Hari Kartini di Bangka, Peserta Upacara Dinilai Dalam Keserasian Berkebaya

21 April 2017 18:27:45 Diperbarui: 21 April 2017 19:17:07 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Hari Kartini di Bangka, Peserta Upacara Dinilai Dalam Keserasian Berkebaya
Bupati bangka Tarmizi Saat sebagai pembina upacara bendera peringatan hari Kartini (Dok.Humas Bangka)

Para pegawai wanita di lingkungan Pemkab Bangka, Jumat (21/4) berpenampilan tak biasa, tidak mengenakan seragam sehari – hari yang dikenakan namun mengenakan pakaian nasional Kebaya.

Pegawai wanita yang mengenakan Kebaya bersama pegawai lainnya serta Gabungan Organisasi Wanita, anggota kepolisian dan pelajar mengikuti upacara bendera memperingati Hari Kartini tahun 2017 di halaman Kantor Bupati Bangka.

Bertindak selalu inspektur upacara Bupati Bangka Tarmizi Saat, yang kali ini didampingi ajudan juga wanita serta petugas upacara lainnya termasuk pembaca Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 dan Komandan Upacara merupakan anggota Polwan dari Polres Bangka.

Menyampaikan amanatnya Bupati Bangka Tarmizi Saat mengharapkan  wanita di kabupaten Bangka dapat menjadi wanita yang tangguh, sehat serta diberikan umur panjang yang dapat berkarya bagi Bangsa dan Negara serta diingat terus karya – karyanya sepanjang masa.

Kesempatan itu Bupati juga menyitir salah sayu hadist Nabi yang dingatkan kepada para kaum wanita yakni sesungguh tidak ada orang yang dapat merubah nasib seorang wanita, selain wanita itu sendiri yang bisa merubah nasibnya.

“ Untuk merubah nasib wanita dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kemampuan dan ketrampilan,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Pemkab Bangka, dijelaskan Tarmizi, sudah cukup banyak Pemda mengirimkan para pelajar lulusan SMA sederajat melalui beasiswa diantaranya tahun 2017 ini di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian.

“ Untuk beasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian mulai dilakukan seleksi bulan depan Mei 2017, dengan syarakat untuk perempuan dengan tinggi badan minimal 155 cm,  laki – laki minimal 165 cm,” jelas Tarmizi.

Untuk Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian yang akan mendapatkan beasiwa sebanyak 30 orang, meliputi 20 orang untuk penyuluh pertanian dan10 orang untuk penyuluih peternakan.

Selain itu terdapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di UPI Bandung, Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional dan dokter spesialis.

“ Sekarang ini  tidak ada bedanya wanita dan laki, karena wanita ada yang jadi tentara ada yang jadi polisi,” ujarnya.

Bupati Bangka mengharapkan kaum wanita kabupaten Bangka untuk terus mempersiapkan diri, terus berkarya, serta menjadi wanita yang tangguh dan ulet terus berkarya sepanjang masa bagi Bangsa dan Negara.

Usai upacara bendera, peserta upacara yang mengenakan kebaya dilkukan penilaian oleh Ketua Tim Penggerak PKK kbupaten Bangka Hj. Mina Tarmizi dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bangka Dini Herlina Fery Insani.

Untuk mereka yang dinilai serasi mengenakan kebaya mendapatkan tanda mata, serta diberikan sejumlah bingkisan dan Bupati Bangka Tarmizi Saat kesempatan itu menyematkan Pin Anti Narkoba kepada Hj. Mina Tarmizi, Hj Dini Herlina Fery Insani dan sejumlah wanita lainnya.(Rustian/reles)

Rustian Al Ansori

/rustian

TERVERIFIKASI

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL regional

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana