahan yang sama dilakukan oleh karyawan yang berwajah jelek, anda mudah mara.

- Dalam kehidupan bermasyarakat pernahkah jika ada orang dari lawan jenis anda yang berwajah tampan / cantik berbuat kejahatan dalam hati atau perbuatan, anda memakluminya, sementara jika kejahatan itu dilakukan oleh orang yang berwajah jelek, anda akan menganggap dia sebagai penjahat, bahkan anda akan membencinya.

- Apakah anda mudah membenci orang yang tidak pernah berbuat kesalahan pada anda atau anda mudah memfitnah orang lain.

Jika anda memiliki akumulasi – akumulasi kamma seperti contoh diatas ataupun bentuk kamma lainnya seperti sifat diskriminasi dan kamma lainnya yang tidak bisa dijelaskan satu persatu, kemungkinan dari akumulasi – akumulasi kamma yang dikumpulkan dalam berbagai kehidupan akan dapat menyebabkan suatu ruh harus lahir dari kaum yang secara ciri fisik kurang menarik, sehingga dirinya pun memiliki ciri fisik yang tidak jauh berbeda dengan kedua orang tuanya.

-