Tri Harmoko
Tri Harmoko Karyawan Swasta

Bertindak Mengikuti Kata Hati, Human Interest, Puisi, Sajak, Feature, Travelling, Ekonomi Kreatif, Seni dan Budaya, Olahraga.

Selanjutnya

Tutup

Menyulap Lahan Gersang Eks Tambang Timah jadi Sawah Produktif

10 Juli 2017   15:46 Diperbarui: 10 Juli 2017   15:48 21 1 0
Menyulap Lahan Gersang Eks Tambang Timah jadi Sawah Produktif
Panen Padi Sawah di Lahan eks Tambang Timah Kelurahan Sinar Jaya Jelutung, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Senin (10/7/2017).

PROBLEM rusaknya lahan daratan akibat tambang timah menjadi momok bagi Kabupaten Bangka khususnya dan juga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) umumnya. Namun, ada sebuah ujicoba yang telah terlihat hasilnya sehingga ada harapan gersangnya lahan eks tambang bisa menjadi area pertanian produktif.

Kondisi tersebut bisa tergambar pada lahan eks tambang di Kelurahan Sinar Jaya Jelutung, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Terdapat sekitar 1 hektar lahan bekas tambang timah yang diujicoba oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) setempat menjadi area padi sawah.

Area Eks Tambang Timah yang Disulap jadi Padi Sawah
Area Eks Tambang Timah yang Disulap jadi Padi Sawah
Setelah dibuatkan petak-petak sawah lalu dilakukan penanaman pada April lalu dengan benih padi lalu pada Senin (10/7/2017) berhasil dilakukan panen. Padi tampak menguning pada hamparan lahan 1 hektar yang dalam penanamannya dibantu penggunaan pupuk organik untuk mengembalikan unsur kesuburan tanah.


Hasil Panen Padi yang Digiling dengan Mesin oleh Bupati Bangka Tarmizi Saat
Hasil Panen Padi yang Digiling dengan Mesin oleh Bupati Bangka Tarmizi Saat
Atas kondisi ini, Bupati Bangka Tarmizi Saat sesaat sebelum panen menyatakan, lahan apapun sebenarnya bisa dikelola, asalkan bisa memberi perlakuan yang pas. Seperti lahan eks tambang timah di Kelurahan Sinar Jaya Jelutung telah terbukti menghasilkan padi dan bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya.

Lahan padi eks tambang yang juga dalam dukungan TNI AD dalam hal ini Korem Gaya 045 Babel, Dandim 0413 Bangka beserta jajarannya merupakan salah satu dari sekian upaya khusus (khusus) cetak sawah guna mewujudkan ketahanan pangan Indonesia program Nawacita Presiden RI Joko Widodo. Dengan keberhasilan ini membuka celah untuk daerah tambang mana pun agar giat mengembalikan gersangnya tanah pasca tambang menjadi area pertanian produktif.

TNI AD Ikut Melakukan Panen
TNI AD Ikut Melakukan Panen
Selain bisa diusahakan untuk pertanian padi sawah, sejumlah tanaman eks tambang timah di Bangka direklamasi dengan tanaman keras seperti Pohon Akasia, Pohon Kertas, Pohon Sengon dan lainnya. Ada juga lahan eks tambang timah yang ditanam Pohon Pinus, dibuatkan tambak ikan dan lain sebagainya.


Suksesnya lahan padi sawah eks tambang timah di Kelurahan Sinar Jaya Jelutung juga menarik perhatian mahasiswa KKN UGM Yogyakarta yang sekarang sedang berada di area tersebut. Pada panen padi sawah diberikan bantuan berupa mesin penggiling padi guna memberi motivasi Gapoktan setempat.

Mahasiswa UGM Yogyakara Ikut Panen Padi Sawah di Lahan Eks Tambang Timah
Mahasiswa UGM Yogyakara Ikut Panen Padi Sawah di Lahan Eks Tambang Timah