HIGHLIGHT

Shalat Subuh dan Keajaibannya

25 September 2010 20:45:00 Dibaca :

Shalat Subuh menjadikan seluruh umat berada dalam jaminan, penjagaan, dan perlindungan Allah sepanjang hari, petikan riwayat HR Muslim, At-Tarmidzi dan Ibnu Majah, yang bunyi lengkapnya seperti ini, “Barang siapa yang menunaikan shalat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Shalat Subuh menjadikan seluruh umat berada dalam jaminan, penjagaan, dan perlindungan Allah sepanjang hari. Barang siapa membunuh orang yang menunaikan shalat Subuh, Allah akan menuntutnya, sehingga Ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka” Bagi kita yang beragama islam sudah barang pasti wajib melakukan shalat 5 waktu, tapi seringkali dalam menjalankan Shalat Subuh, kita sering kesiangan menjalankannya, bahkan tidak sama sekali (Astaghfirullah...) entah di karenakan tidak mendengar suara adzan, masuk kerja malam, ataupun jauh dari masjid, padahal kalau kita tilisik lebih dalam, di antara shalat 5 waktu lainnya, Shalat Subuh sangat berperan penting terutama bagi kesehatan Tubuh Kita, serta banyak keajaiban - keajaiban di balik perintah menjalankan Shalat Subuh, apalagi bagi kita yang mau menjalakan shalat subuh Berjamaah di masjid, “…dan barangsiapa shalat subuh berjamaah, seolah-olah ia menegakkan shalat semalam suntuk” (HR Muslim) dan salah seorang pemimpin Yahudi pernah menyatakan, bahwa mereka tidak takut dengan orang Islam kecuali pada satu hal, jika jumlah jamaah umat Islam pada saat sholat Subuh mencapai sama jumlahnya dengan sholat Jumat. Subhanallah... sungguh besar keajaiban di balik perintah shalat subuh.. Berikut adalah Hikmah yang bisa kita dapat dari Shalat subuh :

  1. Sholat Subuh adalah faktor dilapangkannya rezeki Dalam QS. AT-Thalaq : 2-3 ” barang siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberikannya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka.”
  2. Sholat Subuh menjaga diri seorang muslim Imam Muslim meriwayatkan dalam shohihnya, dengan sanadnya sendiri, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda ” Barangsiapa melaksanakan Shalat subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah, maka jangan sampai Allah menarik kembali jaminanNya kepada kalian dengan sebab apapun. Karena barang siapa yang Allah cabut jaminanNya darinya dengan sebab apapun pasti akan tercabut. Kemudian Allah akan telungkupkan wajahnya dalam neraka jahanam ”
  3. Sholat Subuh sama dengan sholat malam semalam suntuk Rasulullah SAW bersabda bahwa ” Barang siapa yang melaksanakan Shalat Isya secara berjamaah maka ia seperti Shalat malam separuh malam. Dan barang siapa yang melaksanakan Shalat Shubuh secara berjamaah maka ia seperti Shalat malam satu malam penuh.”
  4. Sholat Subuh adalah tolok ukur keimanan Nabi bersabda, ” Batas antara kita dengan orang munafik adalah menghadiri Shalat Isya dan Shubuh sebab orang-orang munafik tidak sanggup menghadiri kedua Shalattersebut.”
  5. Sholat Subuh adalah penyelamat dari neraka Muslim meriwayatkan dalam shahihnya, demikian juga Imam Ahmad dalam Musnadnya, bahwasanya rasulullah SAW bersabda : ” Tidak akan masuk neraka orang yang melaksanakan Shalat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamya.”
  6. Sholat Subuh adalah salah satu penyebab seseorang masuk surga Bukhori mengeluarkan dalam Shohihnya dengan sanadnya bahwa Rasulullah SAW bersabda ” Siapa yang melaksanakan Shalat dua Shalat bardain, ia masuk surga.”
  7. Sholat Subuh akan mendatangkan nikmat berupa bisa melihat wajah Allah yang mulia Raulullah SAW bersabda ” Sesunguhnya kalian nanti akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan ini atau kalian tidak akan kesusahan untuk melihatNya. jika kalian sanggup untuk tidak meninggalkan Shalatsebelum terbit matahari dan sebelum tenggelamnya maka lakukanlah. ” kemudian beliau membaca ayat ini Dan bertasbihlah dengan memuji Rabb Mu sebelum terbit matahari dan sebelum tenggelamnya. ( QS. Thaha : 30 )
  8. Sholat Subuh adalah suatu syahadah (kesaksian, bukti), khususnya bagi yang konsisten memeliharanya Rasulullah SAW bersabda ” Malaikat-malaikat siang bergantian mendampingi kalian dengan malaikat- malaikat malam, dan mereka berkumpul pada waktu Shalat Shubuh dan Ashar. setelah itu malaikat yang semalaman menjaga kalian naik ke langit lalu Allah bertanya kepada mereka-dan dia lebih tau tentang mereka-Bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaku? mereka menjawab ”kami meningalkan mereka dalam keadaan Shalat dan kami datang kepada mereka ketika mereka shalat.”
  9. Sholat Subuh adalah kunci kemenangan Bukhori meriwayatkan dengan sanadnya bahwa apabila Rasulullah SAW hendak menyerbu suatu kaum beliau menundanya hingga tiba waktu subuh, Jika belia tidak memerangi di pagi hari beliau tunggu hingga matahari tergelincir dari tengah-tengah.
  10. Sholat Subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya Imam Muslim Ahmad dan yang lain meriwayatkan bahwasanya rasulullah SAW bersabda ” Dua rokaat Shalat subuh, lebih baik daripada dunia dan seisinya.”

Maha Suci Allah,, Banyak Sekali bukan keuntungan menjaankan shalat Subuh? apa lagi kalau Berjamaah ??? :) Adapula keajaiban Shalat Subuh bagi kesehatan tubuh kita,yang patut kita pelajari dan kita telusuri.. Dari Sumber yang saya baca, Hasil penelitian Furchgott dan Ignarro serta Murad tentang suatu zat didalam dinding sel yang dapat melebarkan pembuluh darah menjawab pertanyaan di atas. Zat yang ditemukan itu bernama NO (Nitrit Oksida). Yang luar biasa adalah ternyata Nitrit Oksida ini diproduksi terus menerus selama istirahat termasuk ketika manusia tidur. Zat ini juga mencegah terbentuknya trombus dengan menghambat agregasi/penempelan trombosit. Hasil temuan ini mendapat hadiah NOBEL tahun 1998. Aktivitas Bangun pagi untuk sholat subuh apa lagi dengan berjalan ke mesjid untuk berjamaah dapat meningkatkan kadar Nitrit oksida dalam pembuluh darah sehingga oksigenasi ke otak juga bertambah akibat melebarnya pembuluh darah otak dan yang pasti trombosit dicegah untuk saling menempel jadinya pembuluh darah tidak bertambah sempit. Aktivitas mengejan yang ditimbulkan pada gerakan rukuk dalam sholat meningkatkan tonus syaraf parasimpatis yang melawan efek dari syaraf simpatis seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sholat subuh juga mempunyai manfaat mengurangi kecenderungan terjadinya gangguan kardiovaskular. Di dalam tubuh manusia ada kekuatan yang terus bekerja tanpa kita komando. Apakah kita sedang tersadar atau tidur. Kekuatan yang mengatur gerak usus kita sehingga bisa dikeluarkan menjadi feses setelah menyerap zat-zat bermanfaat untuk tubuh. Kekuatan syaraf otonom mempunyai 2 fungsi yang bekerja secara antagonis, biasa kita sebut sebagai syaraf simpatis dan syaraf parasimpatis. Kita mempunyai irama tubuh yang biasa disebut irama sirkadian tubuh dimana mulai jam 3 dini terjadi peningkatan adrenalin. Akibatnya tekanan darah manusia juga meningkat. Padahal kita sedang tidur pulas. Biasanya adrenalin kita bekerja saat kita beraktifitas atau dalam keadaan stress. Selain itu terjadi pula penyempitan pembuluh darah otak yang menyebabkan oksigenasi otak berkurang sehingga kita merasa berat kalo bangun pagi dan cenderung mengantuk. Peningkatan adrenalin juga mengaktivasi sistem pembekuan darah dimana sel-sel trombosit berangkulan membentuk suatu trombus. Trombus inilah yang menyebabkan gangguan kardiovaskuler pada manusia. Semuanya adalah kerjaan saraf simpatis. nah... bagaimana ??? Saya harap semoga semangat kita sebagai seorang muslim dalam menjalankan Shalat 5 waktu tetap terjaga, terutama dalam menjalankan Shalat Subuh, Untuk pelengkap berikut tips - tips menjaga Shalat subuh agar selalu rutin dan tepat waktu dalam menjalankannya,,,

  1. Tidur lebih awal
  2. Niat yang tulus dan tekad yang kuat ketika akan tidur
  3. Bersungguh-sungguh dalam bersuci dan Berzikir sebelum tidur
  4. Berzikir kepada Allah, seketika itu juga setelah terbangun dari tidur.
  5. Latihlah untuk tidur dengan cara yang diajarkan Rasulullah saw (tidur awal; berwudhu sebelum tidur; miring ke kanan; berdoa)
  6. Menggunakan alat bantu seperti alarm dan jam beker.
  7. Tidak terlalu banyak makan sebelum tidur.
  8. Memercikan air di wajah orang yang tidur.
  9. Tekad kuat untuk bangun.
  10. Ajaklah orang lain untuk shalat Subuh dan mulailah dari keluarga.

Semoga Bermanfaat, eratkan selalu tali silatirahmi umat, tebarkan senyum untuk hari ini dan hari hari yang akan datang.... Keep Your Peace Today.... Salam Fresh kompasiana :) Sumber : ariefhikmah.com http://mudji.net/press/?p=108 http://www.dsim.or.id/artikel-343-menjaga-shalat-subuh.html http://ponggi.blogspot.com/2010/07/miracle-of-sholat-subuh.html Sumber Gambar : http://photos-p.friendster.com/photos/17/44/3224471/2_294490542l.jpg http://ficklaotze.files.wordpress.com/2009/03/sujud13.jpg?w=320&h=213&h=285 http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSlOksS7wTSti7E2YA-tK5RJZiIFg70fXpa-7in3nG34Y_RcFs&t=1&usg=__TzK859BcvS99BnaqhHOSdwNeJJk=

Ryo Jeo

/ryojeo

--- http://thejeo.blogspot.com/--- Salam Fresh... CINTA DAPAT MENYEBABKAN KANKER SERANGAN JANTUNG IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN --- *sebagian teks hilang* --- If you can't see the wood for the trees, you can't see the whole situation clearly because you're looking too closely at small details, or because you're too closely involved
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?