Wow, Perang Survey Capres

26 Oktober 2011 11:13:10 Dibaca :

Ada hasil survei capres yang menyebut Ical  berada di bawah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Survei lembaga riset Jaringan Suara Indonesia (JSI) yang bertajuk ‘Evaluasi Dua Tahun Pemerintahan SBY dan Preferensi Pilihan Parpol dan Presiden’ mengatakan bahwa Megawati akan memenangkan pemilihan presiden, apabila pilpres dilangsungkan saat ini. Namun lucunya bedadengan  hasil survey lainnya, di mana Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie dalam survei yang dirilis Reform Institut menempatkan Aburizal Bakrie sebagai capres terkuat untuk  Pilpres 2014 nanti.

Eh, paling terkini ada lagi survey lain, nama Mahfud MD masuk dalam daftar capres/cawapres terpopuler. Kali ini dalam survei yang dilakukan Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS), menempatkan ketua Mahkamah Konstitusi itu dinobatkan sebagai bakal cawapres terpopuler untuk Pilpres 2014.

wow..

Tapi, bentar dulu, ini ada yang aneh: SSS di lain tempat juga merilis hasil survei terbarunya di mana  Prabowo Subianto ada di urutan teratas. Yang benar yang mana? itu diungkapkan di Rabu ini (26/10/2011) yang menempatkan Prabowo Subianto pada posisi teratas daftar calon presiden 2014. Sebaliknya, nama Megawati Soekarnoputri yang menjadi saingan Prabowo dalam beberapa survei, justru menghilang.

Itu soal survey capres lain lagi dengan survey partai, survey  Jaringan Suara Indonesia (JSI) mengungkapkan bahwa partai Demokrat, tetap menempati posisi teratas dalam hal elektabilitas dibandingkan partai lainnya. Survei JSI bahkan menunjukkan, meski Demokrat banyak dirundung masalah kasus megakorupsi nazaruddin dan tingkat kepopuleran SBY menurun tetapi masih merupakan partai yang memiliki elektabilitas tertinggi. Bila pemilu dilakukan saat ini maka Partai Demokrat masih dianggap sebagai partai pemenang pemilu di Indonesia.

Ini survey apa survey? Pokoknya lain jaringan lain hasil, atau tergantung pemesan?

Seand Munir

/seand_munir

Без кота́ мыша́м раздо́лье.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?