Pelatihan Pembuatan Ice Cream Dengan Prinsip Koloid Pelindung Pada Ibu Pkk Desa Sukoraharjo

20 Juni 2017 02:16:43 Diperbarui: 20 Juni 2017 02:20:10 Dibaca : 10 Komentar : 0 Nilai : 1 Durasi Baca :
Pelatihan Pembuatan Ice Cream Dengan Prinsip Koloid Pelindung Pada Ibu Pkk Desa Sukoraharjo
dokumentasi pribadi

Pada kamis, 15 Juni 2017 Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang 2017 mengadakan pelatihan pembuatan ice cream kepada ibu PKK Desa Sukoraharjo Kepanjen Kabupaten Malang. Pelatihan ini diadakan di Aula PKK Desa Sukoraharjo. Pelatihan tersebut tidak hanya dihadiri oleh ibu PKK, namun bapak Kepala Desa Sukorahajo juga turut hadir. Acara tersebut dilaksanakan mulai dari pukul 11.00 - 13.00 WIB. Pelatihan tersebut dilakukan untuk mengisi pertemuan ibu PKK serta permintaan khusus dari ibu Kepala Desa Sukoraharjo.  Ice Cream yang dibuat pada pelatihan tersebut bukanlah ice cream pada umumnya, namun ice cream dengan menggunakan prinsip koloid pelindung.

Pemateri pelatihan tersebut bukanlah mahasiswa Tata Boga ataupun orang yang ahli dalam bidang memasak, namun mahasiswi jurusan Pendidikan Kimia UM angkatan 2014. Meskipun bukan ahli pada bidang memasak, untuk hasilnya tidak perlu diragukan lagi. Hal tersebut dibuktikan oleh pernyataan salah ibu PKK yang kebetulan sedang tidak  puasa yang telah mencicipi ice cream tersebut, "Rasanya enak, lembut, tidak kalah dengan bubuk ice cream yang dijual pada supermarket. Bahkan harganya lebih terjangkau dengan hasil Ice Cream yang lebih banyak". Selain harga, untuk bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan Ice Cream tersebut sangat mudah didapatkan pada toko bahan kue.

Ibu PKK sangat antusias dalam pelatihan tersebut. Terlebih sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri, ibu PKK dapat membuat ice cream tersebut sebagai jamuan hari Raya Idul Fitri. Bahkan beberapa anak dari ibu PKK yang tengah ikut dalam pelatihan sangat menyukai ice creamtersebut. Jadi dengan adanya pelatihan tersebut, ibu PKK dapat menerapkan membuat ice cream dengan cara yang mudah dan hemat. Mahasiswa KKN berharap dengan adanya pelatihan tersebut dapat menambah wawasan serta keterampilan ibu-ibu Desa Sukoraharjo dalam bidang kuliner yang akan disalurkan oleh Ibu PKK.

Mahasiswa KKN UM 2017 bersama Pemateri dan Ibu PKK / dokumentasi pribadi
Mahasiswa KKN UM 2017 bersama Pemateri dan Ibu PKK / dokumentasi pribadi

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL wanita

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana