PILIHAN

Tiga Hal yang Perlu Diterapkan: Olah Raga, Olah Batin dan Olah Rasa

19 Mei 2017 07:40:29 Diperbarui: 19 Mei 2017 09:13:21 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Tiga Hal yang Perlu Diterapkan: Olah Raga, Olah Batin dan Olah Rasa
Agar dapat menikmati kesehatan lahir dan batin,tidak cukup hanya olah raga,tapi harus disertai dengan olah batin dan olah rasa/foto dok.pribadi


Olah Raga Saja Tidak Cukup,Perlu Olah Batin dan Olah Rasa

Olah raga itu sangat penting,untuk menjaga kebugaran tubuh. Dengan berolah raga secara berkesinabungan,maka diharapkan kita dapat menikmati hidup dalam kondisi bugar hingga menua. Akan tetapi jangan lupa,bahwa olah raga saja tidaklah cukup. Perlu disertai dengan olah batin dan olah rasa.

Karena bagaimana kita dapat menikmati hidup dengan layak, dengan batin yang tertekan atau menyimpan dendam kesumat. Bagaimana kita dapat menjalani hari hari dengan ceria,bila perasaan dan suasana hati selalu risau dan galau? Walaupun ada frasa dalam bahasa latin yang mengatakan :"Mensana incorpore sano" ,dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat, seharusnya dimaknai secara lengkap. Bahwa dengan jiwa atau batin yang sakit dan menderita, serta hidup dengan perasaan tertekan, tidak mungkin orang dapat hidup sehat walalfiat. Karena antara tubuh dan batin, serta cita rasa adalah bagian yang tak dapat dipisah pisahkan. Tubuh dengan batin yang sakit atau menyimpan rasa dendam dan kebencian,mustahil dapat tetap sehat.

Olah Raga

Mengenai olah raga, semua orang sudah tahu, caranya dan dapat disesuaikan dengan gaya hidup masing masing, Bagi yang hidupnya berkecukupan, mungkin ke Fitness atau pusat pusat kebugaran yang menawarkan latihan olah raga. Atau mungkin main golf, tennis, maupun berenang,

Akan tetapi tidak semua orang memiliki kesempatan untuk dapat menikmati semua fasilitas yang disebutkan diatas, karena disamping membutuhkan waktu yang khusus juga harus mempersiapkan dana yang tidak sedikit. Maka dapat memilih cara berolah raga tanpa mengeluarkan biaya, seperti jalan pagi, senam dan lainnya, yang dapat diatur sesuai dengan kemampuan diri.

Olah Batin dan Olah Rasa

Untuk melakukan Olah Batin dan Olah Rasa,tidak perlu harus ikut kursus ini dan itu,karena sesungguhnya sangat mudah dan alami Setiap orang,tanpa harus memahami ilmu kebatinan, dapat melakukannya setiap hari.

 Langkah Langkah:

  • Mengawali  hari dengan bersyukur
  • Bersyukur, bahwa kita masih hidup
  • Menjaga agar selalu berpikiran positif
  • hindari berpikiran negatif terhadap siapapun
  • Hindari  berpikir tentang usia  
  • Menikmati  hari hari kita, dengan apa adanya
  • Hindari  keluh kesah berkepanjangan
  • Membuka hati dan pikiran, untuk menerima perbedaan
  • siap  untuk bersahabat tanpa sekat
  • menjaga rasa simpati dan empathy agar jangan memudar
  • menghargai orang sebagaimana kita ingin dihargai

Dengan menjadikan olah raga, olah batin dan olah rasa, bagian dari keseharian kita, maka kita akan dapat menikmati hari hari kita dengan hati yang damai. Banyak orang yang mengejar kekayaan dan popularitas diri, hingga merupakan hal yang jauh lebih penting, yakni sehat lahir batin dan memiliki tenggang rasa yang tinggi

Semua orang butuh uang,tapi uang bukanlah segala galanya dalam hidup ini. Karena kendati kesehatan juga bukan segala galanya dalam hidup, tapi bila kita sudah kehilangan kesehatan, baik phisik,maupun batin, maka apapun yang dimiliki, sudah tidak dapat lagi dinikmati .Dikaruniai umur panjang akan dapat dinikmati bilamana kita sehat lahir dan batin, serta memiliki tenggang rasa dalam menjalani hidup.

Bila kita sehat lahir batin, maka ada banyak hal yang dapat kita lakukan, bukan hanya untuk kepentingan diri dan keluarga, tapi juga dapat menerapkan hidup berbagi, Sebaliknya, bila kita terkapar sakit atau hidup dalam kemurungan, maka hidup kita kelak,akan menjadi beban bagi anak cucu. Sebelum semuanya terlambat maka mulai hari ini, mari sama sama kita terapkan :" olah raga,olah batin dan olah rasa"

Selamat panjang umur dan selamat menikmati hidup dalam keadaan sehat lahir dan batin!

Tjiptadinata Effendi

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL kesehatan

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana