Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan profesional

Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Saran Pena Kawan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mari Kita Ganti Kitab Nasib Malam Ini

11 Mei 2017   16:42 Diperbarui: 11 Mei 2017   16:56 17 0 0
Mari Kita Ganti Kitab Nasib Malam Ini
Sumber : dokumen pribadi

Khadimullah Masjid Jami An Nur mengajak para jamaah sekalian hadir di Taklim Nisfhu Sya'ban.   Acara dilaksanakan hari Kamis malam Jum"at 11 Mei 2017 dimulai 

  1.  Shalat Magrib.
  2.  Baca Surah Yasin 3 x beserta doa.
  3.  Santunan Anak Yatim.
  4.  Shalat Isya 
  5. Silaturrahim
  6. Makan Malam bersama

Khadimullah Masjid Jami An Nur Perumahan Polri Polsek Ciracas Komseko Jakarta Timur mulai menghitung kira kira berapa banyak jamaah yang akan hadir malam nanti.  Diperkirakan sekitar 600 warga akan memenuhi Baitullah, sehingga Pengurus Masjid harus menyediakan sejumlah paket.  Untunglah ada kontribusi  dari 11  Ketua RT yang berkenan mengirimkan masing masing 30 nasi kotak.

Khadimullah hanya menambahkan sekian kotak setelah beberapa jamaah menyerahkan infaq.  Bapak , Ibu dan anak anak RW 05 beserta para musafir akan memakmurkan masjid, beberapa ibu membawa air putih. Malam nisfhu sya'ban Insya Allah akan menjadi ajang ganti buku, kata ustazd populer.  

Kamis, 11 Mei 2017  bada shalat maghrib dipimpin oleh komunitas ustazd dimualilah ritual nisfhu sya'ban.  Membaca surah yasin sebanyakl 3 kali dengan tartil. Pada akhir pembacaan surah yasin pertama ditutup dengan doa memohon supaya dipanjangkan umur dan taat kepada Allah serta sentiasa beramal soleh. Selanjutnya pada  pembacaan surah yasin ke - 2 di pimpin doa memohon supaya ditolak segala bala bencana.

 Terakhir jamaah menyelesaikan bacaan surah yasin ke - 3 ditutup dengan doa  memohon supaya tidak berhajat kecuali kepada Allah.  Demikianlah harapan kita semua semoga seluruh doa nan dilantunkan di tempat suci baitullah di ijabah Allah SWT , Amin Ya Rabbal Alamin.

Nisfu Syaaban (Nisf bermaksud separuh) adalah peristiwa hari ke-15 dalam bulan Sya'ban  tahun Hijriah. Umat Islam  mempercayai yang pada malam Nisfu Syaaban, amalan akan dibawa naik oleh Malaikat untuk ditukar dengan lembaran amalan yang baru setelah setahun berlalu. Pengertian am Nisfu Syaaban dalam bahasa arab  berarti setengah. 

Nisfu Syaaban berarti setengah bulan Syaaban. Malam Nisfu Syaaban adalah malam ke-15 Syaaban iaitu siangnya 14 haribulan Syaaban  Khadimullah masjid Jami An Nur seperti bulan bulan hijriah lainnya setiap  tanggal 15 Hijriah menyantuni 40 orang anak yatim.   Pada Nisfhu Syaban tahun ini anak anak yatim akan mendapatkan kembali santunan dari orang tua mereka, yaitu orang tua asuh atau orang tua sosial.  

Alhamdulillah dana infaq shadaqah yang terkumpul dari 2 buah kotak amal lebih dari cukup untuk memberikan santuanan.  Disampaikan ucapan terima kasih tak terhingga kepada semua dermawan, semoga amal ibdah di ijabah Allah SWT. Setelah pembacaan 3 kali surah yasin selesai, ditegakkan shalat isya.  

Acara ditutup dengan santunan untuk anak yatim kemudian dilanjutkan silaturahim antar warga dalam bentuk makan malam bersama.  Semoga di tahun depan lingkungan kehidupan RW 05 selalu mendapatkan perlindungan Allah SWT dari musibah nan datang dari atas, bawah dan dari manapun. Yes mari kita bersegera sore nanti ke Masjid  untuk mengganti buku catatan lama dengan catatan baru nan berisikan keselamatan dan redha Illahi.  

Waalaikum salam

Khadimull