Mengungkap Rahasia Kuis Interaktif di TV

17 Juni 2015 23:42:40 Diperbarui: 19 Juni 2015 19:45:10 Dibaca : 54123 Komentar : 1 Nilai : 1 Durasi Baca :
Mengungkap Rahasia Kuis Interaktif di TV

Mengungkap Rahasia Kuis Interaktif di TV - Dalam setiap acara di Televisi merupakan sebuah moment yang tepat untuk perusahaan berlomba-lomba menjadi sponsor acaranya. Dengan begitu, perusahaan akan mendapatkan jangkauan iklan yang lebih luas dibandingkan dengan mengiklankan di jeda komersial.

Ada berbagai macam brand mensponsori suatu acara televisi, bisa dengan membuat semacam booth dan ada SPG nya, ada yang membuat kuis interaktif, ada juga yang hanya memasang banner iklan saja di bagian dekorasi panggungnya.

Untuk kesempatan pada artikel kali ini, ane akan memberikan sedikit pengetahuan yang kami dapatkan dari Internet juga, yaitu tentang Rahasia-rahasia yang ada di Kuis interaktif. Mungkin banyak yang mengira adalah penipuan, dan promosi belaka, padahal kuis interaktif itu benar-benar nyata.

1. Kenapa Nama Penelepon dimunculkan terlebih dulu, padalah host belum bergaya mengangkat telepon?

Jawabannya, sebenarnya si penelepon sudah terhubung dengan operator yang ada di stasiun TV, untuk dimintai data dulu dan disuruh menunggu, jadi editornya bisa menuliskan nama dan nomor telepon dilayar televisi. Kemudian ketika momennya sudah tepat, maka telepon akan dihubungkan ke Hostnya.

2. Pertanyaannya kenapa mudah sekali?

Jawabannya, karena Penelepon yang sudah berhasil menelepon itulah sebenarnya sudah otomatis jadi pemenangnya, karena telah terpilih sebagai penelepon yang diterima dari ratusan dan mungkin ribuan penelepon yang tidak bisa menghubunginya. Sehingga pertanyaannya dibuat mudah, itu hanya untuk memeriahkan acara kuisnya saja (sebagai formalitas), bahkan terkadang malah diberi tahu jawabannya sama host acaranya.

3. Kenapa hadiah harus dipotong pajak ?

Jawabannya, itu sudah mutlak karena sudah diatur dalam undang-undang berdasarkan Keputusan Dirjen Pajak No. KEP-395/PJ/2001. Besaran pajaknya bervariasi, ada yang 15%, 20% dan tertinggi adalah 25%. Tetapi untuk pemenang undian/kuis itu besar tarif pajaknya adalah 25% yang pasalnya berbunyi

"Hadiah undian atau lotere dianggap sebagai penghasilan, dan akan dikenakan tarif pajak sebesar 25 %"

4. Pemenang dapat hadiah gratis, Penyelenggara dapat pemasukan dari mana?

Jawabannya, pertanyaan yang mungkin ada dibenak anda. Ane jelaskan ya, bahwa penyelenggara kuis interaktif itu tidak menginginkan pemasukan, karena keinginannya adalah promosi artiny

a produk sponsor ingin lebih dikenal dimasyarakat, tidak membutuhkan pemasukan dari kuis interaktif tersebut.

Kuis interaktif yang hadiahnya hanya jutaan tersebut bagi perusahaan sponsor adalah hanya seperti gumpalan upil semata, jadi buat apa narik penghasilan dari kuis tersebut? Jadi intinya, sponsor/penyelenggara kuis tidak menjadikan kuis ini sebagai ladang bisnis, hanya untuk sekedar promosi saja, lihat saja banner, booth, dan atribut sponsor yang ada di acara tersebut, itulah yang diinginkan sponsor, yang diharapkan agar brandnya dikenal oleh masyaratakan luas, khususnya yang menonton acara tv saat itu juga.

Berbeda lagi dengan kuis interaktif yang untuk mengikutinya harus mengirimkan SMS pendaftarannya. Bisa jadi itu narik pemasukan dari SMS REG itu, per SMS itu bisa sampai Rp 2.000 lho, bayangkan jika yang daftar seribu orang saja. Sudah mencapat total 2 Juta rupiah. Dan mirisnya lagi, terkadang SMS yang pake Ketik REG spasi Mobil kirim ke Bengkel itu, ketika ada SMS dengan nomor yang kita kirimi itu, pulsa akan berkurang dengan sendirinya. haha

5. Kenapa untuk ikut kuis interaktif itu sulit?

Jawabannya, banyak yang bertanya, itu buat daftarnya gimana ya? ada berbagai macam cara untuk mendaftarnya, bisa melalui kuis di twitter, ada yang daftar pake email, dan sebagainya. Tetapi dulu ane beranggapan, karena banyak sekali yang menelepon, mungkin ratusan dan ribuan orang menelepon secara bersamaan. Sebagai contoh, apakah bisa anda menelepon teman anda yang sedang menerima telepon? tentunya jawabannya tidak, pasti anda akan menerima pemberitahuan bahwa nomor yang anda telepon masih menerima panggilan atau pemberitahuan yang lain.

Nah, untuk yang bisa lolos menelepon kuis interaktifnya, maka dialah yang beruntung, dan sudah pasti akan menjadi pemenangnya, seperti yang telah ane sebutkan di poin nomor 2 tadi.

Oke, itulah sedikit penjelasan dari saya yang sok berlogika ini. Informasi ini saya dapatkan dari berbagai sumber di Internet yang kami kemas sedemikian rupa, sehingga buat anda yang belum tau seluk-beluk kuis interaktif, bisa membaca artikel ini dan semoga bermanfaat. Jika ada point yang salah, mohon untuk yang lebih tau untuk memberikan masukan, sehingga saya tidak di bully, karena sok tau :D hahaha

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana