Mohon tunggu...
Akhmad Sujadi
Akhmad Sujadi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Enterpreneur

Entepreneur

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Sentuhan Aksi Pelni untuk Indonesia

25 November 2014   18:20 Diperbarui: 17 Juni 2015   16:54 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_377993" align="aligncenter" width="300" caption="Kapal New Kelud bersandar di Pelabuhan Tanjungpriuk (foto; Sujadi)"][/caption]

Oleh: Akhmad Sujadi

Jumat (21/11) sejumlah tamu undangan yang berkumpul di dermaga Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menjadi saksi sentuhan kecil aksi untuk Indonesia. Pagi yang cerah memberikan sinar harapan bagi seluruh rakyat di nusantara atas dilaunchingnya  KM Kelud Jakarta-Batam-Medan dengan Wajah baru, New Kelud. Launching KM Kelud ini adalah salah satu wujud keseriusan manajemen dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa kapal PELNI. Peningkatan dan perbaikan pelayanan yang dilakukan ini tidak hanya menyangkut renovasi fisik kapal saja, akan tetapi sistem dan standar layanan juga  di up-grade.

Perbaikan fisik terkait pada docking kapal yang dilaksanakan secara berkala. Docking kapal bukan hanya untuk perawatan kapal, namun juga untuk memperbaiki dan  mengganti bagian-bagian kapal yang rusak. Docking  bertujuan menjaga kondisi kapal tetap baik dan stabilitas mesin kapal terjaga serta dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Docking merupakan persyaratan mutlak yang harus dipenuhi untuk kelaikan kapal berlayar oleh Badan Klasifikasi Indonesia (BKI) dan  merupakan salah satu upaya manajemen untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jasanya.

Dirut PT. PELNI Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan, docking KM Kelud kali ini adalah special docking. Karena docking kali ini tidak hanya merubah kapal dengan memperbaharui design interior, menambah fasilitasnya seperti  mini gym dan kids playground, namun juga merubah pola layanan dan memotivasi anak buah kapal (ABK) KM Kelud untuk mulai berorientasi kepada pelanggan. Mulai membangun suatu pemahaman bahwa pelanggan adalah Raja.

“Docking” non fisik, lanjutnya  diberlakukan kepada ABK  khususnya yang bertugas sebagai frontliner, hal ini dimaksudkan untuk peningkatan kompetensi ABK KM Kelud. Peningkatan kompetensi ini terbagi menjadi dua, yaitu pelatihan kesamaptaan yang bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Rindam IV/ Diponegoro serta pelatihan hospitality. Materi kesamaptaan yang diberikan terkait dengan dasar kedispilinan, bidang pengetahuan Hankamnas, bidang ketrampilan lapangan, dan bidang jasmani militer.

[caption id="attachment_377994" align="aligncenter" width="300" caption="Petugas On Ship Cleaner membersihkan Toilet Kapal Kelud dalam perjalanan (foto: Sujadi)"]

14168890331884251421
14168890331884251421
[/caption]

Melalui pelatihan kesamaptaan ini, manajemen berharap agar ABK KM Kelud terlatih lebih tangguh dan berdaya juang dalam menghadapi segala situasi yang terjadi  di  atas kapal. Sedangkan pelatihan bidang hospitality terkait  dengan  greeting dan gesture pada saat berinteraksi dengan pelanggan. "Pelatihan  ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun sikap melayani dan memenuhi standard pelayanan yang lebih baik kepada penumpang kita. Hal ini penting untuk dilaksanakan, mengingat ini adalah character perusahaan yang harus dibangun," terang Dirut yang biasa dipanggil Wimbo ini.

Kami menyadari docking  KM Kelud ini masih jauh dari sempurna, prosesnya masih terus berjalan hingga saat ini, namun komitmen kami 100%  untuk memberi yang terbaik kepada pelanggan, maka dari itu  kami akan terus membenahi diri agar armada kami dapat menjadi pilihan pelanggan. Khusus untuk penumpang dengan tujuan Batam Belawan, kami  mohon maaf atas ketidaknyamanan dalam pelayaran karena masih ada bagian-bagian KM Kelud yang masih dalam proses renovasi.

Corporate Secretary PT. PELNI Yahya Kuncoro menambahkan, special  docking ini bukan hanya untuk KM Kelud saja, namun dalam waktu dekat ini, KM Tidar dan KM Pangrango juga akan melaksanakan dock dan disusul kapal-kapal yang lain.Harapan manajemen PELNI dengan special docking ini, dapat memberikan nilai tambah bagi setiap kapal PELNI serta mampu memberikan kenyamanan dan daya tarik tersendiri bagi pengguna jasa kapal PELNI untuk menjadi pelanggan yang lebih loyal.###

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun