HIGHLIGHT

Perang "Pasola" Lamboya Berlangsung Aman

14 Februari 2012 19:39:00 Dibaca :
Perang "Pasola" Lamboya Berlangsung Aman

Atraksi "perang" pasola Lamboya di Sumba Barat

Pasola Lamboya Kabupaten Sumba Barat tahun 2012 ditetapkan berlangsung tanggal 14 Februari 2012. Meskipun sempat terjadi sedikit kericuhan karna salah satu pemain/peserta pasola yang tidak terima karna terkena lembing lawan dan kemudian berusaha melakukan perlawanan fisik. Namun pihak kemanan yang sigap segera mengamankan pemain tersebut dan pertandingan dapat kembali dilanjutkan.

Kecamatan Lamboya,  Kabupaten Sumba Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Letaknya sekitar 20 kilometer dari Waikabubak, Ibukota kabupaten Sumba Barat. Ritual Pasola ini dilakukan berdasarkan ajaran leluhur orang Sumba, Marapu. Sebuah keyakinan yang mulai ditinggalkan pengikutnya.

Yang menarik dari pasola ini selain karna merupakan atraksi yang unik dan hanya ada di pulau Sumba, namun juga karena "perang-perangan" ini menuntut konsentrasi, stamina juga strategi dari pemainnya. bagaimana tidak, satu tangan erat menggenggam tombak, tangan lain mengendalikan tali kekang kuda. dengan Berbekal doa dari leluhur sang pemain harus siap menghadapi bahaya bahkan nyawa jadi taruhan dalam upacara adat ini dan hukum legal tidak berlaku di arena pasola.

1329247925557880464

Teriknya matahari tidak menyurutkan niat para penonton untuk menyaksikan hingga selesai. pria dan wanita dengan dibalut tenunan khas sumba menjadi pemandangan yang menarik di arena pasola. Para MUSPIDA Kabupaten Sumba Barat bahkan mengenakan pakaian adat lengkap sebagai wujud cinta budaya.(sd)

Sandro Dandara

/sandrodandara

Putra Sumba Kelahiran Kupang.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?