Mohon tunggu...
Ayang
Ayang Mohon Tunggu... Konsultan - None

Just none.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ketika Membaca Pertanda Alam Dipandang Berhala

16 Desember 2018   20:21 Diperbarui: 16 Desember 2018   21:11 493
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi, menjamu anak wina dalam adat kelas budaya Manggarai [dokpri]

Beberapa tahun lalu, saya terlibat pekerjaan kecil melakukan pemetaan sistem sumber daya bentang laut (seascape) di Pulau Semau, sebuah pulau kecil di sebelah barat Kota Kupang yang berpenghuni mayoritas etnis Helong. Ratusan tahun silam, orang-orang ini menyeberang dari Nusa Ina, Pulau Seram, menyusuri Pulau Timor dari Timur dan berakhir di Kota Kupang di ujung Barat, dan sebagian menyeberang untuk menetap di Pulau Semau.

Saya dan rekan mengamati bagaimana masyarakat memanfaatkan unit-unit sumber daya dari kenyataan alam dan ruang yang ditinggalinya. Kami mempelajari apa yang masyarakat manfaatkan dari hutan, pantai, perkampungan, sungai. Bagaimana sistem kepemilikan, penguasaan, akses pemanfaatan, dan tanggungjawab pemeliharannya. Termasuk pula bagaimana kenyataan alam, gejala dan peristiwa menjadi referensi masyarakat dalam memutuskan dan melaksanakan aktivitas-aktivitas penting dalam hidupnya, seperti menentukan saatnya mulai menanam.

Hasil dari studi sederhana ini diperlukan untuk mengajak masyarakat membangun kembali sistem kelembagaan yang responsif dan adaptatif terhadap perubahan iklim, sebuah tantangan besar bagi masyaarkat penghuni pulau-pulau kecil.

Hal tersebut didasarkan kepada hipotesis bahwa pada dasarnya masyarakat memiliki pengetahuan warisan turun-temurun membaca tanda-tanda alam, membuat mereka mampu beradaptasi menghadapi iklim yang keras dan berubah di masa lampau. Pengetahuan itu kemudian terlembaga dalam kepercayaan, sistem nilai, dan praktik turun-temurun, secara umum disebut sebagai kebudayaan. Kemajuan zaman dan faktor tertentu menyebabkan mereka meninggalkannya.

Misalnya ada komunitas masyarakat di Pulau Timor yang melihat tanda kehadiran burung jenis tertentu sebagai pertanda musim hujan sudah benar-benar tiba dan itulah saat yang tepat untuk mulai menanam. Ada pula yang melihat dari posisi jatuhnya bayangan pada bukit batu di dekat kampung mereka, yang menunjukkan posisi matahari. Sebagian lainnya menjadikan kemunculan tunas dan pucuk-pucuk muda pohon tertentu sebagai pertanda.

Sayangnya, pengetahuan tradisional seperti ini kerab disalahpahami sebagai keyakinan berhala yang bertentangan dengan agama. Pada komunitas tertentu, masyarakat kemudian memilih meninggalkannya. Musim tanam pun disandarkan kepada perhitungan matematis kalender musim yang seringkali diseragamkan begitu saja dan diasumsikan ajek. Kondisi iklim yang kian sering berubah dalam ritme yang kacau menempatkan masyarkat dalam kerentanan gagal tanam pun gagal panen.

Di Pulau Semau, suatu malam di sebuah desa, saya dan rekan menjumpai kepala desa yang kebetulan juga pemuka agama. Hadir pula ayah kepala desa, pemuka agama senior di sana.

Saya bertanya, adakah pengetahuan melihat tanda-tanda alam yang masih dipraktikkan untuk menentukan tibanya musim tanam?

Kepala desa dan ayahnya senada menyatakan syukur mereka bahwa di kampung itu praktik songgo-songgo 'berhala' seperti itu tidak lagi ada. Mereka mendasarkan segalanya hanya pada kitab suci.

"Tetapi bukankah pengetahuan lokal tentang tanda-tanda alam sebenarnya juga merupakan karunia Tuhan?" Saya mencoba bijak dan sabar menggali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun