Bagaimana Membeli, Memilih Jenis Sepeda yang Cocok

13 Desember 2011 07:39:43 Dibaca :

Dunia bersepeda pada zaman sekarang banyak menawarkan berbagai jenis sepeda yang membuat kita bingung, dipasaran banyak beredar sepeda jenis sepeda gunung / mountain bike (MTB) dan Road bike / sepeda jalan raya. Untuk MTB masih terbagi lagi berbagai jenis : XC (Cross Country) All Mountain, Free Ride, Down Hill, sedangkan untuk Road Bike juga ada berbagai jenis seperti Competitive road, Endurance, TT (time trial), Fixed Gear (single speed), Yang saya sebutkan diatas adalah sepeda yang banyak kita jumpai di jalan, di gunung. Nahh agar kita tidak dipusingkan jenis apa yang cocok dengan kebutuhan dan keinginan kita, simak tips dan triks untuk memudahkan kita memilih sepeda, dan pastinya tepat guna. A. Untuk Sepeda Mountain Bike (Sepeda Gunung). XC (Cross Country) : Kebanyakan dari jenis sepeda XC berbobot ringan memiliki suspension dibagian depan agar bisa menjelajahi medan off road yang tidak terlalu menurun, sepeda jenis XC ini bisa melibas tanjakan, jalan berkontur makadam, berlumpur, menaklukan single treck dan pastinya sepeda ini bisa dipacu dengan kecepatan maksimal di medan off road. All Mountain :

Sedikit perbedaan dengan sepeda jenis XC, sepeda All mountain terlihat lebih berotot, kekar, berbobot lebih berat, dibekali dual suspensi depan dan belakang, yang digunakan untuk melibas medan off road yang berkontur menurun diselelingi jumping, jenis all mountain tidak cocok untuk medan yang banyak tanjakan curam. Freeride / Downhill :

Sepeda jenis ini hanya diperuntukan jalan menurun dan lompatan yang tinggi pada jumping, Frame terasa sangat berat bila dibandingkan dengan sepeda XC atau All Mountain, memiliki dual suspensi, depan bertype double crwon dengan ketinggian trafel berkisar 160 cm keatas kelihatan sepeda mendonggak, suspensi belakang juga wajib ada untuk sepeda ini. Dengan berat dan dual suspension agar bisa tetap stabil dalam menaklukan ekstrem-nya medan down hill. B. Untuk sepeda Road bike (sepeda jalan raya / sepeda balap) Competitive Road

Ini adalah jenis sepeda yang digunakan para atlet dalam berkompetisi, sangat ringat, bobot hanya 5 Kg. Tapi harga untuk jenis Competitive Road ini benar benar tidak seringan bobot sepedanya, untuk frame saja harga kurang lebih Rp.19.000.000 bahan berjenis serat karbon. Nah bila senang bersepeda di jalan aspal ini adalah salah satu pilihan yang pintar untuk dipilih. Endurance Road Sepeda jenis ini berbeda dengan competitive road, frame dari endurance road lebih tahan banting pada jenis jalan aspal yang tidak rata / jelek, sepeda ini cocok bagi yang suka ngebut tapi berhadapan dengan jalan yang tidak bagus. TT (time trial)

Ini adalah sepeda road yang sebenarnya, ringan dengan lekuk frame yang aero dinamis yang didesain untuk mengalahkan serbuan angin dari depan, sepeda jenis ini banyak digunakan atlet untuk berkompetisi dalam Time Trial / Triatlon yang membutuhkan kecepatan tinggi Single speed (Fixed Gear / Fixie)

Ini adalah jenis sepeda yang lagi booming dikalangan anak remaja saat ini, sepeda yang mamakai satu gear tanpa butuh pindah gear, tanpa rem, sepeda jenis ini hanya cocok dipakai dijalan aspal yang rata di perkotaan, dan dipakai bersantai. Dari penjelasan tentang sepeda diatas, kita harus mempunyai gambaran sepeda apakah yang cocok untuk kebutuhan bersepeda kita baik untuk kesehatan, sekedar bersantai sambil bersepeda atau memang khusus untuk berkompetisi. Yang paling penting lagi semangat untuk tetap bersepeda demi menjaga kesehatan dan meminimalkan polusi. Demikian tips dan trik ini agar tidak salah memlilih jenis sepeda sesuai kebutuhan pemakaian Semoga bermanfaat

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?