Tauhid Patria
Tauhid Patria karyawan swasta

Menulis apa saja kan suka-suka saya

Selanjutnya

Tutup

PT RMU Jamin Ketersediaan Makanan dan Keamanan Lahan Parkir Menjelang Mudik Lebaran

15 Juni 2017   08:29 Diperbarui: 15 Juni 2017   08:29 1 0 0
PT RMU Jamin Ketersediaan Makanan dan Keamanan Lahan Parkir Menjelang Mudik Lebaran
PT Reska Multi Usaha menjamin ketersediaan makanan dan keamanan parkir saat musim mudik tiba (dokpri)

Musim mudik lebaran bakal segera tiba. Buat teman-teman yang mau mudik menggunakan kereta api, saya mau berbagi informasi neh mengenai  makanan di dalam kereta dan area parkir di sekitar stasiun-stasiun yang bakalan dipadati kendaraan pengunjung saat mudik tiba seperti di Stasiun Senen dan Gambir.

Kebetulan, hari Kamis (8/6) kemarin, saya diundang PT Reska Multi Usaha (RMU) selaku anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang mengelola bisnis parkir dan makanan di dalam kereta. Dalam kesempatan itu, saya juga berbincang-bincang santai dengan Kepala Humas PT Reska Multi Usaha, Nyoman Suardhita, mengenai ketersediaan makanan dan persiapan keamanan menjelang mudik lebaran ini.

Menurut Nyoman, pengguna kereta api yang hendak menuju kampung halaman tidak perlu kuatir mengenai keberadaan makanan ketika berada di dalam kereta. PT Reska Multi Usaha sudah menyiapkan aneka jenis hidangan dengan harga terjangkau untuk menemani perjalanan mudik baik itu saat berbuka puasa maupun santap sahur.



Jadi buat temen-temen yang ingin berpergian menggunakan kereta api ke luar kota saat bulan Ramadhan maupun saat mudik nanti tidak perlu kuatir mengenai makanan saat berada di dalam perjalanan. “Kita menyediakan aneka jenis makanan mulai dari fresh food dan frozen food untuk para penumpang kereta dengan harga terjangkau” ungkap Nyoman di kantor PT Reska Multi Usaha yang berada di area Stasiun Mangga Besar Jakarta.

Nyoman juga bercerita, PT Reska Multi Usaha saat ini juga mengelola bisnis café yang berada di tiga stasiun besar di Pulau Jawa seperti Loko Café Surabaya Gubeng, Loko Ekspress Semarang Poncol, dan Loko Café Yogyakarta. Bahkan Loko Café Yogyakarta dan Loko Café Surabaya Gubeng menyediakan paket ramadhan mulai tanggal 27 Mei – 24 Juni dengan berbagai pilihan menu yang beragam dan dijual mulai dari Rp. 25ribu.

Kepala Humas PT Reska Multi Usaha Nyoman Suardhita saat memberikan keterangan di hadapan wartawan dan blogger
Kepala Humas PT Reska Multi Usaha Nyoman Suardhita saat memberikan keterangan di hadapan wartawan dan blogger

Tidak hanya itu, PT Reska Multi Usaha menurut Nyoman juga melakukan persiapan keamanan di stasiun-stasiun yang diperkirakan padat saat mudik menjelang seperti di Stasiun Gambir dan Senen. Untuk di Stasiun Senen, menurutnya akan diberlakukan sistem drop off penumpang agar tidak terjadi kepadatan kendaraan di stasiun saat musim mudik tiba.

PT Reska Multi Usaha juga menyiapkan posko di beberapa titik stasiun untuk mengawasi kepadatan kendaraan yang berada atau lalu lalang di sekitar area stasiun.  “Karena dari induk perusahaan ada penambahan kereta maka kita juga akan melakukan penambahan petugas yang sudah biasa menghandle angkutan lebaran” ungkap Nyoman.

Kalo dari pengalaman saya mengantar saudara yang hendak mudik menggunakan kereta api saat lebaran sistem drop off ini sangat pas untuk diterapkan di dalam area stasiun. Biasanya kita sebagai pengantar sibuk mencari parkiran dan tidak langsung menurunkan orang yang kita antar. Padahal mencari parkiran bisa memakan waktu yang lama saat musim mudik lebaran tiba dan bisa saja orang yang kita antar jadi terlambat naik kereta gara-gara hal ini.

Tips dari saya sih sebaiknya persiapkan waktu yang senggang untuk menuju stasiun agar tidak terburu-buru saat tiba di stasiun. Selain itu, kita juga harus menguasai akses jalan menuju lokasi stasiun agar tahu di mana titik-titik kepadatan jalan menuju stasiun dan bisa mencari jalan alternatif untuk menembus kepadatan tersebut. Kita semua tentunya mau mudik kita berjalan aman dan nyaman.  Jangan sampai gara-gara terjebak macet dan sibuk mencari parkir kita malah ketinggalan kereta.