Dalam mata dunia, media dan pasar global ialah Globalisasi media mengikuti perdagangan dan hubungan internasional. Hal ini terjadi karena sifat dan cakupan media modern memungkinkan untuk melintasi batas-batas tradisional ruang dan waktu. Sistem media global secara simultan juga memberikan warna dan selera yang sama dalam proses komunikasi global dan pada umumnya sistem program acara berita dan hiburan merupakan andalan dalam proses tersebut. Kehadiran sistem media global memungkinkan khalayak bisa memilih program acara lintas benua, lintas sosial, lintas ekonomi dan lintas kebudayaan. Kecenderungan inilah yang memacu pada aspek homogenisasi dan westernisasi program media, karena kebanyakan program media baratlah yang menguasai pangsa khalayak global.
Didalam materi media dan pasar global juga membahas tentang:
konvergensi
Konvergansi telah merambah dan mengubah pola-pola dasar kehidupan manusia. Konvergensi mengubah hubungan antara teknologi, industri, pasar, dan gaya hidup. Pola-pola produksi dan pola konsumsi berubah, dan penggunaannya berdampak pada level ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Di era multimedia, konvergensi ini sangat mungkin dilakukan jika konten yang diproduksi telah hadir dalam bentuk digital. Internet dan komputer berperan besar dalam konvergensi media.
Perdagangan global dalam produk media
Yang dimaksud dengan perdagangan global disini ialah adanya sesuatu yang diperjual belikan oleh negara atau institusi yang terkait dengan perdagangan global. Dimana hal itu dilkakukan oleh penduduk negara lain atas kesepakatan bersama. Hal ini mendorong industrialisasi, kemajuan transfortasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaan multinasional. Perdagangan global dalam produk media ini ialah seperti sebuah negara yang mempunyai suatu industri yang mencetak produk maupun industri film, makanan, make up dan lain lain. Mereka membuat suatu iklan untuk produk mereka dan dijual ke negara-negara yang telah sepakat akan perdagangan global media tersebut.
Berita Global dan jaringan informasi
Kantor Berita atau News Agency adalah sebuah organisasi atau lembaga jurnalis yang bertugas untuk mengumpulkan berita dan menjualnya ke organisasi, perusahaan atau lembaga pemberitaan lainnya baik yang berupa media cetak seperti surat kabar dan majalah maupun media elektronik seperti situs berita online serta stasiun siaran radio dan televisi.
Kemudian ada beberapa macam macam Kantor berita internasional, seperti:
Associated Press
Associated Press adalah kantor berita yang terbesar di dunia organisasi dalam pengumpulan berita, melayani lebih dari 15.000 organisasi berita di seluruh dunia dengan berita, foto, grafik, audio dan video, mengklaim itu Lebih dari satu miliar orang setiap hari membaca, mendengar, atau melihat berita AP.