Sabaruddin Siregar,CA
Sabaruddin Siregar,CA

Seorang akuntan profesional (11D18717) yang siap berkarya untuk Indonesia, Anggota Perindo dan Anggota Utama IAI Pusat, CEO KJA Jassmh & Partners, dan sekarang inhouse di Santini Group Corp #Lawyers : Agus Trenggono,SH (No. HP : 0818933345~IPHI) # No HP : 085350318399 ( Advisory Free )

Selanjutnya

Tutup

Mana Yang Benar-benar Lebih Baik antara Software Akuntansi Indonesia dengan Luar Indonesia

19 Juni 2017   14:28 Diperbarui: 19 Juni 2017   16:45 28 0 0
Mana Yang Benar-benar Lebih Baik antara Software Akuntansi Indonesia dengan Luar Indonesia
download-594782262f283c5baa2f3c22.jpg

             Sebagian besar lingkup bisnis usaha di Indonesia merupakan bentuk Usaha Kecil Menengah(UKM), yang tersebar dalam setiap sektor bisnis yang menghasikan kebutuhan orang banyak. Bisnis UKM dianggap sebagai bisnis yang sangat potensial atas kontribusi yang dihasilkan produk atau penyerapan tenaga kerja nya. Oleh karena potensi bisnis yang sangat menjanjikan ini, para pelaku bisnis tersebut berupaya semaksimal mungkin mencari formulasi, kemudahan, efektivitas dan efisiensi agar dapat membantu kelancaran bisnis mereka dan diharapkan memaksimalkan keuntungan usahanya. Salah satu langkah tersebut, upaya memudahkan mereka dalam melakukan pencatatan transaksi kerap menjadi bagian penting yakni melalui software akuntansi. Pembukuan secara manual mungkin dianggap tidak efesien dalam menghadapi tantangan bisnis yang mengalir dengancepat.



          Kini sudah banyak pilihan software-software akuntansi yang tersedia, diantaranya MYOB, Zahir, MOAE,Accurate, Peachtree, Simply Accounting, DacEasy Accounting, dan banyak lainnya,yang bisa digunakan untuk membantu kelancaran bisnis. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri baik fitur-fitur yang disediakan sampai kepada kemudahan dalam pengoperasiannya (user friendly). Diantaranya juga ada beberapa yang bisa menjadi favorite dalam bisnis UKM di Indonesia.

           Mengingat bisnis UKM memiliki ciri proses bisnis yang unik, dimana frekuensi transaksi terjadi secara harian dengan kapasitas yang banyak (kebanyakan transaksi bernilai kecil namunfrekuensi yang padat). Karena volume transaksinya yang padat, pelanggan dalam UKM merupakan pelanggan yang intens sehingga diperlukan adanya pengelolaan terhadap data pelanggan. kemudian secara umum UKM belum memiliki kekompleksan dalam transaksinya, dan terlebih bagi UKM di Indonesia yang terpengaruh kebijakan pemerintah dan iklim bisnis lokal. Sehingga diantara software-software yang ada, beberapa mungkin tidak cukup relevan bagi bisnis UKM di Indonesia. Berikut akan saya perbandingkan beberapa software, mungkin kiranya bias menjadi referensi bagi para pelaku bisnis UKM memilih software mana yang dianggap cocokbagi usahanya.

1. MYOB

     

     MYOB merupakan software akuntansi yangbermula dikembangkan di Australia. "MYOB (Mind Your Own  Business)Accounting merupakan software olah data akuntansi secara terpadu (integratedsoftware), yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat,tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan. MYOB Accounting dapat diterapkan pada berbagai jenisperusahaan, baik bidang jasa, dagang (retail) maupun industri (pengolahan), dan pertanian serta usaha-usaha yang lain."(dikutip dari makalah kelompok 2, 3MAkuntansi STAN)Analisis MYOB terkait kesesuian dengan bisnis UKM: Dari segiharga MYOB dapat dikatakan software akuntansi yang cukup murah dengan fitur-fitur yang ditawarkan, yakni harga termahalnya $ 1,000.

          Dalam hal pengoperasiannya, MYOB menampilkan fitur-fitur yang mudah dipahamai, operator tinggal mengikuti alur proses yang disediakan dalam software ini. Namun dalam men-set up di awal ketika hendak menyesuaikan dengan proses bisnis perusahaan memerlukan kejelian,karena MYOB telah menyediakan bentuk proses baku sesuai dengan pilihan ketika men-set up. Sehingga apabila telah salah menentukan proses bisnis saat set up maka selanjutnya proses bisnis yang disediakan akan menjadi kurang relevan.Untuk proses bisnis UKM di Indonesia, mungkin software ini terkadang bisa menjadi kurang pas mengingat software ini dibangun atas memperhatikan kondisi bisnis di negara asalnya.
Dalam kepentingan perpajakan, software ini tidak relevan (tidak tersedia) dengan sistem perpajakan yang berlaku di Indonesia.


2. Zahir

         

download-59478034c3b89c180d3dd103.png
download-59478034c3b89c180d3dd103.png

          Zahir Accounting merupakan software akuntansi lokal oleh PT Senayan Abadi. Dalam promosinya, Zahir accounting dikatakan sebagai software yang dirancang untuk UKM. Zahir sangat mudah diaplikasikan tanpa harus mengerti ilmu akuntansi. Zahir Accounting mampu menyajikan data seketika mengenai stok barang, laba rugi, utang piutang, dananalisis data. Software ini sangat membantu pengusaha untuk mengambil keputusan. Zahir Accounting cocok digunakan untuk segala jenis usaha. Misalnya perusahaan ekspor impor, minimarket, supermarket, toko, penerbitan, restoran,dan manufaktur. Dalam hal kesesuaian dengan proses bisnis UKM di Indonesia,Zahir Accounting sudah aplikatif untuk digunakan. Dalam fitur dan operasi prosedurnya memang sengaja diperuntukkan bagi proses bisnis di Indonesia.

          Zahir accounting telah memenuhi kebutuhan bagi UKM terkait pengelolaan pelanggan, dimana dalam fiturnya tersedia database client server. Hal ini menjadi sangat penting bagi UKM yang sangat menghendaki adanya system pengelolaan pelanggan yang baik dan aman. Dalam hal kepentingan perpajakan, Zahir juga telah menyediakan fitur Pajak Penjualan(PPn) yang berlaku di Indonesia.

Nilai transaksi yang dapat dicover software ini bisa mencapai 15 digit atau setaradengan 920 triliun. Standar akuntansi yang digunakan pun sudah sesuai dengan standar akuntansi yang ada di Indonesia, terkait pencatatan dan pelaporan keuangannya. Dalam hal harga Zahir dipasarkan pada harga Rp 1 juta sampaidengan Rp 15 juta. Merupakan harga yang cukup murah dibanding software UKM yang beredar di luar negeri.

 

3.Microsoft Office Accounting Express (MOAE)

       

download-1-5947824216ce7152365b64b4.jpg
download-1-5947824216ce7152365b64b4.jpg

             Microsoft Office Accounting Express(MOAE) ini merupakan fitur gratis yang disediakan Microsoft sebagai promosi dari produk komersil mereka yakni Microsoft  Office Accounting Profesional 2009. Sebagai produk promosi, MOAE akan tidak selengkap MOAP, ada beberapa fitur MOAE yang tidak bisa diakses, tapi harus di upgrade menjadi MOAP. Namun fitur-fitur dasarnya hampir sama. Pengoperasian MOAE sangat mudah tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi, sehingga cocok bagi bisnis usaha kecil atau rumah tangga. Dimana aplikasinya hanya memasukkan data transaksi dari datasumber (faktur, slip setor, dan nota-nota lainnya) tanpa harus melakukan penjurnalan terlebih dahulu. Kemudian MOAE bisa secara otomatis menghasilkan laporan keuangan atau laporan lainnya sewaktu-waktu.

          MOAE juga menyediakan fitur pengelolaan data klien, hal ini sangat relevan bagi bisnis UKM. Dan juga MOAE menyediakan fitur terkait pengelolaan item produk atau jasa, dan juga pengelolaan data vendor. Namun dalam hal perpajakan, MOAE tidak memfasilitasi kepentingan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia. Hanya saja, dalam software ini fiturpajak yang tersedia yaitu dengan menginput tarif pajak tunggal yang ingin dibebankan terhadap suatu transaksi.

 

4. ACCURATE ACCOUNTING


          

download-2-5947825104e33130bd1cc592.jpg
download-2-5947825104e33130bd1cc592.jpg

Accurate merupakan produk lokal yang dirancang untuk usaha kecil dan menengah. Namun juga bisa memfasilitasi fitur penting seperti mencatat transaksi dalam berbagai mata uang (multi currency),multi sales tax, multi user, multi company, multi level discount, multi unit,dan multi warehouse, bahkan dapat mengonsolidasikan laporan keuangan dari beberapa anak perusahaan.
Accurate sangat mudah sangat aplikatif bagi proses bisnis UKM di Indonesia dandalam penggunaan software ini juga sangat mudah diikuti tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi sebelumnya.

          Dalam hal kepentingan perpajakan,Accurate telah menyediakan fitur Pajak Penjualan (PPn) yang berlaku diIndonesia. Standar akuntansi yang digunakan pun sudah sesuai dengan standarakuntansi yang ada di Indonesia, terkait pencatatan dan pelaporan keuangannya.

Nilai transaksi yang dapat dicover software ini bisa mencapai 15 digit atau setaradengan 920 triliun. Accurateaccounting dirancang untuk UKM yang ingin mengelola usaha yang telah kompleksdengan mudah, mengelola persediaan, proyek, produksi, asset dengan berbagaikondisi usaha 

 Mudah Digunakan!

           Meskipun fasilitas yang dimiliki cukup kompleks, namun seluruh fasilitas dirancang untuk mudah digunakan, semuanya serba otomatis, mulai dari membuat jurnal akuntansi,menghitung harga pokok produksi, menghitung komisi penjualan, mengkonversi satuan pengukuran, dan sebagainya. Mengelola Persediaan dengan Kemampuan Lebih Setiap penjualan otomatis menghitung harga pokok penjualan dan membuat jurnal pemakaian barang, ini artinya jumlah barang disetiap gudang dapat diketahui setiap saat. Beli barang dalam satuan lusin, kemudian jual dalam satuan pcs, atau sebaliknya software secara otomatis mengkonversi setiap satuan yang digunakan, demikian pula dengan harga pokok barang secara otomatis disesuaikan dengan satuan yangdigunakan. Anda dapat membuat sebanyak mungkin formula konversi satuan yangAnda perlukan.

          Lacaks etiap barang persediaan untuk setiap lokasi/gudang secara mudah, program akan mencatat pergerakan setiap barang di setiap gudang secara otomatis untuk Anda. Anda dapat pula memanfaatkan fasilitas multi gudang ini untuk penjualan barang konsinyasi, dimana Anda menitipkan barang ke suatu toko, maka catat setiappengiriman barang ke toko tersebut sebagai transaksi pindah gudang ke toko,selanjutnya setiap terdapat laporan penjualan dari toko baru dicatat sebagai penjualan dari gudang toko tersebut. Accurate dapat dikolaborasi dengan Program Rene2 yang khusus menangani transaksi retail. Mengelola persediaan menjadi sangat mudah dan cepat, Anda dapat melakukan stok opname setiap saat, mencetak laporan buku besar per barang per gudang, mengetahui mana produk yang paling menguntungkan, paling laris dan lain sebagainya.

           Mengelola Pembelian dan Pengiriman Bertahap Fasilitas pengadaan barang ini akan mengefisienkan proses pembelian suatu barang, mulai dari permintaan pengadaan barang, membuat purchase order, penerimaan barang bertahap dan retur pembelian. Berbagai opsi dan fasilitas menarik tersedia di modul pengadaan barang ini,seperti mencatat kualitas barang yang diterima, mencetak berbgai faktur yang diperlukan, otomatis mengisi item barang sesuai dokumen rujukan, dsb. Mengelola Penjualan Serupa dengan modul pengadaan, modul penjualan ini akan membantu proses penjualan dengan lebih efisien, mulai dari membuat penawaran harga, membuat sales order, pengiriman bertahap dan retur penjualan. Secara otomatis program mencatat jumlah barang yang belum di kirim untuk setiapsales order, sehingga Anda dapat mudah mengontrol berapa barang yang masih harus dikirim ke pelanggan. 

Lebih Lengkap dan Fleksibel

           Edisi Enterprise memiliki banyak keunggulan dilengkapi dengan Modul Kontraktor dan Manufacture dalam mencatat transaksi Khusus Proses Produksi, Kontraktor,menggunakan mata uang asing, mengelola barang di berbagai gudang yang tersebar,berbagai satuan pengukuran dan berbagai laporan pajak. Multi Level Discount Anda dapat menentukan pelanggan golongan tertentu akan mendapatkan discount tertentu bila membeli barang diatas jumlah tertentu,dengan tambahan discount lain bila diatas jumlah tertentu (10%+5%+2%) atau kombinasi antara Discount Persen dan Nominal Multi Level Price Demikian jugadengan harga setiap barang dapat ditentukan berdasarkan golongan pelanggan untuk pembelian diatas jumlah tertentu dengan berbagai formula penentuan harga jual. Expire Data dan Serial Number dan Quantity Control
Catat nomor lot dan tanggal kadaluarsa atau Serial Number setiap barang yangmasuk dan keluar, sehingga mudah dilakukan pelacakan atas penjualan suatu barang, seperti barang elektronik, handphone, makanan dan obat-obatan Multi Unit Setiap transaksi dapat menggunakan fasilitas Multi Unit, misalkan pembelian barang sejumlah 10 box 15 lusin dan 5 pcs. Cukup isi jumlah barang berdasarkan fraksi tersebut, selanjutnya program yang menghitung berapa jumlahsebenarnya.

Perakitan Produk dan Pembongkaran (Assembling & Disassembling).  Kelola rumus produksi setiap barang jadi, cukup isi jumlah yang akan diproduksi, selanjutnya program akan membuat jurnal pemakaian barang secaraotomatis berdasarkan formula tersebut.


Sinkronisasi Data Antar Cabang

            Kemampuan software untuk menyamakan data yang tersebar dilokasi berbeda menggunakan jaringan internet. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan yang memiliki banyak cabang dilokasi yang tersebar, dimana secara otomatis program dapat mengimpor seluruh data cabang ke kantor pusat dengan cepat, sehingga kontrol pusat ke cabang akan jauh lebih baik. Mencatat Biaya Departemen Setiap transaksi dapat Anda hubungkan dengan departemen, seperti pengeluaran gaji dan penyusutan asset untuk suatu departemen. Dengan fasilitas ini Anda dapat menampilkan laporan biaya/pengeluaran untuk suatu departemen dengan mudah.

           Mengelola Pembayaran Memudahkan Anda dalam mengelola piutang usaha, mencetak laporan umur piutang, membuat surat tagihan untuk mengingatkan pelanggan akantagihan yang harus mereka bayar. Bayar tagihan dari pemasok, tulis cek untuk pembayaran dengan mudah, cukup pilih nama pemasok, pilih nomor faktur yang akan dibayar dan jumlah yang akan dibayar, semuanya serba mudah dan otomatis, bahkan Anda dapat membayar dengan giro mundur. 

           Rekonsiliasi  Bank Setiap bulan bank akan mengirimkan laporan transaksi bulanan, Anda dapat melakukan rekonsiliasi (penyamaan) dengan pencatatan oleh software secara mudah, bila perlu Anda dapatmembuat penyesuaian dan mencetak laporan rekonsiliasi bank. Hitung Biaya Penyusutan Asset Otomatis Fasilitas ini membantu Anda mengelola asset perusahaan, mencatat tanggalpembelian, menghitung beban penyusutan secara otomatis dengan berbagai metode,untuk selanjutnya membuat jurnal akuntansi untuk mencatat penyusutan setiapakhir bulan. Input Transaksi Lebih Cepat!

Dengan Fasilitas Memorized Transaction dan Reccuring dapat menghemat waktu anda sekaligus sebagai reminder bagi anda dalam menangani banyak transaksi seperti pembayaran kredit yang dilakukan secara berulang-ulang. Menginput Invoice yang berulang-ulang dengan item, qty dan harga yang sama, dan lain-lain

Mengelola dan Mengontrol Biaya dan Anggaran Proyek
Apakah penjualan Anda berdasarkan pesanan atau produksi masal, Job Costing dan Manufacture merupakan solusi terbaik untuk Anda, sehingga efisiensi produk dapat ditingkatkan. Untuk Kegiatan Proyek (Kontraktor) Anda dapat membuat anggaran setiap proyek per tahapan produksi, sehingga setiap pemakaian barang dan pengeluaran uang dapat dikaitkan ke dalam tahapan proyek untuk selanjutnya ditampilkan dalam laporan perbandingan anggaran dan realisasi proyek.

Sistem 'Reminder'

Bila selama ini Anda selalu lupa kapan suatu tagihan harus dibayar, kapan suatu piutang dapat ditagih dan kapan suatu giro akan cair, maka dengan Accurate Accounting semua masalah itu akan teratasi, program akan menampilkan seluruh piutang, hutang dan giro mundur dalam suatu Root Reminder yang mudah dipahami.

Memonitor Usaha anda di mana saja melalui Smartphone!
Program dilengkapi dengan grafik dan analisa keuangan interaktif yang lengkap dalam satu layar, yang memudahkan Anda sebagai pengusaha dan pemimpin dalam mengetahui kondisi perusahaan secara cepat dan akurat.
Bayangkan kemudahan ini, Anda dapat mengetahui mana pelanggan terbaik Anda,salesman terbaik, kelompok produk paling laris, produk yang paling menguntungkan, produk yang paling rugi, kinerja produk per kategori pelanggan dan berbagai grafik lainnya. Semuanya dapat diperoleh seketika!
Fasilitas Laporan yang Menakjubkan! Seluruh Faktur dan laporan dapat Anda desain ulang sesuai kebutuhan usaha Anda. Fasilitas Report Designer yang disediakan sangat mudah digunakan dengan interface visual yang menarik.

Bagi manajer keuangan atau akuntan yang ingin mengaudit laporan keuangan, cukup klik pada nilai-nilai di laporan keuangan, program otomatis menampilkan laporan perinciannya, dan klik kembali untuk menampilkan transaksi sebenarnya. Seluruh laporan dapat Anda export ke dalam berbagai format seperti MsExcel,MsWord, HTML, PDF, Text, dll. Dengan fasilitas export ini, Anda dapat mengolah lebih lanjut seluruh laporan melalui program MsOffice. Cukup klik satu tombol seluruh laporan dapat di kirim melalui email dengan berbagai format yang attacment yang Anda inginkan. Sungguh mudah!



5. Simply Accounting

images-2-5947811dd3493a2fe02c0712.jpg
images-2-5947811dd3493a2fe02c0712.jpg

          Dalam pengoperasian software ini hampir sama dengan MOAE, dimana sangat mudah tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi, sehingga cocok bagi bisnis usaha kecil atau rumah tangga. Dimana aplikasinya hanya memasukkan data transaksi dari data sumber (faktur, slipsetor, dan nota-nota lainnya) tanpa harus melakukan penjurnalan terlebih dahulu. Kemudian MOAE bisa secara otomatis menghasilkan laporan keuangan atau laporan lainnya sewaktu-waktu.
Namun mengingat software ini merupakan produk luar, sedikitnya software inimenjadi kurang favorite digunakan untuk bisnis UKM di Indonesia, dalam hal perpajakan maupun kondisi bisnisnya.


6. Dac Easy Accounting


images-5947812766feb0207019bc03.jpg
images-5947812766feb0207019bc03.jpg

          Dac Easy secara aplikatifnya bisa memenuhi kebutuhan untuk UKM terkait tersedia fitur pengelolaan pelanggan.Transaksi dengan volume yang besar pun bisa tercover oleh software ini. Pengoperasiannya juga cukup mudah dipahami dan juga kemudahan dalam menghasilkan laporan keuangan. Namun jika dibandingkan dengan software lokal seperti Zahir dan Accurate dengan tak kalah kekuatan fiturnya, masalah harga dari Dac Easy Accounting ini akan membuat software ini tidak menjadi pilihan favorite untuk bisis UKM. Disamping itu, lagi-lagi kendala masalah perpajakanjuga membuatnya kurang favorite.


Kesimpulandan Rekomendasi

          Dari analisis diatas, penulis memiliki rekomendasi bagi pembaca terkait software mana yang paling ideal untuk digunakan oleh pelaku bisnis UKM di Indonesia. Ada 2 software yang sebenarnyamenjadi favorite, yakni Zahir dan Accurate. Penulis melihatnya dari sisi kesesuaian dengan kondisi bisnis UKM dalam negeri, dimana keduanya sudah dari awal memang dirancang untuk UKM di Indonesia. Dalam hal fitur,akurasi laporan keuangan yang dihasilkan kedua software ini tidak kalahdibanding software-software dari luar. Kemudahan pengaplikasiannya pun menjadi nilai tambah bagi software ini.


          Melakukan perbandingan dari kedua software di atas (Accurate dan Zahir), penulis berpendapat Accurate lebih memiliki keunggulan. Disamping sangat pas buat UKM,accurate juga bisa dikembangkan untuk kapasitas yang lebih besar, yakni dapat mencatat transaksi dalam berbagai mata uang (multi currency), multi sales tax,multi user, multi company, multi level discount, multi unit, dan multiwarehouse.
          Untuk kepentingan audit, accuratejuga sangat membantu dalam kegiatan pemeriksaan. Accurate memiliki fitur audittrial dimana fitur ini bisa mengakses kembali semua pencatatn transaksi yangdiisi, diubah, atau bahkan yang telah dihapus oleh seseorang. Dan Fasilitas inidapat diaktifkan atau di non-aktifkan melalui menu preferences. Berbeda dengansoftware lain yang ketika dilakukan penghapusan, datanya tidak lagi bisadiakses kembali. Ketika dilakukan peng-inputan transaksi, data langsung bisamasuk menjadi sebuah laporan. Fitur ini menyajikan bentuk summary transakisyang telah terjadi, melihat transaksi yang telah dihapus berikut dengan alasandilakukan penghapusan atau pengeditan data. Kemudian kondisi atau keadaankeuangan sementara sewaktu-waktu dapat ditelusuri.

          Rekomendasi yang penulis berikan hanyalah pendapat pribadi penulis dari pendekatan-pendekatan kelebihan dari sudut pandang penulis. Para pembaca sebaiknya memilih disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang dijabarkan.


Sumber: http://hidayatjundullah.wordpress.com/2010/05/03/perbandingan-software-akuntansi-buat-ukm-di-indonesia/