Media

Pesatnya Jurnalisme Online Dunia dan Indonesia

14 September 2017   14:54 Diperbarui: 14 September 2017   14:57 179 0 0
Pesatnya Jurnalisme Online Dunia dan Indonesia
who-are-you-and-why-are-you-here-keep-it-short-and-sweet-59ba342e9a78f1508b2ba552.png

Era saat ini masyarakat sudah umum dan terbiasa bergelut dengan dunia internet. Hingga pada akhirnya masyarakat enggan untuk lepas dari internet. Semua informasi didapatkan dengan mudah lewat internet. Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Jurnalisme Online adalah Jurnalisme yang memanfaatkan internet sebagai medianya sehingga dapat diakses secara global ke seluruh dunia. Jurnalistik online ( Online Journalism ) disebut juga cyber journalism, jurnalistik internet, jurnalistik web ( web journalism ) merupakan " generasi baru " jurnalistik setelah jurnalistik konvensional (jurnalistik cetak, seperti surat kabar ) dan jurnalistik penyiaran ( broadcast journalism radio dan televisi ).17 Januari 1998 merupakan sejarah kelahiran juranalisme online. Mark Druge, berbekal sebuah laptop dan  ditambah dengan modem yang digunakan oleh Mark untuk mempublikasikan kisah perselingkuhan Preseiden Amerika Serikat, Bill Clinton, dengan sekretarisnya Monica Lewinsky di website Druge Report.

Mark mempublikasikan peristiwa itu di website karena majalah Newsweek dikabarkan menolak untuk memuat kisah skandal seks dari hasil investigasi Michael Isikoff. Semua orang yang mengakses internet segera mengetahui bagaimana cerita "Monicagate" yang juga dikenal dengan sebutan "Monica Scandal" dan "Sexgate" tersebut, kemudian awal tahun 2000-an, muncullah situs-situs pribadi yang menampilkan laporan hasil jurnalistik pemiliknya yang kini dikenal dengan website blog, weblog, atau blog saja.

Perkembangan media Jurnalistik online tidak terbatas hanya di Amerika serikat atau di belahan bumi lainya saja.  Di asia khususnya di Indonesia, media jurnalisme online juga berkembang pesat. Namun, media online mulai berkembang pada tahun 1996 sampai dengan 1997.

Perkembangan jurnalistik online di Indonesia juga dimulai yaitu dengan berakhirnya era pemerintahan Orde Baru saat Soeharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998. Seiring berjalannya waktu munculah banyak website media online yang lain seperti kompas.com, tempo.com dan juga portal berita online lainnya.Perkembangan teknologi membawa kita menuju perubahan yang semakin pesat dan membuat semua menjadi lebih praktis. Namun kita sebagai pengguna juga harus bisa bersikap bijak dalam menggunkan media online agar, media online dan juga jurnalisme online bisa menjadi alternatife media di era digital.

Sumber :

Media Online

Ilham,Y. (2015). Sejarah Internet di Dunia dan Perkembangannya di Indonesia.