Mohon tunggu...
Satinisa Sa
Satinisa Sa Mohon Tunggu... -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Money

Strategi Internasional Level Bisnis

18 Juli 2017   15:07 Diperbarui: 18 Juli 2017   17:07 673
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Petimbangan menerapkan strategi ini yaitu perusahaan ingin mengembangkan domestic-market strategieskarena dapat menggunakan kemampuan dan core competenciesyang sebelumnya telah berhasil diterapkan pada pasar domestik dengan harapan diikuti keberhasilan dalam pasar internasional.

            Kondisi pasar domestik akan mempengaruhi kemampuan perusahaan dan core competenciesuntuk berkompetisi dalam pasar internasional. Berdasarkan analisis Michael Porter, terdapat empat faktor penentu national advantageyang mempengaruhi pemilihan international business-level strategy.

  • Factor of Production
  • Ketersediaan faktor produksi mengacu pada input yang dibutuhkan perusahaan untuk bersaing dalam pasar internasional seperti tenaga kerja, tanah, sumber daya alam, modal, dan infrastruktur.
  • Demand Conditions
  • Permintaan pasar dicirikan dengan sifat dan jumlah kebutuhan konsumen. Perusahaan yang memenuhi permintaan konsumen dalam jumlah besar akan berkembang skala efisiensi, kemampuan, dan core competencies-nya.
  • Related and Supporting Industries
  • Strategi, struktur dan rivalitas antarperusahaan mempengaruhi national advantagekarena semakin ketatnya kompetisi, usaha untuk menjadi perusahaan unggul semakin kuat. Hal ini memberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara.
  • Strucural Characteristic of a Specific Economy
  • Kebijakan pemerintah sangat mempengaruhi pemilihan international business-level strategy.Bagaimana persaingan diatur berada di bawah kendali pemerintah. Maka perusahaan harus mempelajari berbagai faktor eksternal termasuk pengaruh penerapan strateginya nanti jika berhadapan dengan kebijakan pemerintah negara bersangkutan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun