Gaya Hidup highlight

7 Cara Mudah Mengurangi Kejenuhan Karena Kegiatan Sehari-hari

21 April 2017   03:33 Diperbarui: 21 April 2017   04:00 305 3 0
7 Cara Mudah Mengurangi Kejenuhan Karena Kegiatan Sehari-hari
ilustrasi: TipsdanCara.net

Di zaman yang serba cepat saat ini, Kita di tuntut untuk mengerjakan sesuatu secara cepat dan tepat. Tentu saja kegiatan yang kita lakukan tersebut selalu terjadi hampir setiap hari dan terus berulang-ulang, sehingga banyak dari kita yang sering merasa jenuh dengan kegiatan-kegiatan tersebut. Bukan hanya orang-orang yang telah bekerja tapi juga anak-anak yang masih berada di bangku pendidikan. Kejenuhan akan kegiatan sering datang secara tiba-tiba, terutama saat ada masalah yang sedang kita alami, baik masalah di dalam maupun di luar pekerjaan atau sekolah.

Kejenuhan-kejenuhan yang menumpuk atau tertahan, banyak berakibat buruk bagi kita. Mulai dari hilangnya semangat menjalani hari, menurunnya prestasi kerja atau sekolah bahkan hingga mengganggu kesehatan. Kejenuhan tidak dapat kita hindari secara penuh. Namun, kita bisa mengurangi kejenuhan tersebut. Di bawah ini adalah 7 cara mudah mengurangi kejenuhan karena kegiatan sehari-hari.

1. Tidur

Cara ini hanya bisa di lakukan setelah kita menyelesaikan kegiatan harian kita. Saat pulang ke rumah kita bisa mandi air hangat terlebuih dahulu agar tubuh bersih dan lebih  rileks dan lalu bergegas tidur. Seperti yang kita tahu jika salah satu penyebab kejenuhan adalah rasa lelah baik fisik maupun psikis dan tidur lah istirahat terbaik yang dapat kita lakukan. keesokan paginya kita akan merasa lebih segar dan bersemangat kembali menjalani aktifitas.

2. Menonton film

Saat ini kita tidakharus pergi kebioskop untuk menonton film, kita dapat memanfaatkan kemajuan dankecepatan internet. Hanya butuh smart phone dan jaringan internet yang baik, kitabisa langsung menonton film baik streaming maupun download terlebih dahulu. 

3. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik favorit adalah cara berikutnya. Untuk beberapa orang, mendengarkan musik bisa dilakukan saat melakukan kegiatan, musik yang lemut bisa mebuat perasaan kita tenang sementara musik yang memiliki beat yang agak cepat memberikan kita semangat. Hati-hati dalam memilih musik yang kita dengarkan, jangan memilih musik yang menggambarkan kejenuhan kita tapi pilihlah yang membuat kita melupakan kejenuhan tersebut.

4. Makan

Untuk orang-orang yang tidak memiliki masalah berat badan, makan adalah cara menghilangkan kejenuhan selanjutnya. Coklat atau makanan manis membuat kita lebih rileks. Namun tetap perhatikan kapasitas dan juga lemak yang masuk kedalam tubuh. Jangan sampai rasa jenuh akan kegiatan sehari-hari kita hilang tapi penyakit akibat kelebihan berat badan datang.

5. Berkumpul bersama keluarga atau sahabat

Sebagai makhluk social kita tentu membutuhkan orang lain terutama saat masalah sedang menghampiri kita. Keluarga dan sahabat adalah orang-orang yang paling bisa mengerti kita. Bersama mereka kita dapat berbagi cerita dan beban, sehingga rasa jenuh yang sedang kita rasakan akan berkurang.

6. Liburan

Memanfaatkan waktu liburan yang kita dapatkan. Pada dasarnya tidak perlu terlalu memperhatikan kemana tujuan kita tapi bersama siapa dan bagaimana kita mengisi liburan tersebut. Bersama orang yang kita sayang dan mengisi liburan dengan kegiatan sederhana yang menyenangkan cukup untuk membuat kejenuhan yang kita rasakan berkurang.

7. Melakukan hobi

Yang terakhir adalah melakukan hobi entah itu membaca, bermain games atau berenang. Selama hobi yang kita lakukan positif dan dapat membuat kita merasa senang tentu boleh-boleh saja kita lakukan.

Kunci utama dari ke 7 cara di atas adalah waktu. Luangkan waktu untuk diri kita agar fikiran dan juga fisik dapat beristirahat serta mendapatkan rileksasi. Namun tentu cara yang paling baik dalam mengurangi kejenuhan dalam melakukan kegiatan sehari-hari adalah mencintai kegiatan tersebut, karena jika kita melakukan sesuatu atas dasar cinta maka kita akan melakukannya dengan senang hati, jika kita melakukan sesuatu dengan senang hati maka masalah apapun akan kita hadapi dengan baik pula.