Alamsyah Agus
Alamsyah Agus

Master Degree's student in Social and Behavioral Sciences Department at Nanjing University; China

Selanjutnya

Tutup

PIPIT Goes 2 School Region of Sulawesi "Inspiring Summer" 2017

12 Agustus 2017   12:06 Diperbarui: 12 Agustus 2017   12:43 160 0 0
PIPIT Goes 2 School Region of Sulawesi "Inspiring Summer" 2017
koleksi pribadi

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok cabang Nanjing kembali menunjukkan kontribusi dan kepeduliannya kepada generasi muda di tanah air, kali ini dengan melaksanakan program edukasi PIPIT Goes 2 School dengan tajuk "Inspiring Summer" kepada para pelajar SMA/SMK/MA sederajat di berbagai kota di Indonesia.

Terkhusus untuk kegiatan PIPIT Goes 2 School di bumi Sulawesi, pada liburan musim panas tahun ini dilaksanakan di 3 Sekolah, terdapat 2 sekolah yang berlokasi di Kabupaten Jeneponto, yaitu Pondok Pesantren An Nuriyah Bonto Cini dan SMA Negeri Khusus Kab. Jeneponto. Sedangkan 1 sekolah lainnya bertempat di Kota Makassar yaitu SMA Negeri 14 Makassar.   

Pelaksanaan kegiatan PIPIT Goes 2 School Region of Sulawesi 2017 dikoordinatori oleh Alamsyah yang merupakan mahasiswa Nanjing University. Dalam prosesnya, Alhamdulillah kegiatan ini mendapatkan bantuan, dukungan, dan elaborasi yang ciamik dari teman-teman di Pusat Bahasa Mandarin (PBM) Universitas Hasanuddin. Mereka yang tergabung sebagai panitia acara pelaksanaan kegiatan Goes 2 School ini adalah para volunteer (sukarelawan) yang memiliki minat belajar bahasa dan budaya tiongkok serta mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu melalui program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Tiongkok.

Adapun para volunteer kece dan menginspirasi yang terlibat dalam kegiatan PIPIT Goes 2 School Region of Sulawesi 2017 ini yaitu Munatsir yang akan berangkat ke Huazhong University of Science & Technology, Al Ichsan di Tianjin Normal University, Fajrin Saleh dan Nur Utami Sijaya mendapatkan kesempatan belajar di Nanchang University, Vina Oktaviana yang sedang mendalami bahasa mandarin di PBM Unhas, dan Andi Arifuddin Alam atau yang dikenal sebagai Wang Laoshi yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengambil program Magister di tahun berikutnya melalui jalur beasiswa Chinese Government Scholarship.      

koleksi pribadi
koleksi pribadi

Tahun ini, kegiatan dilaksanakan sebanyak 2 hari, yaitu pada hari Sabtu, tanggal 29 Juli 2017 di Pondok Pesantren An Nuriyah Bonto Cini dan SMA Negeri Khusus di Kabupaten Jeneponto dan pada hari Senin, tanggal 31 Juli 2017 di SMA Negeri 14 Makassar.

Dalam serangkaian kegiatan PIPIT Goes 2 School, para sukarelawan menginformasikan beragam jenis beasiswa (Chinese Scholarship Council, Jasmine Scholarship, dll) dan kiat-kiat untuk melanjutkan studi di luar negeri, serta mengenalkan bagaimana mahasiswa Indonesia yang berkesempatan untuk menuntut ilmu di luar negeri khususnya di Negeri Tirai Bambu, dengan tujuan untuk membagi pengalaman dan motivasi kepada adik-adik yang masih menuntut ilmu di Indonesia agar dapat termotivasi dan tetap melanjutkan sekolah demi masa depannya kelak.

"Kita tentu berharap, dari kegiatan edukasi ini minat dan pengetahuan pelajar mengenai info beasiswa dan tips-tips kuliah di luar negeri khususnya menimba ilmu di negeri Tirai Bambu akan meningkat, dan siapa tahu mereka-mereka kelak akan menjadi pelajar yang sukses dan pemimpin di masa depan" ujar Wang Laoshi.

Selain diisi dengan presentasi terkait kiat-kiat untuk melanjutkan studi di luar negeri khususnya di negara Tirai Bambu, juga dilakukan sesi tanya jawab. Terlihat para pelajar begitu antusias bertanya mengenai bagaimana pola kebiasaan dan budaya masyarakat Tiongkok, toleransi beragama, ketersediaan makanan halal dan sarana Ibadah, kondisi iklim, kemajuan teknologi, dan sebagainya. 

koleksi pribadi
koleksi pribadi

Dalam kesempatan itu juga, Wang Laoshi tampil atraktif dalam memberikan permainan edukatif bahasa mandarin kepada para siswa-siswi. Para peserta yang hadir terlihat sangat bersemangat dan antusias mengikuti permainan yang aplikatif, diantaranya menebak kata, angka, dan bagaimana memperkenalkan diri dalam bahasa mandarin. Peserta yang terlibat aktif diapreasi dengan mendapatkan souvenir berupa post card yang telah disediakan oleh Pusat Bahasa Mandarin Universitas Hasanuddin.

koleksi pribadi
koleksi pribadi

Di akhir sesi acara, para sukarelawan dan peserta menyempatkan diri untuk berfoto bersama sebagai memorabilia yang akan tetap dikenang hingga dikemudian hari.

koleksi pribadi
koleksi pribadi

koleksi pribadi
koleksi pribadi

Serpihan Rindu dari Negeri Tirai Bambu^^

"Merantau bukan menjadi halangan untuk terus berkarya dan berbakti kepada Ibu Pertiwi"

koleksi pribadi
koleksi pribadi

koleksi pribadi
koleksi pribadi