HIGHLIGHT

Pesan Jose Mourinho untuk PSSI

15 Juni 2012 03:43:43 Dibaca :

Menyikapi ekspektasi yang tinggi terhadap/kepada prestasi Timnas Indonesia memang wajar wajar saja dan itu adalah cerminan dari isi hati seluruh pecinta sepakbola Tanah Air Indonesia.Mempersiapkan sebuah kesebelasan yang kuat dan tangguh pada dasarnya tidak bisa dilakukan dengan instan, harus dimulai dari bibit muda yang potensial dan membutuhkan waktu yang lama.

Menemukan bakat bakat pemain usia dini/muda dalam kancah sepakbola di Indonesia sudah dimulai dari sejak zaman dulu,berbagai cara sudah dilakukan,alhasil sampai sekarang belum juga ada kelihatan prestasi yang bagus dihasilkan.System Kompetisi juga sudah beberapa kali dilakukan perubahan mulai dari Galatama,Indonesia Liga sampai terakhir Indonesia Primary Liga dan Indonesia Super Liga.Pengiriman Pemain keluar Negeri untuk berlatih dan berguru juga sudah banyak di tempuh.Mulai dari Garuda I dan Garuda II, Primavera,bareti,SAD namun tidak juga bisa mendongkrak prestasi sepakbola Indonesia di level Asia Tenggara apalagi di level Asia dan Dunia.

Menyimak komentar dari seorang pelatih yang banyak orang mengatakan sang Pelatih yang berprestasi spetakuler dengan berhasil membawa Tim asuhanya dua kali Juara Champions Eropa dengan dua kesebelasan yang berbeda di dua Negara dan Liga yang berbeda.Porto,Intermilan adalah dua kesebelasan yang pernah menjadi Juara Champions di tangan Jose Mourinho atau The Special One.Sang pelatih Yose Mourinho mengatakan dalam sebuah Konpress di sebuah Hotel di Jakarta sewaktu kunjunganya ke Indonesia bahwa “Dalam enam hingga sepuluh tahun mendatang, saya yakin akan semakin banyak bakat-bakat dari Asia yang semakin menguasai liga-liga besar di Eropa.Selama ini, permasalahan sepakbola di beberapa negara berkembang terbentur pada beberapakonflik internal. Namun, menurut Mourinho, sepakbola tidak akan bisa dihalangi perkembangannya oleh masalah. “Selama di satu negara ada hasrat yang besar terhadap sepakbola". Pekerjaan yang paling penting sudah selesai separuh jalan,”

Apa yang bisa di ambil dari komentar Jose Mourinho diatas adalah Indonesia tidak habis habisnya menghasilkan bibit muda pemain bola yang potensial tapi ini harus di bina dengan system dan methode yang baik.System Kompetisi yang baik dan Methode pembinaan yang baik  dan serta seringnya melakukan pertandingan /uji coba sangat menentukan dalam usaha mencapai pembentukan kesebelasan yang kuat.Tidak kalah penting adalah dibutuhkan waktu yang lama dan kontiniu ( terus menerus) dengan konsep yang jelas agar bisa mendapatkan pemain yang berbakat dan pemain yang bagus,dari pemain yang baik itu bisa diciptakan Kesebelasan yang baik pula juga membutuhkan waktu yang tidak bisa sebentar,namun butuh waktu yang lama.

Perebutan kekuasaan terhadap Kepengurusan PSSI yang selama ini terlihat jelas terang benderang diharapkan tidak akan terjadi lagi.Para Elite sepakbola Indonesia mesti menyadari tanpa dukungan dan dorongan dari masyarakat pecinta bola tidak akan mungkin prestasi yang tinggi bisa di peroleh.Untuk itu tunjukanlah kedewasaan semua Elite dan juga  Stakeholder sepakbola di Indonesia dengan hati dan jiwa yang bersih dan jujur untuk mencapai  tujuan bersama dan  itu adalah meningkatkan Prestasi sepakbola Indonesia dan siap untuk bekerja sama.

Apa yang salah selama ini di pembinaan sepakbola Indonesia? Karena Garuda I dan II serta Primavera,Bareti dan SAD bukankan sudah lama di laksanakan dan apa hasilnya ?. Inilah yang menjadi tantangan bagi pengurus PSSI sekarang dan yang akan datang.Meng Evaluasi semua penyebab kegagalan yang sudah terjadi dan kapan perlu melakukan Revolusi terhadap  system dan Methode pelaksanaan nya.Ketua Litbang PSSI harus bisa melakukan kajian ini dan diharapkan bisa menghasilkan alternatif system dan Methode yang cocok untuk di terapkan.

Bisa kah MoU di Kuala Lumpur menjadi tonggak dan hentakan pijakan para semua Elite dan Stakeholder untuk kembali ke tujuan semula yaitu membentuk kesebelasan sepakbola Indonesia yang kuat dan berprestasi di tingkat Asean,Asia dan Dunia.

Selamat berpisah Jose Mourinho dan semoga tetap sukses.Hanya banyak dari penggemar /fans anda di Indonesia  yang kecewa karena tidak bisa bertemu langsung.Jose Mario dos Santos Mourinho Felix  memang The Special One.
Managerial Career
2000 Benfica
2001–2002 União de Leiria
2002–2004 Porto
2004–2007 Chelsea
2008–2010 Internazionale
2010– Real Madrid.

Sumber

http://www.republika.co.id/berita/sepakbola/liga-indonesia/12/06/13/m5kb20-masa-depan-mourinho-optimistis-pesepakbola-asia-kuasai-eropa

SALAM GARUDA Ku Bukan Burung Perkutut.

Manly Villa

/villa

Laki laki sejati anak nagari ,di Sumatera Barat (Padang ) Aia Bangih Nama Nagari nya
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?